School of Information Systems

Mahasiswa Sistem Informasi Berhasil Menjadi Juara 2 dalam Lomba I/O Fest 2023 Cabang UI/UX dan Business Plan

26 Mei 2023 – Selamat kepada Irzi Fahrezi Anshari, Mohammad Darrell Amrullah, dan Muhammad Hafizh Zakariyya dari tim Ihadel yang berhasil menjadi Juara 2 Lomba I/O Fest 2023 untuk cabang lomba UI/UX. Tak hanya itu, selamat juga kepada Fellicya Jennifer Keyzel Frizz Holly Loho, Devin Janson, dan Aqeela Noor Raisha dari tim Thunder yang berhasil menjadi Juara 2 Lomba I/O Fest 2023 untuk cabang lomba Business Plan.

Lomba I/O Fest 2023, merupakan sebuah lomba tahunan yang diselenggarakan oleh Universitas Tarumanagara dan menjadi tahun kedua, mahasiswa Sistem Informasi, Universitas Bina Nusantara turut berpartisipasi dan memenangkan lomba ini. Tema yang diangkat pada lomba I/O Fest 2023 tahun ini adalah “Evolving Creativity with Tech” dengan subtema healthcare dan culture. Tim Ihadel dan Tim Thunder merupakan salah satu dari beberapa tim dari Laboratorium Sistem Informasi Binus University yang berhasil menjadi juara pada perlombaan ini.

Anggota tim Ihadel terdiri dari mahasiswa Sistem Informasi B25 dan juga Part-time Asisten Laboratorium Sistem Informasi. Dimana perlombaan dengan skala nasional ini merupakan perlombaan pertama mereka. Sedangkan untuk tim Thunder juga berasal dari mahasiswa Sistem Informasi B26, yang juga merupakan anggota Information System Case Study Club (ISCSC). Perlombaan ini terbagi menjadi 2 tahap, yaitu tahap penyisihan dan tahap final, dimana pada tahap penyisihan, peserta perlu mengumpulkan proposal dan video untuk cabang lomba UI/UX, serta mengumpulkan proposal untuk cabang lomba Business Plan berdasarkan pada ide yang mereka angkat.

Pada tahap penyisihan, setiap tim diberikan waktu kurang lebih selama hampir 1 bulan untuk bisa membuat ide dan menghasilkan output yang diharapkan. Meskipun rentang waktu yang diberikan cenderung panjang, namun hal ini tetap menjadi tantangan tersendiri bagi masing-masing tim dikarenakan pada waktu tersebut bertepatan dengan waktu Ujian Tengah Semester maupun libur Hari Raya Lebaran, sehingga waktu pengerjaan mereka pun berkurang. Tak pantang menyerah, masing-masing tim pun mencari ide terbaik mereka untuk bisa menghasilkan sebuah solusi atas permasalahan yang terjadi. Adapun, ide yang dipilih oleh Tim Ihadel untuk bidang UI/UX adalah sebuah mobile application bernama RunVenture dengan tujuan mampu membuat masyarakat menikmati olahraga menggunakan konsep gamification. Sedangkan, tim Thunder memilih ide bisnis bernama Vreely yang merupakan sebuah bisnis yang berfokus pada revolusi pengalaman terapi kognitif perilaku CBT) berbasis Virtual Reality (VR).

Selama proses penyusunan ide, tim Ihadel banyak mendapatkan insight atas ide yang mereka usung dari Bapak Willy Kristian, S.Kom., M.Kom. Hal ini juga dirasakan oleh tim Thunder yang mampu menghasilkan ide yang paling sesuai dengan kebutuhan terkini setelah berdiskusi bersama Bapak Yakob Utama Chandra, SE., MMSI, CDMS, CBDMP. Kedua tim berdiskusi dan menerima hasil diskusi dengan baik yang dituangkan pada hasil proposal maupun video yang dibuat pada tahap preliminary. Hingga akhirnya, pada tanggal 8 Mei 2023, pada hari pengumuman peserta yang melaku ketahapan final, Tim Ihadel menjadi salah satu dari 13 tim yang melaju ketahapan final lomba UI/UX. Serta tim Thunder menjadi salah satu finalis dari 11 tim. Adapun keseluruhan tim yang menjadi finalis diambil dari 30% peserta terbaik untuk masing-masing cabang lomba.

Kedua tim kembali ditantang untuk menyusun slides presentasi yang akan digunakan ketika final lomba. Mereka pun mengusahakan slides informatif dan disusun dalam konsep presentasi yang akan mereka bawakan pada hari-H final. Sabtu, 20 Mei 2023, merupakan hari yang berkesan dikarenakan Tim Ihadel dan Tim Thunder melakukan presentasi terbaik mereka dalam kurun waktu 7 menit. Serta memberikan jawaban terbaik mereka kepada para juri dalam sesi QnA yang berlangsung selama kurang lebih 20 menit. Melalui sesi QnA ini, mereka tidak hanya mendapatkan pertanyaan, namun juga mendapatkan masukkan berarti bagi ide bisnis maupun UI/UX yang mereka usung.  Hari tersebut, menjadi hari berkesan bagi mereka karena mampu menutup dan menjadi penentu kemenangan mereka.

Hari yang ditunggu-tunggu pun datang, yaitu hari pengumuman lomba pada tanggal 25 Mei 2023. Bertempat di Universitas Tarumanagara, para finalis pun datang langsung ke lokasi lomba untuk mendengarkan hasil pengumuman perlombaan. Apapun hasil lombanya, para finalis perlu berlapang hati dan membuka diri untuk ruang peningkatan diri, serta menjadikan seluruh proses maupun hasil lomba untuk pengalaman berharga. Waktu pengumuman pun tiba, dimulai dari pengumuman cabang lomba UI/UX, nama tim Ihadel pun dipanggil sebagai pemenang lomba UI/UX pada urutan kedua. Kebahagiaan pun datang menyelimuti tim Ihadel dengan ide RunVenture nya dalam memenangkan perlombaan pertama mereka.

Selepas pengumuman lomba cabang lomba UI/UX, tibalah saatnya pengumuman lomba untuk cabang Business Plan. Tim Thunder dengan ide Vreely, yang menanti pengumuman dengan berharap cemas, mampu mendapatkan hasil juara 2 cabang lomba business plan. Kebagiaan juga turut menyelimuti tim Thunder yang juga baru pertama kali memenangkan perlombaan.

Berikut adalah kesan dan pesan yang disampaikan oleh Tim Ihadel:

  • Hafizh: Pesan dan kesan kami selama mengikuti lomba ini adalah seru meskipun banyak menguras tenaga, waktu, dan mental, akan tetapi hal yang kami kuras pasti berbanding lurus dengan apa yang kami raih kedepannya. Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada pihak-pihak yang telah membantu kami dalam mengikuti ajang perlombaan ini yakni dari pak Willy selaku expert yang telah membantu kami dalam mengoreksi pekerjaan lomba kami dari hal yang sepele hingga penting, kemudian ada dari kak Michelle selaku PIC lomba yang telah membantu kami dalam mengarahkan kami dengan membantu memberitahu informasi-informasi penting dalam perlombaan ini, kemudian yang terakhir ada dari kak Aris selaku mentor lomba kami yang telah meluangkan waktu, tenaga, ide-ide, serta arahan yang sangat bermanfaat bagi kami dari awal hingga akhir.
  • Irzi: Congrats buat kita tim ihadel, yang awalnya iseng iseng mau ikut lomba dan ternyata membuahkan hasil yang sanagt memuaskan, nicee. Tentunya banyak waktu dan tenaga untuk mengerjakan karya kita di pertengahan waktu kuliah yang lumayan padat, tapi it is worth it dari hasil kerja keras kita dan tentunya bimbingan dari pak willy, kak aristia, dan ci michelle. Terrima kasih untuk arahan dan insight nya sangat membantu dan bermanfaat sekali kak. Pesan dari aku Good Luck buat kita dan temen temen semua kedepanya!
  • Darrell: Kesan dari aku, ini lomba pertama aku dan dalam prosesnya aku belajar banyak banget tentang ui/ux dari teman setim maupun dari kakak-kakak pembimbing. dan proses dalam lomba ini seru bangett apalagi dengan pembimbing yang baik dan berpengalaman. aku ingin berterimakasih kepada kak aristia karena sudah membantu, membimbing, dan memberikan saran dan masukan untuk kami agar kami bisa lebih baik lagi. kakak keren banget!!. selanjutnya untuk kak willy sebagai expert kami yang membantu memberi masukan untuk kami, dan yang terakhir untuk kak michelle yang sudah menjadi pic kami dan terus dengan sabae mengingatkan dan memberi informasi kepada kami. pesan dari aku adalah sukses selalu untuk kakak2 pembimbing dan semoga hasil lomba kami bisa bermanfaat bagi semuanya!

Berikut adalah kesan dan pesan yang disampaikan oleh Tim Thunder:

  • Aqeela: Saya senang karena diberikan kesempatan untuk ikut berpartisipasi dalam lomba Business Plan I/O Fest FTI UNTAR. Pengalaman lomba ini sangat berkesan bagi saya karena saya jadi banyak belajar bagaimana cara membuat dan menyusun business plan yang baik. Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada Pak Yakob selaku dosen pembimbing dan Kak Michelle sebagai mentor tim kami yaitu Tim Thunder yang telah membantu dari awal hingga kami berhasil meraih juara 2. Saya juga senang diberikan kesempatan untuk mengikuti lomba ini bersama rekan tim saya yaitu Fellicya dan Devin yang ahli di bidangnya masing-masing. Saya yakin kemenangan kami saat ini merupakan awalan bagi kami semua untuk menjadi yang terbaik dimasa yang datang
  • Devin: Saya sangat senang dan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk berpartisipasi dalam lomba Business Plan I/O Fest UNTAR. Dari lomba ini saya dapat banyak belajar hal baru khususnya di bidang Business , saya belajar bagaimana untuk Menyusun dan membuat anggaran yang baik dalam suatu business dan saya juga belajar bagaimana untuk bekerja sama dengan tim agar tidak terjadi kesalahan kesalahan yang tidak di inginkan. Selain itu, Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada Kak Michelle yang menjadi mentor tim kami dan juga kepada Pak Yakob sebagai dosen pembimbing dari Thunder Team yang telah bersedia untuk meluangkan waktunya yang padat untuk mengarahkan serta membantu kami dari Awal pembuatan Ide Bisnis sampai kami berhasil mendapatkan juara ke 2 dari 11 TIM. Yang terakhir, Saya juga ingin mengucapkan terimakasih kepada rekan tim saya yaitu Aqeela dan Fellicya yang ingin berjuang bersama sama untuk meraih kejuaraan ini. Saya berharap ini dapat menjadi sebuah motivasi kami untuk terus berjuang serta menjadi yang terbaik di kesempatan  yang diberikan kedepannya
  • Fellicya: Senang dan bersyukur banget bisa berkesempatan ikut lomba Business Plan I/O Fest FTI UNTAR dan nggak nyangka juga bisa juara 2. Terima kasih juga buat Pak Yakob sebagai dosen pembimbing dan Kak Michelle sebagai mentor tim Thunder yang membantu banget dari awal ideation sampai selesai. Banyak hal-hal yang saya pelajari selama proses lomba business plan ini mulai dari kerja sama tim yang baik, komunikasi, time management, membuat proposal, design, pemilihan kata dan masih banyak lagi. Senang juga bisa satu tim dengan orang-orang keren seperti Aqeela dan Devin yang jago dibidangnya masing-masing. Ini bukan akhir, tapi justru awal yang baik untuk kesempatan-kesempatan kedepannya.

Akhir kata, sekali lagi kami mengucapkan terima kasih dan selamat kepada Tim Ihadel dan Tim Thunder atas komitmen, semangat, dan kerja keras hingga bisa menjadi juara! Semoga semua pengalaman dan masukkan yang didapatkan dapat dikembangkan dengan baik. Sampai jumpa diperlombaan berikutnya!

Michelle Andriana