School of Information Systems

5 Cara untuk Menciptakan Pengalaman Pelanggan yang Optimal di Situs Web Anda

Sebagian besar konsumen menyatakan bahwa waktu muat merupakan faktor penting ketika mencari informasi secara online. Menurut Google, 53% kunjungan ponsel ditinggalkan jika halaman membutuhkan waktu lebih dari tiga detik untuk dimuat. Selain itu, studi tersebut menyarankan bahwa situs web yang cepat menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi. Situs seluler yang membutuhkan waktu maksimal lima detik untuk memuat mendapatkan pendapatan iklan dua kali lebih banyak daripada yang memuat selama 19 detik.

Selanjutnya, Google bertanya kepada pengguna apakah mereka lebih suka 30 atau 10 hasil pencarian untuk disajikan per halaman. Ketika Google memasukkan 30 hasil ke beberapa halaman pencarian, lalu lintas turun 20%, dan waktu pemuatan halaman antara dua halaman hasil hanya setengah detik. Jika setengah detik memiliki dampak seperti itu pada lalu lintas, bayangkan perbedaan yang akan terjadi jika Anda mengurangi waktu muat situs Anda hingga tiga detik.

Aspek-aspek utama pengoptimalan kinerja situs web

Hosting

Ada beberapa faktor web hosting penting yang perlu dipertimbangkan ketika memilih apakah akan tetap menggunakan provider yang ada atau pindah ke provider baru. Tidak perlu dikatakan lagi bahwa Anda harus memastikan layanan hosting memiliki layanan pelanggan 24×7 yang berdedikasi. Periksa juga ulasan layanan mereka di situs ulasan pihak ketiga. Pastikan tidak ada tema umum dalam keluhan karena itu akan menunjukkan kemungkinan ada masalah serupa untuk Anda.

Saat menjelajah, Anda mencoba mengakses file-file jarak jauh yang ditemukan di server web dan semakin cepat komputer, semakin cepat seseorang mengakses halaman yang diminta. Hal yang sama berlaku untuk hosting web: host web yang efektif berinvestasi dalam arsitektur server web untuk memastikan bahwa setiap halaman pada server web tersebut berjalan dengan kecepatan penuh. Selain itu, carilah paket hosting yang lebih canggih yang dilengkapi dengan memori yang ditingkatkan dan peningkatan daya. Sumber daya yang ditingkatkan meningkatkan kecepatan situs web Anda karena permintaan dieksekusi lebih cepat. Meningkatkan dari shared web hosting ke paket yang lebih baik juga akan berhasil.

Penelitian telah menemukan bahwa 47% konsumen mengharapkan halaman web dimuat dalam waktu dua detik atau kurang, dengan 40% meninggalkan situs web yang membutuhkan waktu lebih dari tiga detik untuk dimuat. Ada banyak sekali panduan dan tips berharga untuk mempercepat situs Anda, apakah Anda perlu mempercepat situs WordPress atau sistem manajemen konten lainnya di luar sana seperti Umbraco, Drupal, dan sebagainya. Kecepatan benar-benar adalah raja, jadi lakukan apa yang Anda bisa untuk meningkatkan kecepatan Anda.

Ukuran gambar

File dan gambar adalah alat penting untuk situs Anda karena membantu meningkatkan konversi, membangkitkan emosi audiens Anda, dan menceritakan kisah tentang situs Anda. Akan sulit untuk mengembangkan situs web yang efektif tanpa menggunakan konten visual. Peran utama penggunaan gambar di situs web Anda haruslah untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan juga meningkatkan pemasaran konten Anda. Jika gambar berdampak negatif pada kinerja situs Anda, maka Anda perlu memperbaikinya secepatnya karena Google juga akan mulai menghukum situs Anda dengan memberi peringkat lebih rendah.

Juga, pertimbangkan “halaman bloat”. Seiring dengan perkembangan teknologi baru dan metode baru untuk pemasaran konten dan perolehan prospek, cobalah untuk menghindari menjejalkan terlalu banyak ke dalam satu halaman. Gambar, skrip, flash, HTML, stylesheet, formulir, video, dan sebagainya-satu halaman bisa memiliki semua ini di dalamnya. Cobalah untuk menghindari hal ini. Sederhana, bersih, dan mudah dimengerti adalah pendekatan terbaik.

Gambar sering kali bisa menjadi masalah yang cukup besar untuk kecepatan muat. Jika gambar tidak dioptimalkan dengan benar, gambar cenderung menghabiskan waktu pemuatan halaman yang berharga dan berkontribusi untuk memberikan pengalaman yang buruk bagi pengunjung situs web Anda. Mengoptimalkan gambar membantu mendongkrak kecepatan dan kinerja situs web Anda – semakin besar ukuran file gambar, dan semakin kurang dioptimalkan, semakin lambat situs akan dimuat dan semakin buruk kinerjanya. Sesederhana itu.

Saat memilih jenis file, pertimbangkan tujuan gambar Anda dan apa isinya. Pilih format yang menghasilkan ukuran terkecil dengan tetap mempertahankan kualitas. Selanjutnya, pastikan Anda memilih dimensi yang tepat. Identifikasi di mana gambar akan digunakan di situs web Anda dan pastikan ukurannya tidak lebih besar dari yang dibutuhkan untuk ruang tersebut. Penyedia hosting Anda akan dapat memberi saran tentang cara terbaik untuk mengoptimalkannya.

 

Aplikasi/Plug-in

Plugin menawarkan fitur dan fungsionalitas yang berbeda. Beberapa plugin memuat aset di front-end seperti gambar, file JavaScript, dan stylesheet CSS sementara yang lain digunakan dalam membuat panggilan database di back-end. Sebagian besar plugin memerlukan permintaan HTTP untuk memuat aset, dan setiap permintaan berdampak pada waktu muat halaman situs web Anda.

Ketika plugin situs web dipasang dan diatur dengan benar, dampaknya pada kecepatan situs web minimal. Namun, konflik antar plugin dapat berdampak negatif pada kecepatan situs web Anda dengan cara yang sama seperti gagal memperbaruinya. Selain itu, jika Anda menggunakan terlalu banyak plugin yang membuat banyak permintaan untuk memuat aset dan file, atau plugin Anda tidak mutakhir, maka pengalaman pengguna dan kinerja situs Anda akan terpengaruh secara negatif.

Mobile-first

Mobile-first dapat digambarkan sebagai cara mendesain versi seluler situs Anda sebelum versi desktop. Desain responsif tidak masalah, tetapi mobile-first sangat ideal.

Mobile-first memiliki tiga manfaat utama:

  • Meningkatkan pengalaman pengguna untuk situs web Anda
  • Berkinerja luar biasa untuk kompatibilitas ke belakang
  • Google menyukai situs web yang mengutamakan seluler dan lebih menyukainya di halaman hasil mesin pencari.

Ini berarti bahwa bahkan sebelum mengkodekan dan mendesain situs web Anda, arahkan fokus Anda ke desain seluler yang hebat untuk mendapatkan pengalaman web yang lebih baik, lebih sederhana, dan lebih cepat di semua layar dan perangkat. Selain kebanyakan dari kita menjelajah dan mencari di ponsel lebih banyak daripada desktop sekarang, pengindeksan Google yang mengutamakan seluler mengubah permainan – ini berarti bahwa Google merayapi dan mengindeks versi seluler dari sebuah situs alih-alih versi desktop.

Jaringan Pengiriman Konten (CDN)

CDN adalah server yang terletak secara geografis yang menampung salinan sumber daya situs web Anda untuk mengirimkan konten berdasarkan lokasi pengguna. CDN memperpendek RTT (round trip time) konten Anda dan membawanya lebih dekat ke lokasi geografis pengunjung situs Anda.

Ketika pengguna online meminta konten tertentu dari situs web Anda, jaringan pengiriman konten mencari catatan tepi paling optimal yang dapat memenuhi permintaan. Ini berarti bahwa secara otomatis memilih server yang paling dekat dengan pengguna yang meminta, paling murah, dan memiliki kapasitas tertinggi.

Kesimpulan

Aberdeen Group melakukan penelitian yang menemukan bahwa penundaan satu detik dalam waktu pemuatan halaman menyebabkan 11% lebih sedikit tampilan halaman, 7% kehilangan konversi, dan 16% penurunan kepuasan pelanggan. Temuan ini menyiratkan bahwa waktu pemuatan halaman secara langsung berdampak pada penjualan, optimisasi mesin pencari, serta pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

Fakta bahwa banyak pelanggan mengatakan bahwa mereka tidak akan pernah kembali ke situs yang lambat berarti Anda harus membuat mereka senang dengan menggunakan alat bantu kinerja situs web yang tepat dan menggabungkan aspek-aspek yang disebutkan di atas. Anda akan terkejut dengan perbedaan yang dibuatnya tidak hanya pada lalu lintas situs web Anda secara keseluruhan, tetapi semua metrik situs web utama.

Sumber:

https://blog.marketo.com/2019/06/5-ways-to-create-the-optimal-customer-experience-on-your-website.html

Yakob Utama Chandra

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031