School of Information Systems

Penggunaan Blockchain di Berbagai Sektor Industri

Popularitas teknologi blockchain telah berkembang pesat dalam beberapa dekade terakhir. Blockchain dianggap sebagai revolusi besar berikutnya setelah teknologi internet dengan menyimpan informasi dalam bentuk digital secara elektronik seperti database. Blockchain dikenal baik karena memainkan peran penting dalam jaringan cryptocurrency seperti Bitcoin, di mana mereka menjaga catatan transaksi yang aman dan terdesentralisasi. Terdapat dua jenis blockchain yaitu, public blockchain dan private blockchain. Dimana kedua jenis tersebut memiliki manfaat masing-masing dalam berbagai sektor industri yang ada. Berikut adalah beberapa contoh pemanfaatan blockchain di berbagai sektor industri berdasarkan jenisnya:

  1. Bidang Kesehatan (Healthcare)
  • Public blockchain: Blockchain Factom yang digunakan untuk penyimpanan rekam medis. Factom memungkinkan penyedia layanan kesehatan untuk menyimpan dan berbagi rekam medis secara aman dan efisien.
  • Private blockchain: Blockchain Medicalchain yang digunakan untuk penyimpanan catatan medis. Medicalchain memungkinkan pasien untuk menyimpan dan berbagi catatan medis dengan aman dan efisien, serta memberikan akses kepada penyedia layanan kesehatan yang membutuhkan informasi tersebut.
  1. Bidang Keuangan (Finance)
  • Public blockchain: Blockchain Ethereum yang memungkinkan pembuatan aplikasi keuangan terdesentralisasi (DeFi). Platform DeFi memungkinkan pengguna untuk meminjam, meminjamkan, dan melakukan perdagangan cryptocurrency tanpa perantara seperti bank.
  • Private blockchain: Blockchain J.P. Morgan’s Quorum yang digunakan untuk transaksi keuangan. Quorum adalah blockchain berizin yang memungkinkan J.P. Morgan untuk menjaga kerahasiaan transaksi sambil tetap mempertahankan manfaat teknologi blockchain.
  1. Bidang Supply Chain Management
  • Public blockchain: Blockchain VeChain yang digunakan untuk manajemen rantai pasokan. VeChain memungkinkan perusahaan untuk melacak produk melalui setiap tahap rantai pasokan, mulai dari produksi hingga pengiriman, dengan menggunakan sistem identifikasi yang unik.
  • Private blockchain: Blockchain IBM Food Trust yang fungsinya sama seperti VeChain yaitu digunakan untuk manajemen rantai pasokan mulai dari produksi hingga pengiriman, dengan menggunakan sistem identifikasi yang unik.
  1. Bidang Real Estate
  • Public blockchain: Blockchain Propy yang digunakan untuk transaksi properti. Propy memungkinkan pembeli dan penjual untuk menyelesaikan transaksi properti dengan aman dan efisien menggunakan smart contract.
  • Private blockchain: Blockchain Ubitquity yang digunakan untuk pencatatan judul dan properti. Ubitquity memungkinkan pemilik properti untuk menyimpan dan mentransfer judul properti dengan aman dan efisien menggunakan teknologi blockchain.

Penggunaan public ataupun private blockchain harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing industri. Seiring dengan terus berkembangnya teknologi, maka munculnya kasus penggunaan yang lain akan lebih banyak lagi.

Source:

https://builtin.com/blockchain/private-blockchain

https://www.upgrad.com/blog/top-blockchain-applications/

https://blog.fasset.com/public-blockchain-in-the-cryptocurrency-world/

https://www.techtarget.com/searchcio/feature/Top-9-blockchain-platforms-to-consider

Nur Anisa

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031