School of Information Systems

Organizational Driven Excellence

Baldrige memiliki tujuan yang sederhana: menyediakan kerangka kerja untuk membantu organisasi, tidak peduli ukuran atau jenisnya (bisnis, nirlaba, pendidikan, pemerintah, perawatan kesehatan) yang meliputi manufaktur, layanan, usaha kecil, berfokus pada mengetahui aspek-aspek penting dari mengelola dan tampil sebagai organisasi. Ini membangun di sekitar kerangka kerja manajemen kinerja terpadu yang melibatkan seluruh organisasi dengan, untuk meningkatkan kinerja keseluruhan dan berusaha menuju keunggulan.

Value Baldrige adalah dengan sengaja tidak bersifat preskriptif. Itu tidak memberi tahu para pemimpin bagaimana mengelola organisasi mereka. Tidak ada dua organisasi yang sama – organisasi beroperasi di lingkungan yang berbeda, bahkan di industri atau pasar yang sama, sedang mengejar strategi yang berbeda; mereka memiliki kompetensi inti yang berbeda; dan mereka menangani berbagai tantangan strategis (internal dan eksternal). Organisasi menilai sistem mereka sendiri terhadap materi terperinci yang tersedia. Ini bekerja melalui kriteria dasar untuk keunggulan kinerja berdasarkan tujuh kategori, enam di antaranya merupakan kumpulan proses dan ketujuh merupakan hasil.

Pentingnya Karakteristik Kriteria ini adalah untuk:

  • fokus pada hasil di semua bidang kinerja untuk memastikan semua strategi seimbang.
  • bersifat non-preskriptif dan mudah beradaptasi untuk mempromosikan pendekatan kreatif dan fleksibel untuk mendorong peningkatan bertahap dan terobosan.
  • mendukung perspektif yang sistematis untuk menjaga keselarasan tujuan organisasi.
  • mendukung diagnosis berbasis sasaran, berdasarkan pada profil kekuatan dan peluang berorientasi kinerja untuk meningkatkan.

Pendekatan terpadu ini memiliki tiga tujuan dasar:

  • memberikan nilai yang terus meningkat kepada pelanggan, berkontribusi pada kesuksesan pasar
  • peningkatan efektivitas organisasi secara keseluruhan dan dalam kemampuan,
  • memberikan pembelajaran organisasi dan pribadi.

Ini adalah tentang perbaikan diri untuk meningkatkan praktik, kemampuan, dan hasil serta berfungsi sebagai alat kerja untuk memahami dan mengelola kinerja, dan menyediakan mekanisme bahasa umum untuk membahasnya, baik secara internal maupun eksternal untuk pembelajaran.

Tujuh kategori menyusun kriteria penghargaan :

  • Kepemimpinan — Memeriksa bagaimana para eksekutif senior memandu dan mempertahankan organisasi dan bagaimana organisasi menangani tanggung jawab pemerintahan, etika, hukum, dan masyarakat.
  • Perencanaan strategis — Memeriksa bagaimana organisasi menetapkan arahan strategis dan bagaimana organisasi menentukan dan menyebarkan rencana aksi utama.
  • Fokus pelanggan — Memeriksa bagaimana organisasi menentukan persyaratan dan harapan pelanggan dan pasar; membangun hubungan dengan pelanggan; dan memperoleh, memuaskan, dan mempertahankan pelanggan.
  • Pengukuran, analisis, dan manajemen pengetahuan – Memeriksa manajemen, penggunaan, analisis, dan peningkatan data dan informasi untuk mendukung proses organisasi kunci serta bagaimana organisasi meninjau kinerjanya.
  • Fokus tenaga kerja — Memeriksa bagaimana organisasi melibatkan, mengelola, dan mengembangkan semua orang yang terlibat aktif dalam menyelesaikan pekerjaan organisasi untuk mengembangkan potensi penuh dan bagaimana tenaga kerja diselaraskan dengan tujuan organisasi.
  • Manajemen proses – Memeriksa aspek bagaimana proses produksi / pengiriman dan dukungan utama dirancang, dikelola, dan ditingkatkan.
  • Hasil — Memeriksa kinerja dan peningkatan organisasi di bidang bisnis utamanya: kepuasan pelanggan, kinerja keuangan dan pasar, tenaga kerja, produk / layanan, dan efektivitas operasional, dan kepemimpinan. Kategori ini juga memeriksa bagaimana kinerja organisasi relatif terhadap pesaing.

 

Referensi : https://www.nist.gov/baldrige/publications/baldrige-excellence-framework

A.Raharto Condrobimo, Rama Adi Pangestu

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031