School of Information Systems

Penggunaan Robot dan Teknologi dalam Dunia Industri

Dalam dunia industri, sumber daya manusia menjadi objek utama dalam sebuah industri atau pekerjaan, bisa berbentuk dalam kegiatan produk, dan juga jasa. Sumber daya manusia yang baik dapat membuat industri dan pekerjaan tersebut dapat terlaksana dengan lancar dan tersusun. Dalam dunia industri selain menggunakan sumber daya manusia yang ada, tiap perusahaan atau industri juga bisa menggunakan dan memanfaatkan teknologi yang ada. Menggunakan teknologi bisa sangat membantu setiap industri atau perusahaan dalam menjalankan berbagai kegiatan perusahaan, mulai dari pendataan, produksi, sistem penjualan, dan lain-lainnya. Teknologi yang dapat digunakan bisa berupa sistem penjualan, sistem pendataan, robot, dan teknologi teknologi yang mendukung kegiatan perusahaan.

Sistem yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk membantu proses berjalannya bisnis mereka sebagai contoh adalah sistem ERP (Entreprise Resource Planning). ERP ini adalah sebuah sistem atau software yang bisa digunakan untuk kegiatan kesehariaan mulai dari kegiatan financial, produksi, pendataan sumberdaya manusia dan data perusahaan. Dalam menggunakan sistem ERP ini, biasnaay perusahaan mendapatkan data yang real-time dan akurat, maka dari itu perusahaan bisa membuat sebuah keputusan hanya dengan melihat hasil data ERP yang ada. Penggunaan sistem ERP ini bukan hanya untuk perusahaan besar saja, tetapi UMKM juga bisa menggunakan dan memanfaatkan sistem ERP ini dengan sangat baik. Bagi UMKM yang menggunakan sistem ERP ini, mereka bisa menggunakan untuk sistem financial atau akuntansi mereka. Banyak sekali manfaat yang bisa saja didapatkan oleh perusahaan jika ia menggunakan sitem ini, perusahaan bisa mempersingkat waktu dan tenaga para pekerja dengan baik, sehingga mereka bisa saja mengerjakan pekerjaan yang lain, dengan menggunakan sistem, maka tingkat keamanan dari data perusahaan bisa lebih baik dan terjaga dengan aman, karna human error bisa saja terjadi kapan pun. Dalam ERP juga bisa menggunakan strategi CRM untuk menjaga segala hubungan yang baik kepada para customernya, untk mengjaga hubungan secara internal, perushaan juga bisa menggunakan sistem HRM yang baik, sehinggga setiap kinerja karyawan bisa terpantau dengan baik dan benar.

Selain ERP, perusahaan juga bisa menggunakan teknologi robot dalam segala kegiatan perusahaan. Menggunakan robot untuk membantu segala kegiatan perusahaan memng membutuhkan modal yang lebih besar, tetapi dengan mengeluarkan modal yang besar perushaan bisa merasakan keuntungannya dalam janka waktu yang panjang untuk masa depan perusahaan. Menggunkan robot dalma kegiatan produksi bisa menjadi sebuah nilai plus bagi perusahaan, dikarenakan robot bisa bisa brkerja secara konsisten dan baik, dan robot juga bisa berkerja tanpa mengenal waktu, ia bisa berkerja dalam waktu malam hari maupun siang hari.

Selain robot, AI juga bisa digunakan untuk mendukung kegiatan robot dalam mengatur kegiatan yang dikerjakan olehnya. AI bisa memiliki lebih baik pengetahuan yang luas dibandung SDM yang ada, maka dari itu, penggunaan AI bisa menjadi nilai positif dari teknologi yang ada untuk perushaan. Menggunakan robot dan AI memng sangat membantu pekerjaan dalam perushaaan, tetapi tidak semua kegiatan perusahan bisa digantikan oleh robot dan AI, dalam kegiatan pengiriman barang, namun dalam kegiatan ini AI dan robot bisa membantu pengecheckan dalam proses pengiriman barang dan lainlainnya. AI dan robot bisa dihubungkan dengan baik, seperti pada proses pendataan stok barang di gudang perusahaan. Jika stok barang sudah kurang dari yangseharusnya, AI bisa langsung memberikan data dan informasi, sehingga robot bisa langsung mengerjakan pekerjaan nya sesuai dengan instruksi dari AI tersbebut. Penjadwalan produksi dan persiapan bahan produksi juga bisa dibantu oleh AI dan robot.

Kesimpulannya, teknologi bisa selalu membantu segala kegiatan perusahaan, mulai dari perusahaan jasa maupun barang. Teknologi bisa dimanfaatkan dengan sangat baik jika pemilik perushaan nya bisa mmenfaatkan segala nilai positif dari sisi teknologi. Mulai dari sistem ERP, menggunakan AI dan juga Robot, memang membutuhkan sebuah modal, tetapi ada banyak nilai dan keuntungan yang bisa di dapatkan oleh perusahaan.

Referensi :

ERP Buyer’s Profile for Growing Companies

https://www.hashmicro.com/id/blog/apa-itu-erp-software/

Penggunaan Robot Dalam Industri

Febrianto Halim

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031