School of Information Systems

Process Elicitation

Teknik elisitasi adalah salah satu dari sejumlah teknik pengumpulan data yang digunakan dalam antropologi, ilmu kognitif, konseling, pendidikan, teknik pengetahuan, linguistik, manajemen, filsafat, psikologi, atau bidang lain untuk mengumpulkan pengetahuan atau informasi dari orang. Elicitation, di mana pengetahuan dicari langsung dari manusia, biasanya dibedakan dari metode tidak langsung seperti mengumpulkan informasi dari sumber tertulis.

  1. Elisitasi syarat adalah aktivitas pertama dalam proses rekayasa syarat yang mengumpulkan dan menemukan tujuan sistem informasi baru.
  2. Elisitasi dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yaitu melalui brainstorming, interview, observasi dan analisa dokumen.

Brainstorming

Brainstorming adalah teknik kreativitas yang mengupayakan pencarian penyelesaian dari suatu masalah tertentu dengan mengumpulkan gagasan secara spontan dari anggota kelompok.3 Beberapa manfaat brainstorming antara lain4:

  • Brainstorming menciptakan ide-ide baru, karena setiap anggota memberikan kontribusi spontan ide-ide segar yang mampu memicu ide-ide lainnya atau pengembangan dari sebuah ide secara bersama-sama.
  • Brainstorming dilakukan dalam teknik diskusi bagi proses kreatifitas dan improvement, merupakan teknik yang sangat kuat dan efektif.
  • Brainstorming dapat membantu memecahkan masalah, karena diskusi yang dilakukan berfokus pada alternatif pencarian solusi dan langkah-langkah yang perlu diambil serta resikonya.
  • Brainstorming menciptakan ide-ide baru dan memecahkan masalah, memotivasi dan mengembangkan tim.
  • Brainstorming mampu memotivasi karena melibatkan anggota tim dalam isu-isu manajemen yang lebih besar, saling keterbukaan, satu visi dan saling bekerja sama.

Interview

Wawancara adalah percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara.5

Observasi

Pengamatan atau observasi adalah aktivitas terhadap suatu proses atau objek dengan maksud merasakan dan kemudian memahami pengetahuan dari sebuah fenomena berdasarkan pengetahuan dan gagasan yang sudah diketahui sebelumnya, untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan untuk melanjutkan suatu penelitian.

Analisa Dokumen

Analisa dokumen merupakan inspeksi dari dokumen yang sudah ada yang termasuk dengan grafik organisasi, prosedur operasi, pelatihan manual, flowchart, dan dokumen-dokumen lain yang menjelaskan suatu proses dan menyediakan konteks dan latar belakang untuk kebutuhan analisa.

Sumber :

“KNOWLEDGE ELICITATION Nancy J. Cooke New Mexico … – CiteSeerX.” http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.457.339&rep=rep1&type=pdf.

“Organization Goal-Oriented Requirements Elicitation Process to ….” https://www.iaescore.com/journals/index.php/IJECE/article/view/5939/5625.

“Curah pendapat – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.” https://id.wikipedia.org/wiki/Curah_pendapat.

“MANFAAT BRAINSTORMING – ReFrame Positive.” 30 Des. 2017, http://reframepositive.com/manfaat-brainstorming/.

“Pengertian Wawancara (Interview), Jenis-jenis dan Tujuan Wawancara.” 6 Jul. 2017, http://www.sumberpengertian.co/pengertian-wawancara-interview.

A.Raharto Condrobimo, Stefanie Ferra

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031