School of Information Systems

The What and How of Gamification

Gamifikasi adalah menambahkan mekanisme game ke dalam lingkungan non-game, seperti situs web, komunitas online, sistem manajemen pembelajaran, atau intranet bisnis untuk meningkatkan partisipasi. Tujuan utama gamifikasi adalah untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan, karyawan atau pengguna. Implementasi gamifikasi juga diharapkan dapat menginspirasi kolaborasi, berbagi dan interaksi.

Pengalaman gamifikasi yang baik akan akan mengikat emosional pengguna atau pelanggan yang melakukannya. Sebelum mengimplementasikan gamifikasi berikut dua jargon yang perlu kalian ketahui.

Game Mechanics

Game mechanics adalah peraturan dan hadiah yang hadir dalam program di platform digital. Contohnya seperti points, levels, missions, leaderboards, badges dan progress. Game mechanics adalah bagaimana pengguna terlibat dengan program gamifikasi dan menerima langkah selanjutnya dan umpan balik tentang pencapaian mereka.

Game Dynamics

Game dynamics mengacu pada serangkaian emosi, perilaku, dan keinginanan yang ditemukan dalam mekanisme game yang beresonansi dengan orang-orang. Contohnya seperti persaingan melalui papan peringkat, kolaborasi dengan menyelesaikan misi tim, komunitas dengan melihat peserta lain newsfeed, pengumpulan lencana unik, dan lain-lain.

Akibat pengaruhnya dalam meningkatkan keterlibatan pengguna, gamifikasi kini banyak diimplementasikan pada industri seperti marketing, kesehatan, edukasi, website, dan aplikasi mobile.

Sumber:

https://www.biworldwide.com/gamification/what-is-gamification/#:~:text=Gamification%20is%20adding%20game%20mechanics,inspire%20collaborate%2C%20share%20and%20interact.

https://www.gamify.com/what-is-gamification

Shavira Andysa

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031