School of Information Systems

Recommended AI Tools for Designers

Pertumbuhan Artificial Intelligence (AI) semakin menarik karena telah banyak digunakan dalam setiap aspek kehidupan manusia, tidak terkecuali desain grafis. Sebagai seorang yang bekerja dalam membuat sebuah desain maka desainer akan mencoba mencari cara baru dan lebih efisien agar dapat meningkatkan produktivitasnya. Artificial Intelligence (AI) tools dapat membantu desainer meningkatkan kreativitas mereka dan sebagai tempat inspirasi dalam membuat desain yang cocok. Oleh karena itu, berikut ini beberapa rekomendasi perangkat lunak desain grafis AI untuk membantu anda membuat desain agar terlihat lebih menarik dan profesional.

  1. ChatGPT

source: https://chat.openai.com/

Pertama kita akan membahas mengenai ChatGPT, ChatGPT terkenal dengan istilah robot atau chatbot berbasis Artificial Intelligence (AI) yang mampu melakukan percakapan dan memberikan jawaban terhadap kebutuhan dan pertanyaan yang diajukan oleh user. ChatGPT memiliki beberapa aplikasi praktis yang dapat digunakan oleh desainer agar dapat melakukan brainstorming untuk dapat mengembangkan proyek atau produk.

  1. Uizard

source: https://uizard.io/

Kedua ada Uizard, nah Uizard sebenarnya mempunyai konsep yang sama dengan ChatGPT namun memang khusus untuk desain. Software ini dapat membantu user dalam menyempurnakan warna, resolusi foto dan memperbaikki foto produk secara otomatis agar lebih terlihat menarik!

  1. AutoDraw

source: https://www.autodraw.com/

Ketiga AutoDraw, aplikasi AutoDraw banyak dikenal di kalangan masyarakat bahkan ada yang menyebutkan “anda tidak ahli dalam desain grafis? Maka cukup hanya dengan menggunakan Google AutoDraw maka cita-citamu untuk belajar desain grafis akan terwujud!”.  AutoDraw dapat mengenali coretan ataupun benda apa saja yang oleh user, menarik bukan?

  1. ai

 

source: https://designs.ai/

Keempat ada Design.ai, jika kamu ingin membuat logo, video dan banner untuk produk yang kamu jual maka Design.ai bisa jadi jawabannya karena kamu akan dengan mudah membuat itu semua hanya dengan waktu 2 menit saja. Design.ai merupakan sebuah platform yang dapat memberikan layanan terhadap user dengan menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk dapat membuat, menyunting dan membuat skala konten yang baik.

  1. Microsoft Designer

source: https://designer.microsoft.com/

Kelima ada Microsoft Designer, nah bagi kamu yang pelanggan Microsoft 365 aplikasi ini sudah tersedia sejak Desember 2022. Microsoft Designer merupakan aplikasi desain grafis yang menawarkan kemudahan bagi user dalam mendesain beragam template untuk kebutuhan sosial media dan sebagainya agar bisa dibuat dengan cepat.

  1. Magician

source: https://magician.design/

Terakhir ada Magician for figma dengan slogan “Every Little thing it does it magic”. Dengan kekuatan teknologi Artificial Intelligence (AI) maka kamu bisa melakukan segalanya mulai dari copywriting hingga menghasilkan ikon unik dari teks yang dibuat. Design tool ini ini akan bekerja sama dengan kamu untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi kamu saat kamu sedang mendesain. Kamu penasaran? Jangan lupa dicoba yaa!

Monica Putri Mutiara

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031