School of Information Systems

Top 5 Online Sites for Learning SQL

SQL merupakan salah satu bahasa pemograman yang paling populer saat ini karena berguna untuk mengumpulkan dan mengelola data dalam jumlah yang besar terutama data yang berada di database management systems (DBMS). Belajar SQL sangatlah menjanjikan, termasuk bagi pemula yang baru mau terjun ke dunia data dan IT. Bahasa pemrograman yang satu ini punya sederet manfaat bagi perusahaan. Jadi, ilmu yang kamu dapatkan tidak akan sia-sia. Oleh karena itu, bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari SQL berikut ini 5 rekomendasi situs online untuk belajar SQL agar kamu bisa latihan dan mengasah skill kamu lebih jauh lagi.

  1. W3schools

Source: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:W3Schools_logo.svg

W3schools merupakan salah satu situs web yang paling populer bagi para web developer yang ingin belajar program yang secara online. Di dalam situs W3schools pengguna dapat menonton tutorial online terkait dengan SQL yang sangat membantu untuk memahami syntax, keywords, statements dan functions. W3schools juga menyediakan quiz bagi kamu yang ingin mengasah kemampuan yang kamu miliki dengan menjawab 20 pertanyaan tanpa batas waktu yang ditetapkan.

  1. Codecademy

Source: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Codecademy.svg

Codecademy merupakan salah satu platform yang menawarkan berbagai macam topik kursus mulai dari pengenalan dan pembelajaran pemrograman dasar sampai bahasa pemrograman tingkat lanjut. Pembelajaran di Codecademy ini meliputi dasar-dasar penting terkait database seperti tables, queries, aggregate, functions, constructing dan lainnya. Codecademy juga menerapkan pembelajaran yang interaktif dan terstruktur dengan memberikan tantangan-tantangan kepada pengguna untuk dapat diselesaikan sehingga pembelajaran lebih menyenangkan. Setiap menyelesaikan tantangan, pengguna akan mendapatkan poin seperti yang berlaku pada game agar pengguna lebih termotivasi untuk menyelesaikan banyak tantangan yang ada.

  1. SQLZoo

Source: https://danielcorcoranssql.wordpress.com/2016/11/29/sql-zoo-my-thoughts-on-this-site/

SQLZoo adalah salah yang terbaik dan situs web populer untuk belajar SQL secara online. SQLZoo menyediakan tutorial yang mudah dipahami dan memberikan contoh interaktif untuk menulis query secara langsung melalui browser pengguna. Untuk pemula SQLZoo juga memberikan latihan SQL yang mencakup SELECT, CREATE, ALTER dan DELETE hingga mencakup materi lanjutan yang dapat menantang diri kalian. Kelebihan belajar menggunakan situs web SQLZoo pengguna bisa belajar tanpa perlu melakukan pendaftaran (login).

  1. Khan Academy

Source: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Berkas:Khan_Academy_logo_%282018%29.svg

Khan Academy juga termasuk salah satu situs terbaik dalam mempelajari SQL atau pemrograman secara online dengan suasana kelas virtual yang interaktif. Khan Academy memiliki tutorial yang cukup membantu pengguna yang masih baru dengan contoh salah satu tutorialnya yang berjudul “Intro to SQL: Querying and managing databases” dimana pengguna akan dipandu untuk cara menggunakan SQL dalam membuat kueri, menyimpan dan memanipulasi data.

  1. Udemy

Source: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Udemy_logo.svg

Terakhir tidak ketinggalan ada Udemy, Udemy menawarkan tutorial bagi para pengguna yang ingin belajar SQL. Tidak hanya yang berbayar, Udemy juga menyediakan berbagai macam kursus yang gratis dan bisa digunakan bagi pengguna yang serius ingin belajar SQL. Ada banyak kursus database dan SQL yang disediakan terutama yang berkaitan dengan database engines, termasuk MySQL, Oracle, dan MS SQL Server. Tidak hanya untuk tingkat lanjut, Udemy juga menyediakan kursus untuk pemula yang sebelumnya tidak begitu familiar dengan SQL.

Monica Putri Mutiara

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031