School of Information Systems

Mengenal tugas dan keterampilan yang dibutuhkan oleh UX Writer

Dalam dunia UI UX, tentunya terdapat berbagai peran yang penting, diantaranya adalah UX Research, UX Design, UI Design  dan UX Writer. Diantara semua peranan tersebut, mereka memiliki tugas dan keterampilan yang harus dikuasai. Namun, kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang pekerjaan dari UX Writer. 

UX Writer merupakan pekerjaan yang akhir akhir ini menjadi trend dalam membangun bisnis startup. Lantas, apa itu UX writer? UX writer merupakan suatu profesi dalam membuat copy untuk situs website, aplikasi ataupun produk digital yang lainnya. Dengan kata lain, UX Writer bertugas dalam menemukan suatu kata atau kalimat pada menu, tombol, ataupun label yang akan digunakan oleh pengguna agar mereka dapat dengan mudah berpindah dari suatu menu, halaman, atau proses selanjutnya. Kata kata yang dimaksud harus memudahkan pengguna ketika menggunakan aplikasi tersebut atau istilahnya adalah microcopy.  

Microcopy merupakan suatu tulisan berukuran kecil yang dapat ditemukan dalam desain aplikasi, website dan lain lain. Microcopy memiliki fungsi utama dalam menjelaskan konsekuensi atau akibat dari kegiatan yang dilakukan pengguna. Dengan begitu, microcopy harus dibuat dengan jelas, singkat, padat dan sesuai dengan brand dari produk tersebut. UX Writer harus memastikan bahwa kata kata yang digunakan tidak bertele tele. Selain itu, microcopy harus dibuat dengan memperhatikan aspek usia, kemampuan seseorang, gender dan latar belakang pengguna yang luas dan berbeda beda.  

Adapun beberapa tugas dan kemampuan yang harus dikuasai oleh UX Writer : 

  1. Dapat melakukan riset dengan UX Research dalam menganalisis kebutuhan pengguna 
  2. Dapat memahami desain produk dan kaitannya dengan tujuan dibuatnya produk tersebut sesuai dengan kebutuhan pengguna. 
  3. Membuat strategi pengembangan konten dalam aplikasi 
  4. Mengembangkan mockup dan copy dengan tim design maupun developer. 
  5. Dapat menulis copy sesuai dengan kebutuhan pengguna 

 

References : 

Angelia Cristine Jiantono