School of Information Systems

8 Cara untuk Membuat Situs Web Anda Lebih Ramah Pengguna

Situs web telah berevolusi menjadi sesuatu yang jauh lebih dari sekadar teks dan informasi pada sebuah halaman. Pengguna saat ini mengharapkan situs web Anda untuk menghibur mereka, memberikan kualitas dan menawarkan pengalaman keseluruhan yang intuitif dan nyaman. Segala sesuatu mulai dari estetika situs Anda hingga penempatan CTA Anda dapat memengaruhi berapa lama pengunjung bertahan di halaman Anda. Untungnya, mudah untuk membuat situs web Anda lebih ramah pengguna.

Dalam blog ini, saya akan menunjukkan delapan ide untuk membantu Anda memulai membuat situs web Anda lebih ramah pengguna.

  • Dengarkan Pengguna Anda

Luangkan waktu untuk bertanya kepada pengunjung reguler Anda apa yang ingin mereka lihat di halaman Anda. Mendapatkan masukan langsung dari audiens target Anda akan memungkinkan Anda menemukan elemen yang hilang yang mungkin tidak Anda lihat sendiri. Pengguna sering kali tahu persis apa yang tidak mereka sukai dari sebuah situs web. Tugas Anda adalah mengambil komentar-komentar tersebut dan mengubahnya menjadi positif dengan memperbaiki fitur apa pun yang tidak disukai pengunjung Anda.

  • Mempercepatnya

Pengguna web mengharapkan situs Anda dimuat secepat kilat, bahkan pada perangkat seluler. Sekitar setengah dari mereka mengatakan bahwa mereka mengharapkan situs web dimuat dalam waktu dua detik dan akan meninggalkan situs yang tidak dimuat setelah tiga detik. Kecepatan memang penting dalam hal menjaga pengunjung tetap berada di situs Anda sehingga mereka dapat melihat apakah mereka ingin berbisnis dengan Anda.

Ada beberapa alat di luar sana yang akan memungkinkan Anda untuk memeriksa kecepatan situs Anda, termasuk Pingdom dan Google’s Page Speed Insights. Situs-situs ini juga akan memberi Anda tips tentang cara mempercepat situs Anda. Dua hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memulai adalah memeriksa kecepatan server Anda dan mengoptimalkan gambar apa pun.

  • Berikan Informasi Mendalam

Ketika pengunjung situs mendarat di halaman Anda, mereka ingin mendapatkan informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan tentang produk atau layanan Anda. Jika pengunjung harus berburu informasi ini, mereka mungkin menganggap Anda menyembunyikan sesuatu atau menjadi frustrasi dan pergi ke situs web pesaing. Semakin mendalam dan mudah diakses Anda dapat membuat informasi tentang apa yang Anda tawarkan, semakin baik.

  • Buatlah Navigasi yang Intuitif

Ketika pengunjung mendarat di situs web, mereka sering melihat ke bilah navigasi untuk menyesuaikan diri dengan halaman tersebut. Bilah navigasi sangat penting karena mengikuti pengunjung situs sepanjang perjalanan mereka di situs Anda dan berfungsi sebagai alat untuk kembali ke halaman arahan.

Pada saat yang sama, Anda perlu membatasi jumlah kategori dalam bilah navigasi Anda, sehingga tidak menjadi terlalu besar-Anda juga harus menempatkannya di lokasi yang sama di setiap halaman. Lakukan beberapa pengujian A/B dengan bilah Anda, mencoba posisi yang sedikit berbeda, pengaturan tab, dan bahkan kata-kata. Ini akan memberi tahu Anda apa yang lebih disukai pengguna dan apa yang paling sesuai untuk situs Anda.

  • Pilih Warna dengan Hati-hati

Pilih warna untuk situs web Anda dengan hati-hati. Anda membutuhkan keseimbangan sempurna antara keindahan dan kejelasan. Palet warna Anda tidak hanya perlu masuk akal untuk industri Anda, tetapi kontras antara latar belakang dan teks harus cukup sehingga pengunjung dapat membaca teks dengan mudah dan tidak membuat mata tegang.

  • Tingkatkan Tata Letak Situs Anda

Perlu diingat bahwa banyak pengguna sekarang mengakses situs web melalui perangkat seluler. Sekitar 80% pengguna internet memiliki smartphone dan mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengakses Internet melalui ponsel mereka, terutama karena biaya data turun dan data tak terbatas adalah standar.

Dengan pemikiran tersebut, memiliki tata letak responsif menjadi semakin penting. Apakah situs Anda terlihat bagus di desktop dan seluler? Tidak harus terlihat sama. Yang lebih penting adalah pengguna seluler dapat melihat berbagai hal tanpa harus memperbesar setiap beberapa detik dan menavigasi dengan mudah di seluruh situs.

  • Perhatikan CTA

Apakah Anda memiliki ajakan bertindak (CTA) yang kuat pada halaman Anda di lokasi yang masuk akal? Pengunjung situs yang memutuskan untuk membeli atau mendaftar untuk buletin Anda ingin tahu bagaimana mengambil langkah selanjutnya. Buatlah ini sederhana dengan menggunakan CTA yang kuat yang mudah ditemukan.

Lihatlah apa yang dilakukan platform pemrosesan pembayaran Square dengan tombol CTA mereka. Mereka mempertimbangkan warna yang akan muncul dengan latar belakang dan bahkan kata-kata CTA, yang hanya berbunyi “daftar dengan Square.” Mereka juga memilih untuk menempatkan tombol CTA di atas lipatan dan informasi tambahan di bawahnya. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menemukan tombol dari saat dia mendarat di halaman.

  • Perbaiki Halaman Kontak Anda

Jika Anda tidak memiliki cara langsung bagi konsumen untuk menghubungi Anda, Anda berisiko kehilangan kepercayaan dari mereka yang mendarat di halaman Anda. Sekitar 51% orang menyatakan bahwa mereka percaya informasi kontak yang lengkap adalah sesuatu yang tidak dimiliki banyak situs web. Jika kontak Anda hanya berupa email, pertimbangkan untuk meningkatkan informasi ini.

Semakin banyak cara Anda mengizinkan pengguna untuk menghubungi Anda, semakin baik. Pertimbangkan untuk menambahkan nomor bebas pulsa, opsi obrolan langsung, basis pengetahuan, dan forum pengguna. Semua faktor ini menambah kredibilitas situs Anda.

  • Jadikan Situs Web Anda Ramah Pengguna

Delapan hal ini akan langsung membuat situs web Anda lebih ramah pengguna, tetapi kunci untuk situs dengan UX yang baik adalah melakukan perbaikan secara konsisten. Luangkan waktu untuk bertanya kepada pelanggan Anda, alat bantu apa yang akan membantu mereka dan menambahkannya ke situs Anda. Ingat, alat bantu yang berguna untuk situs e-niaga akan berbeda dengan alat bantu yang berguna untuk blog.

Uji semuanya dan cobalah untuk melihat situs Anda dari sudut pandang audiens target Anda. Akhirnya, situs Anda akan menjadi lebih mudah digunakan untuk pengunjung situs tertentu dan berpotensi menghasilkan lebih banyak penjualan atau klien baru.

 

Sumber: https://blog.marketo.com/2018/06/8-ways-make-website-user-friendly.html

Yakob Utama Chandra

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031