School of Information Systems

3 Strategi untuk Membuat Kampanye Video Terpadu

Jika Anda akrab dengan dunia iklan TV, Anda telah memperhatikan bahwa tahun ini merupakan tahun yang sulit, dan anggaran telah diperketat dengan tidak nyaman. Semua perubahan ini tidak hanya ada di kepala Anda; menurut penelitian dari eMarketer, belanja iklan TV pada tahun 2017 turun untuk pertama kalinya sejak 2009. Namun, belanja iklan digital telah mencapai ketinggian baru pada $107,3 miliar. Pergeseran dramatis ini menunjukkan kenyataan yang sudah lama dirasakan oleh para pemasar digital.

Saat ini, TV menuntut lebih banyak dan menyediakan lebih sedikit. Agensi pembelian iklan Magna melaporkan bahwa, dalam empat tahun terakhir, peringkat TV telah turun 33% yang mencengangkan, sementara harga iklan telah menentang jumlah pemirsa yang anjlok ini dan meningkat 20%.

Menghadapi kesenjangan antara pengeluaran iklan TV dan pengembalian-atau kekurangannya-atas investasi tersebut, lebih penting dari sebelumnya untuk merancang kampanye video terintegrasi yang menggunakan iklan TV dan digital secara bersamaan untuk menghasilkan hasil yang diinginkan dan memenuhi tujuan bisnis dan kampanye.

 

Menjaga Integritas Selama Integrasi

Membuat kampanye video terintegrasi dapat menjadi upaya yang menantang karena gaya video yang berbeda memenuhi platform tertentu. Sementara spot TV umumnya mengikuti alur cerita klasik yang diringkas menjadi 30 detik, iklan pre-roll memberi pemirsa opsi untuk melewatinya setelah hanya lima detik menonton. Jika Anda ingin pemirsa berhenti menggulir feed berita Facebook mereka dan fokus pada video Anda, Anda perlu membuat beberapa detik pertama cukup menarik bagi pemirsa untuk menonton sisanya.

Bagaimana Anda membuat video yang berfungsi untuk semua saluran? Anda tidak bisa. Dengan kampanye terintegrasi, pemasar terlalu sering mencoba menggunakan satu video untuk mengisi banyak peran. Mereka membuat spot TV yang indah. Kemudian, mereka mencoba mengubahnya menjadi saluran respons langsung, seperti sosial berbayar atau pre-roll. Untuk memiliki kampanye yang benar-benar terintegrasi, menggunakan kembali video tidak akan memotongnya lagi.

3 Cara Membuat Kampanye Video Terpadu yang Efektif

Saya ingin sekali membuktikan salah dan menemukan satu video yang memenuhi semua kebutuhan dan berkinerja di setiap saluran. Namun sampai saat itu, berikut adalah tiga strategi yang telah berhasil bagi saya untuk membuat video yang efisien dan efektif yang menyampaikan seluruh saluran pemasaran:

  • Beri Pengarahan Tim Menurut Funnel (Bukan per Saluran)

Memberi pengarahan kepada tim Anda berdasarkan tahap corong adalah cara termudah untuk memastikan bahwa kampanye terasa kohesif di banyak saluran yang berbeda. Kampanye terpadu dimulai dari bagian atas corong, di mana tim pemasaran yang bertanggung jawab untuk item seperti spot TV dan tampilan spanduk harus diberi pengarahan bersama. Secara keseluruhan, pengarahan ini harus fokus pada bagaimana membuat calon pelanggan cukup tertarik untuk mengambil langkah selanjutnya. Langkah selanjutnya ini mungkin mengunjungi situs web, atau mungkin mempelajari lebih lanjut di saluran lain.

Selanjutnya, metode mid-funnel mencakup segala sesuatu mulai dari sosial berbayar hingga influencer dan bahkan konten halaman arahan. Ketika pelanggan tiba di sini, aman untuk mengasumsikan bahwa mereka sudah memiliki tingkat niat tertentu, jadi Anda memerlukan pendekatan yang berbeda dari yang digunakan di bagian atas corong.

Terakhir, cari tahu seperti apa konversi pelanggan untuk perusahaan dan sasaran Anda. Misalnya, ketika sebuah produk berada di keranjang belanja virtual pelanggan, Anda dapat mengeluarkan testimonial, rujukan, atau komponen kampanye lainnya untuk mempengaruhinya untuk menambahkan lebih banyak atau barang serupa.

  • Uji Tekanan Tagline Anda

Pemasar sering kali dengan cepat mengadopsi tagline yang tampaknya mewujudkan merek. Keputusan ini hanya boleh dibuat setelah pengujian ekstensif di seluruh taktik. Tagline perlu bekerja di setiap saluran, termasuk online dan offline. Misalnya, tagline Lyft “Penting bagaimana Anda sampai di sana” berfungsi di tempat TV, iklan sosial berbayar, setelah unduhan aplikasi, atau sebagai bagian dari kampanye rujukan.

Tagline juga harus tetap relevan sehubungan dengan berbagai tahapan corong. Tagline LinkedIn “Untuk apa Anda berada di dalamnya?” tidak hanya berfungsi untuk menciptakan kesadaran tingkat tinggi. Tagline ini juga tetap efektif ketika pengguna telah meng-upgrade ke akun berbayar, dan tetap masuk akal untuk bisnis yang ingin merekrut karyawan baru. Ingat, agar kampanye terintegrasi dapat bekerja di mana pun konten ditempatkan, diperlukan tagline yang dapat bertahan lama.

  • Pikirkan Secara Taktis Tentang Bintik TV

Saat memfilmkan aset untuk kampanye terintegrasi, biasanya tim pemasaran memikirkan spot TV dan video digital yang sesuai pada saat yang bersamaan. Namun, langkah sederhana lainnya sering dilupakan. Anggap saja seperti ini: Syuting video adalah waktu yang tepat untuk meminta anggota tim Anda yang lain di lokasi syuting yang berfokus pada iklan sosial berbayar atau visual situs web.

Membuat iklan video menghasilkan sejumlah besar konten yang dapat menghasilkan kampanye terintegrasi jauh melampaui satu atau dua iklan yang difilmkan. Saat pelanggan bergerak lebih jauh ke bawah corong, mereka akan mengenali aspek-aspek tertentu dari spot TV. Momen-momen ini akan menghasilkan pengalaman yang jauh lebih mendalam. Aset video itu mahal! Manfaatkan mereka dengan cara yang menghasilkan konten terkait untuk semua saluran Anda.

Mencapai integrasi bukan tanpa tantangan, tetapi hasilnya sepadan dengan usaha ekstra. Di zaman di mana iklan TV menjadi lebih mahal dan kurang efektif secara bersamaan, sangat penting untuk mengintegrasikan upaya periklanan video Anda untuk mencapai ROI maksimum. Menghilangkan silo yang mahal di departemen pemasaran Anda adalah tempat terbaik untuk memulai. Kemudian, memastikan tagline Anda dapat berfungsi dalam skenario apa pun dan belajar untuk melakukan double (atau triple) dip saat membuat spot TV Anda. Ini akan mempersiapkan Anda untuk mempertahankan integrasi di semua saluran dan pada setiap tahap saluran penjualan. Sekarang setelah Anda mengetahui langkah-langkahnya, saatnya untuk mulai mengintegrasikan!

Sumber: https://blog.marketo.com/2018/09/3-strategies-for-creating-an-integrated-video-campaign.html

Yakob Utama Chandra

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031