School of Information Systems

Bagaimana Sektor Industri dan Pertahanan Memakai Robot

Pengenalan robotik telah mengubah industry militer dan pertahanan di seluruh dunia. Banyak jenis-jenis robot yang berguna untuk misi lapangan dan untuk melindungi sebuah negara dari serangan. Robotik membantu untuk menambah kemampuan manusia untuk merespon ancaman-ancaman tampa membahayakan para tentara, contohnya untuk menetralkan bom. Pasar untuk industri robotic untuk pertahanan dan militer menunjukan banyak potensi untuk aplikasi-aplikasi baru. Karena itu, banyak pemerintah yang mulai berinvestasi pada robot-robot untuk keperluan militernya. Industri robot militer pun diperkirakan akan mencapai USD 30.8 Milyar pada tahun 2022. Walaupun sudah mulai terintegrasi dengan Artificial Intelligence, robot-robot militer ini masih perlu dikontrol oleh tentara manusia. Tentara ini diperlukan untuk mencegah para robot agar tidak membunuh tanpa pandang bulu.

Aplikasi-aplikasi robotic di bidang pertahanan dan militer

  • Wearable Robots: Wearable robots/robot yang bisa dipakai ini membantu para tentara untuk mengangkat beban-beban yang berat dari satu tempat ke tempat lainnya.
  • Mobile Robots: Mobile robots memiliki banyak peran di militer dari untuk patrol hingga menjinakan bom. Robot-robot ini dilengkapi dengan sensor-sensor dan kamera-kamera canggih yang memunginkanya untuk melakukan berbagai jenis misi secara efisien dan e fektif dengan juga memberi akses video dan gambar-gambar penting. Robot-robot ini bisa melakukan misi-misi itu tanpa membahayakan tentara. Mereka bisa berjalan menggunakan rantai, roda atau keduanya dan dilengkapi dengan baterai dan alat komunikasi yang sangat bagus.
  • Surveillance Robots: Sistem pengawasan itu sangat diperlukan di industry militer dan pertahanan untuk memantau segala jenis ancaman. Robot-robot ini dilengkapi dengan berbagai kamera dan sensor berteknologi tinggi yang memunginkannya untuk mengawasi sebuah lokasi tanpa harus mengirimkan tentara.
  • Robotics Submarine System: Robot ini terbilang cukub baru. Teknologi ini digunakan untuk berbagai misi-misi bawa laut, seperti pembersih ranjau bawah laut, operasi anti kapal selam, melindungi Pelabuhan militer dan mengawasi ancaman dari bawah laut.
  • Search and Rescue: Search and rescue ini sangat penting dalam militer untuk mencari dan menyelamatkan tentara-tentara manusia dari zona perang. Robot-robot ini bisa dioperasikan dari jarak jauh sehingga tidak perlu membahayakan tentara-tentara untuk mengevakuasi kawan-kawan mereka dari zona berbahaya.
  • Combat Robots: Robot perang ini bisa digunakan untuk memberikan tembakan pada musuh tanpa perlu membahayakan tentara dari tembakan balasan musuh.
  • EOD Robots: Robot-robot ini digunakan untuk mengidentifikasi dan menjinakan bom-bom atau bahan-bahan peledak lainnya.
  • Fire Fighting Robots: Salah satu alasan robot digunakan adalah untuk mengganti manusia dalam melakukan pekerjaan di lingkunggan-lingkunggan yang berbahaya. Salah satu lingungan yang berbahaya itu adalah kebakaran. Dalam industry militer dan pertahanan, kebakaran adalah bahaya yang tidak lazim. Robot-robot ini lebih tahan suhu panas daripada manusia, sehingga bisa digunakan untuk mencegah korban jiwa saat upaya pemadaman.
  • Swarm of Drones: Drone-drone kawanan ini digunakan untuk pengamatan.
  • Voice-Controlled Robotic Vehicles: Ini adalah kendaraan-kendaraan yang bisa dikontrol menggunakan komando suara.

Jadi robotik ini memiliki banyak kegunaan di bidang militer dan pertahanan. Robotik bisa meringkankan bahaya yang dihadapi oleh tentara di medan perang dan memberikan keuntungan keuntungan strategis untuk militer. Tetapi, perlu ada regulasi-regulasi yang memastikan bahwa para robot-robot ini tidak akan membunuh secara sembarangan.

Sumber : https://www.analyticsinsight.net/how-is-the-military-and-defence-sector-utilizing-robotics/#:~:text=Robotics%20help%20to%20augment%20human,edge%20over%20conventional%20warfare%20capabilities.

Lay Christian, Keavan Ezekiel Harimadi

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031