School of Information Systems

Mengenal Sertifikasi Enterprise Architeture Part 1

Enterprise Architecture adalah komponen penting dari bisnis modern, menyediakan kerangka kerja untuk menyelaraskan strategi IT  dengan tujuan organisasi. Dengan demikian, pemahaman akan enterprise architecture pada pegawai IT perusahaan sangat diminati. Maka dari itu, mendapatkan sertifikasi arsitektur perusahaan dapat membantu menunjukkan keahlian seorang pekerja IT yang fokus pada bidang pengembangan sistem. Berikut adalah lima sertifikasi enterprise architecture terkenal dan telah diakui secara internasional: 

  1. The Open Group TOGAF 9 Certification 

Sertifikasi TOGAF adalah salah satu sertifikasi arsitektur perusahaan yang paling dikenal dan sangat terpandang di banyak perusahaan seluruh dunia. TOGAF Framework sendiri menyediakan pendekatan terstruktur untuk arsitektur perusahaan dan telah menjadi standar bagi banyak perusahaan. Program sertifikasi terdiri dari empat level sebagai berikut: 

Level 1: TOGAF 9 Foundation 

Level ini mencakup prinsip-prinsip dasar arsitektur perusahaan dan konsep kunci kerangka kerja TOGAF. Ujian untuk level ini terdiri dari 40 pertanyaan pilihan ganda dan kandidat harus mendapat skor minimal 55% untuk lulus. 

Level 2: TOGAF 9 Certified 

Level ini mencakup aplikasi praktis kerangka kerja TOGAF, termasuk penggunaan kerangka kerja untuk mengembangkan artefak dan hasil arsitektur. Ujian untuk level ini terdiri dari delapan pertanyaan berbasis skenario yang kompleks, dan kandidat harus mendapat skor minimal 60% untuk lulus. 

Level 3: TOGAF 9 Tools and Architecture Content Metamodel 

Level ini mencakup penggunaan framework TOGAF untuk mengembangkan konten arsitektur menggunakan alat dan metamodel konten arsitektur. Ujian untuk level ini terdiri dari empat pertanyaan berbasis skenario, dan kandidat harus mendapat skor minimal 60% untuk lulus. 

Level 4: TOGAF 9 Architecture Practitioner 

Level ini berfokus pada aplikasi praktis kerangka kerja TOGAF dalam skenario dunia nyata. Kandidat harus menyerahkan tugas tertulis yang menunjukkan kemampuan mereka untuk menerapkan kerangka kerja ke organisasi atau skenario tertentu. Penugasan tersebut kemudian dinilai oleh panel ahli, dan kandidat harus menerima nilai kelulusan untuk mendapatkan sertifikasi. 

Sertifikasi tersebut ditawarkan oleh The Open Group, sebuah konsorsium industri yang mengembangkan standar dan praktik terbaik untuk arsitektur perusahaan. 

 

2. Zachman Enterprise Architect Certification 

Sertifikasi ini menawarkan pengujian profesional untuk menggunakan Zachman Framework. Kursus sertifikat ini berfokus pada struktur dan properti perusahaan. Sertifikasi ini dapat menjadi pilihan yang baik jika ingin mengembangkan dan menunjukkan pemahaman yang luas tentang arsitektur perusahaan. Zachman Framework adalah kerangka kerja arsitektur perusahaan yang banyak digunakan yang menyediakan pendekatan terstruktur untuk mendefinisikan dan mengatur artefak arsitektur perusahaan. Framework tersebut disusun berdasarkan enam perspektif: siapa, apa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana. Program sertifikasi Zachman Framework ditawarkan oleh Zachman Institute for Framework Advancement (ZIFA). Program sertifikasi memvalidasi pengetahuan dan keterampilan individu dalam menggunakan Zachman Framework. 

 

3. CISSP Information Systems Security Architecture Professional (CISSP-ISSAP) 

CISSP Information Systems Security Architecture Professional (CISSP-ISSAP) adalah program sertifikasi yang ditawarkan oleh ISC 2, yang merupakan organisasi nirlaba internasional yang menyediakan program pendidikan dan sertifikasi di bidang keamanan informasi. Sertifikasi CISSP-ISSAP dirancang untuk profesional TI yang memiliki keahlian dalam merancang dan mengimplementasikan solusi keamanan di lingkungan perusahaan yang kompleks. Untuk mendapatkan sertifikasi ini, peserta harus menunjukkan keahlian mereka dalam arsitektur keamanan informasi dengan lulus ujian CISSP-ISSAP. Sertifikasi CISSP-ISSAP dirancang untuk profesional keamanan informasi yang memiliki keahlian dalam arsitektur keamanan informasi dan dapat merancang dan mengimplementasikan solusi keamanan di lingkungan perusahaan yang kompleks.  

References:  

https://www.cio.com/article/222483/12-certifications-for-enterprise-architects.html

https://www.indeed.com/career-advice/career-development/enterprise-architect-certifications  

Lisa Mega Tanto Kusumo

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031