School of Information Systems

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Analisis dan Desain Sistem

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini membuat banyak perusahaan kecil maupun besar perlu melibatkan sistem untuk mendukung proses bisnisnya. Sistem merupakan komponen-komponen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan yang sama. Banyak perusahaan yang melibatkan sistem untuk mengolah data yang ada sehingga perusahaan dapat memperoleh informasi yang berguna untuk menentukan langkah dan mengambil keputusan. Ketika perusahaan ingin menggunakan sistem, terdapat 2 (dua) hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu, yang pertama adalah menganalisis sistem dan yang kedua adalah mendesain sistem. Analisis sistem merupakan sebuah kegiatan menggali lebih dalam tentang kebutuhan sistem bagi perusahaan dan bagaimana sistem akan bekerja agar dapat mencapai hasil yang maksimal. Tujuan kegiatan ini yaitu mengevaluasi dan menentukan tujuan sistem. Sedangkan desain sistem merupakan sebuah proses perancangan sistem. Setelah sistem selesai dianalisis dan sudah ditentukan ingin membuat sistem seperti apa, maka proses desain sistem akan dijalankan. Tujuan dari desain sistem adalah untuk mempermudah proses pengembangan sistem. Sistem desain membantu perusahan melihat lebih jelas sistem seperti apa yang akan dibuat dan diimplementasikan oleh perusahaan nantinya.

Terdapat istilah khusus bagi orang-orang yang melakukan analisis dan desain sistem, di mana mereka disebut sebagai system analyst atau system designer. Pekerjaan ini dibutuhkan di berbagai jenis perusahaan untuk meningkatkan performa bisnis melalui sistem yang efektif. System analyst merupakan salah satu prospek karir di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Tugas system analyst adalah menganalisis, merakit, dan mengimplementasikan sistem. System analyst memiliki tugas antara lain memelihara aplikasi, sistem, dan gudang data serta meningkatkan kinerja sistem yang ada. Sementara itu, system designer bekerja di bawah arahan manajer proyek atau arsitek sistem dan merupakan bagian khusus dari proses perencanaan, pengembangan, dan implementasi sistem informasi baru. Tugas seorang system designer adalah merencanakan dan merancang sistem informasi yang menggabungkan perangkat keras, perangkat lunak, dan teknologi komunikasi. Ahli sistem (seperti system analyst dan system designer) memiliki banyak peluang, di berbagai bidang seperti keuangan, ritel, komunikasi, dan manajemen. Ahli sistem biasanya berfokus pada pengembangan dan pemasangan sistem teknologi informasi baru dan sistem paralel lama hingga masalah pada sistem lama ditemukan dan diperbaiki.

Dalam proyek pengembangan sistem informasi, terdapat proses yang dikenal dengan sebutan Software Development Life Cycle (SDLC). SDLC bertujuan untuk menghasilkan perangkat lunak yang berkualitas dan efektif. Tidak hanya memperhatikan waktu hingga selesainya proyek, tetapi juga membantu mengestimasikan biaya pengerjaan dengan baik sehingga memenuhi ekspektasi harapan oleh klien. Dengan kata lain, SDLC meminimalkan potensi risiko di dalam pengerjaan suatu proyek karena perencanaan dilakukan secara menyeluruh. Proses SDLC terdiri dari 6 tahapan, yaitu Planning, Analysis, Design, Implementation, Testing dan Maintenance.

Tahap pertama adalah tahap perencanaan. Tahap ini berisi perencanaan yang mencakup waktu, biaya, dan ruang lingkup proyek yang dibahas secara detail. Dalam tahap perencanaan, tim pengembang mengumpulkan semua informasi yang diperlukan, serta persyaratan dari stakeholders internal maupun eksternal, untuk membuat dokumen spesifikasi persyaratan perangkat lunak. Langkah awal ini membantu memastikan tujuan proyek tercapai. Tahap berikutnya yaitu tahap analisis. Di sini tim pengembangan melakukan identifikasi dan analisis kebutuhan pengguna dan fungsionalitas pada sistem. Ketika tahap ini dijalankan, maka akan memberikan pemahaman lebih menyeluruh mengenai apa yang dibutuhkan oleh pengguna dan masalah apa saja yang harus diselesaikan selama mengerjakan dan mengembangkan proyek. Tahap yang ketiga adalah tahap desain, di mana tim desainer membuat rancangan sistem dan spesifikasi desain. Seperti architecture design, mengenai bahasa pemrograman yang akan digunakan dan keseluruhan desain perangkat lunak. Kedua, user interface, merupakan tampilan visual yang menghubungkan sistem dengan pengguna. Ketiga, menentukan platform, tempat menjalankan suatu aplikasi atau layanan. Keempat, mendesain diagram alur data dan membuat diagram proses.

Selanjutnya adalah tahap implementasi, yaitu ketika sistem sudah dirancang dengan lengkap dan sesuai dengan persetujuan pemegang kepentingan, sistem tersebut sudah siap untuk diimplementasikan. Di dalam tahap ini, tim desainer akan membuat database sesuai dengan rancangan yang telah direncanakan pada fase sebelumnya. Tidak hanya itu, mereka juga akan mulai mengembangkan aplikasi sesuai dengan desain sistem dan juga user interface yang sudah dikembangkan pada fase sebelumnya. Setelah sebuah bagian telah dibuat dengan lengkap, tim desain juga akan melakukan uji coba (testing) dalam aplikasi yang sudah dikembangkan dan melakukan perbaikan jika masih ada error atau bug yang ditemukan saat uji coba berlangsung. Tahap terakhir adalah yaitu tahap pemeliharaan, sistem yang sudah diimplementasi akan biasanya dijaga oleh admin agar sistem tersebut tetap dapat berjalan tanpa adanya kerusakan yang signifikan. Admin yang bertugas juga akan melakukan pengecekan rutin agar sistem juga dapat mengadaptasikan diri sesuai dengan apa yang diperlukan oleh perusahaannya.

Dari yang telah dijelaskan di atas, kita dapat melihat betapa pentingnya peran system analyst dan system design dalam perusahaan-perusahaan yang ingin menjadi sukses, serta kenapa System Development Life Cycle (SDLC) merupakan sebuah proses yang sangat penting dan efektif ketika sebuah perusahaan ingin mengembangkan sebuah sistem yang berkualitas tinggi. Oleh karena itu, kita harus lebih giat lagi dalam menggali ilmu mengenai analisis dan desain sistem.

Sumber:

· http://bpakhm.unp.ac.id/konsep-dasar-dan-pengertian-sistem/

· https://www.selamatpagi.id/pengertian-analisis-sistem/#

· https://aws.amazon.com/id/what-is/sdlc/

· https://accounting.binus.ac.id/2020/05/19/memahami-system-development-life-cycle/ · https://campus.quipper.com/careers/system-analyst

Fania Velni, Justin Filbert, Teresean Sherleen, Vivian Olivia & Adele Mailangkay

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031