School of Information Systems

Volatile Memory

Data-data dari hasil penyelidikan merupakan hal yang berharga dalam melakukan investigasi forensic digital. Di bidang forensik digital, pengumpulan bukti digital sangat penting dalam investigasi kejahatan dunia maya. Informasi digital dalam bukti hard drive computer sangat berguna dalam memecahkan kasus kejahatan dunia maya, dan juga nantinya berfungsi sebagai bukti di pengadilan. Maka dari itu dalam setiap kasus kejahatan siber, petugas perlu untuk mengamankan dan mungumpulkan bukti-bukti digital tersebut karena bukti-bukti tersebut penting maka jika tidak diamankan terlebih dahulu, bukti tersebut dapat dihilangkan atau dirusak oleh oknum-oknum.

Dalam menyimpan bukti-bukti digital terdapat media penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan data-data tersebut, contohnya seperti HDD, SSD, RAM dan lain-lainnya. Terdapat beberapa jenis media penyimpanan, salah satunya adalah Media penyimpan volatile memory. volatile memory merupakan jenis memori dalam komputasi yang membutuhkan daya untuk menyimpan informasi yang disimpan contoh dari media penyimpanan jenis volatile memory adalam RAM. Data-data yang tersimpan didalam RAM rutin diperbaharui secara berkala untuk menghidari data yang tersimpan hilang.

RAM atau Random Access Memory sendiri merupakan hardware yang berada pada perangkat elektronik seperti computer atau laptop, RAM sendiri memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data semenstara dan hanya dapat bekerja jika perangkat elektronik tersebut dalam keadaan beroperasi, Kapasitas RAM sendiri mempengaruhi kecepatan dalam peprosean data didalam perangkat tersebut. RAM memiliki 2 jenis yang berbeda yaitu ada Static RAM (SRAM) Dynamic RAM (DRAM). SRAM sendiri terdiri dari teknologi CMOS dan menggunakan enam transistor. Pembangunannya terdiri dari dua inverter berpasangan silang untuk menyimpan data (biner) yang mirip dengan sandal jepit dan tambahan dua transistor untuk kontrol akses. Sedangkan DRAM merupakan jenis RAM yang dibangun menggunakan kapasitor dan beberapa transistor. Kapasitor digunakan untuk menyimpan data di mana nilai bit 1 menandakan bahwa kapasitor diisi dan nilai bit 0 berarti kapasitor dilepaskan. Kapasitor cenderung keluar, yang mengakibatkan bocornya biaya.

Petugas investigasi forensic digital sangat memerlukan data-data sebagai bahan bukti yang nantinya dapat dibawa kepengadilan, seseorang yang dengan sengaja merusak ataupun menghilangkan bukti-bukti dapat dijadikan sebagai tersangka dan dapat dijatuhi hukuman sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Jovannis Alvino, Joni Suhartono

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031