School of Information Systems

Pengertian, Fungsi dan Tipe Alamat IP

Tahukah kalian apa itu Alamat IP atau IP Adress? Jike belum, mari kita simak penjelasan berikut. Alamat IP merupakan hal yang penting dalam dunia teknologi. Ibarat alamat rumah, dengan mengetahuinya maka kita dapat mengetahui dimana letak suatu lokasi beserta dengan orang yang ada di dalam rumah tersebut. Seain itu, Alamat IP juga penting untuk memudahkan setiap perangkat yang terhubung ke internet untuk berkomunikasi. Maka dari itu ada baiknya jika kita mengetahui apa itu Alamat IP.

Alamat IP memiliki arti sebagai serangkaian angka yang dapat mengidentifikasi perangkat yang terhubung ke internet atau infrastruktur jaringan lainnya. Alamat IP berfungsi untuk memastikan apakah data yang dikirim terkirim ke perangkat yang tepat. Alamat IP juga merupakan alamat atau identitas dari suatu perangkat untuk menghubungkan berbagai perangkat agar bisa saling mengirim dan menerima data. Selain itu, alamat IP memungkinkan perangkat kita untuk terhubung ke internet dan mengakses website.

Alamat IP terbagi menjadi 4 kelompok yaitu IP Address berdasarkan bisnis layanan paket internet IP Address terbagi menjadi 2 yaitu Private dan Public. IP Adress Private adalah alamat IP yang digunakan dalam jaringan lokal dan tidak bisa diakses dari jaringan internet secara langsung kecuali melalui NAT, sedangkan IP Address Public adalah Alamat IP yang digunakan dalam jaringan global internet. Lalu ada IP Address untuk akses jaringan publik yang terbagi menjadi Dynamic dan Static. IP Address Dinamis adalah pemberian otomatis alamat IP dalam jaringan publik yang terhubung ke jaringan komputer, tetapi IP ini selalu berubah-ubah. Sedangkan IP Address Statis adalah pemberian alamt IP secara manual yang terhubung ke jaringan komputer, tetapi IP ini tidak berubah-ubah.

Selanjutnya ada IP Address berdasarkan daya tampung komputer yang terhubung ke jaringan komputer yang terbagi menjadi 2 yaitu IPv4 dan IPv6. IPv4 merupakan versi pertama dari

IP yang paling banyak digunakan tetapi tidak menjamin kualitas dari pengiriman data, IPv4 ditulis dengan 4 angka desimal yang disebut oktet dan berupa angka dari 0 hingga 255 dan berukuran 32-Bit, sedangkan IPv6 adalah versi terbaru dari IP Address fungsinya sama seperti IPv4 yang menyediakan alamat khusus untuk semua perangkat yang terhubung ke internet, IP ini ditulis dengan 8 blok angka heksa desimal dan berukuran 128-Bit dan ditulis dengan (:) karena merupakan alamat alfanumerik. Berikutnya IP Address berdasarkan pemiliknya dibagi menjadi Shared IP Address dan Dedicated IP Address. Shared IP adalah jenis alamat IP yang digunakan oleh beberapa domain/situs dalam satu server yang sama dimana biasanya dipakai pada layanan shared hosting, sedangkan Dedicate IP adalah jenis alamat IP yang hanya digunakan oleh satu domain/situs dalam satu server dimana biasanya dipakai oleh pengguna Cloud VPS dan Dedicated hosting.

Itulah beberapa penjelasan mengenai alamat IP. Setelah mengetahui fungsi dari alamat IP kita semakin yakin bahwa alamat IP sangatlah penting apalagi untuk kita terhubung ke internet dan mengakses suatu website. Alamat IP juga memiliki beberapa tipe yang dibagi berdasarkan kelompoknya, mulai dari layanan internet, akses jaringan publik, daya tampung komputer, sampai dengan pemiliknya dan kelompok-kelompok tersebut pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri.

REFERENSI

https://www.ekrut.com/media/ip-address-adalah

https://www.avast.com/c-what-is-an-ip-address#:~:text=An%20IP%20address%2C%20or%20Internet,well%20as%20on%20other%20networks

Felix Nathanael

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031