School of Information Systems

MENGENAL KEGUNAAN ROUTER

Router merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk mengirimkan paket data dari sebuah jaringan internet terhadap perangkat lain. Proses bekerjanya sebuah router dikenal sebagai routing, di mana router menghubungkan paket dari satu jaringan pada jaringan lainnya. Dengan demikian, maka router dapat dikatakan berfungsi untuk mengelola lalu lintas yang berlangsung antar jaringan dengan meneruskan paket data pada alamat IP. Hal inilah yang kemudian memungkinkan setiap perangkat agar dapat menggunakan jaringan internet yang sama. Router memiliki tanggung jawab utama untuk menentukan ke manakah tujuan jaringan berikutnya agar dapat meneruskan paket tersebut.

Router pada umumnya memiliki komponen prosesor internal, sistem operasi, memori jack input atau output untuk beragam jenis konektor jaringan (bergantung pada jenis jaringan), dan tampilan antarmuka konsol manajemen. Terdapat beragam jenis susunan router di luar sana, mulai dari yang paling rumit hingga paling sederhana. Hal ini ditentukan sesuai dengan kegunaannya. Router multiprotokol dengan bertenaga tinggi memiliki beberapa ruang slot untuk mengakomodasi beberapa jaringan antarmuka. Pada sisi lain, router sederhana dengan harga terjangkau kerap kali digunakan untuk perkantoran atau rumah pribadi dengan sedikit pengaturan atau konfigurasi pada router.

Banyak orang yang sering kali terbalik, bahkan mengira bahwa router merupakan sebuah perangkat yang sama dengan modem. Hal ini perlu diperjelas, sebagai mana kedua perangkat memiliki kegunaan yang berbeda. Perbedaan pertama terletak pada pengelolaan jaringan. Modem bekerja dengan mengubah sinyal ISP menjadi sinyal digital, agar dapat diterima oleh perangkat. Sedangkan router bekerja dengan membentuk sebuah jaringan dan mengelola aliran data pada jaringan tersebut agar dapat terkoneksi perangkat.

Perbedaan kedua terletak pada jenis alamat IP dan ethernet port. Modem memiliki alamat IP publik dan memiliki ethernet port yang lebih sedikit dibandingkan router. Sedangkan router memiliki alamat IP pribadi dan memiliki pilihan ethernet port yang lebih banyak dibandingkan modem. Perbedaan terakhir terletak pada jumlah perangkat yang dapat

tersambung. Modem tidak dapat terhubung ke banyak perangkat bersamaan, sedangkan router sangat memungkinkan untuk dapat terhubung pada banyak perangkat sekaligus.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, router berfungsi untuk menghubungkan jaringan dan mengirimkan informasi dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Secara lebih detail, router bekerja dengan mendistribusikan alamat IP untuk setiap komputer secara statis maupun melalui Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP). Tidak terbatas pada itu, router juga berfungsi untuk menghubungkan jaringan ke Digital Subscriber Line (DSL), di mana umumnya dikenal pada router DSL Selain itu, router juga dapat menyaring paket data internet, dinamakan sebagai Packet Filtering. Hal ini dapat terlaksana berdasarkan aturan filter untuk alamat IP, opsi IP, Transmission Control Protocol (TCP), dan User Datagram Protocol (UDP). Selain itu, router juga memungkinkan sumber jaringan internet untuk membagikannya pada perangkat tertentu, disebut sebagai File Sharing dan Peripherals.

Cara kerja router cukup sederhana. Router bekerja dengan mengarahkan jaringan data melalui routing tabel untuk menentukan jalur yang akan digunakan paket data menuju tujuannya. Paket ini berisikan beberapa data atau informasi untuk dikirimkan, yaitu pengirim, tipe data, dan alamat IP tujuan. Data ini akan dibaca oleh router untuk kemudian diproses. Proses ini akan menghasilkan output di mana router akan menentukan rute terbaik untuk memproses transmisi data. Nantinya paket data akan melalui beberapa jaringan terlebih dahulu untuk menuju komputer selanjutnya. Ketika router sudah menerima paket, perangkat akan melakukan pengecekan tujuan akhir dari transmisi ini. Pada akhirnya, router baru dapat menentukan jalur terbaik menuju tujuan tersebut.

Referensi:

Farid, Achmad. (2022). Apa itu Router? Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja. Diakses pada 30 November 2022, dari https://www.exabytes.co.id/blog/apa-itu-router/

Shinta, Amelia. (2022). Apa itu Router? Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya. Diakses pada 30 November 2022, dari https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-router/

West, J., Andrews, J., & Dean, T. (2019). COMPTIA Network: Network+ Guide to Networks, Eight Edition. Santa Clara, CA 95054: CENCAGE Learning.

Kenji Ariya Kennard

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031