School of Information Systems

Evolusi Infrastruktur Teknologi Informasi

IT Infrastructure adalah penggabungan dari perangkat fisik dan juga beberapa aplikasi software, yang nantinya dapat digunakan dalam membangun atau mengoperasikan sebuah perusahaan. Dengan menggunakan IT Infrastructure dalam sebuah perusahaan, kita dapat mengelola dan mengatur kemampuan yang dimiliki oleh manusia dan teknologi. Dengan menggunakan IT Infrastructure, kita dapat menghitung platform yang dapat memberikan layanan komputasi yang dapat menghubungkan karyawan, pelanggan, dan juga investor. Selain itu kita dapat menyimpan dan mengelola data-data dari sebuah perusahaan. IT Infrastructure sudah ada sejak tahun 1959, dan dari tahun 1959 sampai sekarang IT Infrastructure sudah memiliki 5 era yaitu, General-purpose mainframe and minicomputer era, Personal computer era, Client/server era, Enterprise computing era, Cloud and mobile computing, Dan di setiap era tersebut memiliki peran pentingnya masing-masing.

General-purpose mainframe and minicomputer era, era ini merupakan era pertama dari IT Infrastructure. Banyak perusahaan yang menggunakan mainframe ini dikarenakan mainframe ini sudah cukup kuat untuk melakukan pekerjaan jarak jauh secara online yang terhubung langsung dengan mainframe yang berada di pusat, mainframe inilah yang menjadi tempat semua data disimpan. Tetapi di era ini masih terdapat kekurangan yaitu, para pengguna computer tersebut tidak memiliki privasi dikarenakan semua data yang terdapat di komputernya akan tersimpan semua di mainframe pusat dan data yang dapat disimpan masih kecil. Para Ilmuwan juga sudah memprediksi bahwa era ini tidak akan berlangsung lama.

Personal computer era, era ini merupakan perkembangan dari era sebelumnya, dimana computer yang kita gunakan tidak lagi terhubung secara langsung dengan mainframe dipusat. PC IBM merupakan PC pertama yang muncul di era ini, PC ini pertama kali digunakan oleh perusahaan asal Amerika secara luas. Sebagai karyawan yang bekerja dari rumah akan sangat nyaman untuk menggunakan computer ini. Selain dapat menjaga privasi pribadi, computer ini juga menyediakan beberapa aplikasi yang dapat memudahkan kita untuk menggunakan computer ini.

Client/server era, di era ini, PC dan juga laptop menjadi perangkat utama dalam membangun sebuah bisnis. Hal pertama yang akan dilakukan dalam membangun bisnis adalah mengubah mini computer dan juga mainframe menjadi sebuah system, yang nantinya system ini akan dikelola oleh orang yang disebut sebagai client. Dengan adanya system ini, kita tidak perlu menyimpan data pada mainframe pusat lagi, kita dapat menyimpan semua data dan aplikasi software kita pada PC atau laptop. Client yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan berbeda tergantung seberapa besar perusahaan tersebut. Jika perusahaan itu merupakan perusahaan yang besar, maka client yang dibutuhkan juga banyak. Hal ini dikarenakan perusahaan besar memiliki banyak server yang harus diatur, salah satu contohnya adalah web server, tugas client disini adalah memberi akses dan memproses transaksi dan data melalui internet. Dengan adanya client yang banyak akan menjadi lebih efisien daripada menyerahkan kepada satu client untuk menyelesaikan semuanya. Dengan membagi tugas ke beberapa client memungkinkan respon yang lebih cepat dan efisien.

Enterprise computing era, pada era sebelumnya dimana mereka mengubah mini computer dan juga mainframe menjadi sebuah system untuk dapat menjalankan sebuah computer, di era ini mereka akan menghubungkan system tersebut ke suatu perangkat lunak yang terhubung langsung dengan internet agar perusahaan yang menggunakan cara ini dapat mengoperasikan atau menjalankan aplikasi yang berbeda dalam perusahaan tersebut. Cara ini sangat efektif untuk digunakan dalam perusahaan karena dapat mengerjakan beberapa tugas berbeda sekaligus.

Cloud and computing era, era ini adalah era yang sedang kita rasakan di jaman sekarang. Di era ini terdapat sebuah perangkat yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan computer/laptop yaitu smartphone. Smartphone ini adalah versi kecilnya dari laptop/computer dan lebih banyak digunakan oleh orang-orang pada jaman sekarang. Kelebihan smartphone sendiri adalah lebih mudah dibawa kemana-mana dan kita juga dapat mencari sebuah informasi di dalamnya. Kekurangannya adalah ada beberapa hal yang tidak dapat dilakukan di smartphone, contohnya adalah melakukan coding.

Referensi:

https://www.coursehero.com/file/p6muadv/General-purpose-mainframe-and-minicomputer-era-1959-to-present-The-mainframe-era/ https://www.linkedin.com/pulse/evolution-infrastructure-paul-m-veillard https://niluhjuliani91.wordpress.com/2018/01/11/infrastruktur-teknologi-informasi-bagian-1/

Nicholas Nathaniel