School of Information Systems

Teknologi Blockchain dan Pemanfaatannya Dalam Dunia Olahraga

Akhir akhir ini, teknologi blockchain semakin populer dan banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Pemanfaat teknologi blockchain juga diterapkan diberbagai sektor seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi dan bahkan didunia olahraga. Sebelum kita mendalami pemanfaatan blockchain khususnya disektor olahraga, kita harus mengetahui apa itu Blockchain dan kelebihan dari teknologi tersebut.

Blockchain merupakan suatu sistem berbasis data lanjutan yang memungkinkan bagi kita untuk berbagi suatu informasi secara transparan dalam jaringan. Dengan kata lain, sistem penyimpanan data tersebut berisi catatan dari transaksi yang terhubung dengan cryptography. Data yang disimpan dalam sistem tersebut bersifat konsisten dikarenakan data tersebut tidak dapat dihapus atau diubah tanpa consensus dari jaringan. Sistem tersebut dapat mencegah adanya suatu transaksi yang tidak sah atau tidak valid.

Teknologi blockchain memiliki peranan yang penting dalam menciptakan sistem yang terdesentralisasi dan transparan untuk mencatat suatu transaksi tanpa melibatkan adanya pihak ke tiga. Contohnya, dalam melakukan transaksi jual beli produk, akan ada pihak ketiga yang berperan dalam melakukan validasi transaksi tersebut, misalnya adalah bank dan lain lain. Apabila data pusat dari pihak ketiga tersebut hilang atau dibajak, maka kedua belah pihak akan dirugikan, dimana pihak tersebut dapat mengklaim kepemilikan tanpa adanya bukti transaksi yang valid.

Dalam sektor olahraga, teknologi blockchain dimanfaatkan untuk mendukung club olahraga dengan adanya fan token. Teknologi blockchain yang digunakan berupa transaksi dengan cryptocurrency contohnya adalah aplikasi dari Socios.com. Aplikasi tersebut memanfaatkan teknologi blockchain untuk mendekatkan penggemar olahraga dengan club favorit mereka. Platform tersebut dikenal dengan fan-voting and rewards. Pengguna dapat terlibat secara langsung untuk membuat keputusan bagi club favoritnya contohnya adalah menentukan desain dan warna dari jersey club speak bola mereka. Akan tetapi, untuk melakukan hal tersebut, mereka harus memiliki fan token. Token tersebut dapat dibeli menggunakan CHZ atau Chiliz. Chiliz merupakan asset kripto untuk olahraga dan hiburan.

Pengguna dari aplikasi Socios.com mendapatkan berbagai manfaat dengan Fan Token tesebut, diantaranya :

  • Dapat menonton pertandingan bola sebagai VIP. Pemilik dari Fan token tersebut akan mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan anggota tim atau mengadakan meeting dengan para pemain dari club
  • Mengakses stadion selama pemanasan dan Latihan
  • Memberikan suara mereka terhadap keputusan dari club masing masing dengan polling yang dilakukan dalam club

Pemanfaatan dari teknologi blockchain tersebut banyak diminati oleh club olahraga dan penggemarnya. Dengan adanya platform tersebut, pengguna dapat menyalurkan dukungannya dengan berbagai cara, tanpa harus menonton secara langsung pertandingan dari club favorit mereka.

References :

Angelia Cristine Jiantono