School of Information Systems

Pengenalan Smart Campus

Smart campus merupakan campus yang menyediakan lingkungan yang nyaman, efektif, dan efisien dalam penggunaan teknologi dalam mendukung kegiatan ajar mengajar dan pembelajaran mahasiswa dan staf kampus.

Menurut para ahli:

  1. Smart campus adalah Integrasi Cloud Computing dan IoT yang secara bersamaan akan meningkatkan kinerja proses ajar mengajar, Penelitian, dan kegiatan universitas lainnya (Min-Allah & Alrashed, 2020)
  2. Smart campus adalah sebuah konsep yang menggunakan teknologi di dalam lingkungan kampus yang terdiri dari interaksi banyak sistem kompleks yang mendukung kebutuhan utama penggunanya, mendorong untuk memiliki keterampilan yang lebih tinggi, dan memotivasi untuk menghadapi masalah yang muncul(Hidayat, Hendayun, Sastrosubroto, Hidayat, & Haris, 2020)

Smart campus memiliki karakteristik seperti

1. Smart Learning – berfokus dalam meningkatkan proses pembelajaran dalam kampus dan memperbarui cara pembelajaran antara dosen dan mahasiswa agar lebih flexsibel sehingga dapat meningkatkan komunikasi antar pihak, yang pada akhirnya dapat membuat para mahasiswa lebih memahami pelajaran.

2. Green Campus – berfokus dalam praktik perlindungan lingkungan yang sehat dalam lingkungan kampus, memberi lingkungan yang nyaman bersih dan memberikan perlindungan untuk semua masyarakat dalam lingkungan kampus, termasuk pengguna tenaga matahari untuk penerangan, menggunakan sensor seperti kran otomatis, menggunakan sensor untuk lampu, AC, dan peralatan listrik lainnya.

3. Smart Management – berfokus dalam meningkatkan manajemen dalam kampus, baik manajemen operasional kampus, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia dan sebagainya.

4. Smart Healthcare – berfokus dalam semua masalah Kesehatan dalam kampus, seperti menerapkan pengukur suhu, layanan terpadu dengan mobile apps.

5. Smart Government – berfokus pada semua hal yang terkait dengan masalah tata Kelola kampus baik di dalam maupun luar kampus.

6. Smart Community – berfokus pada semua aspek sosial dalam lingkungan kampus termasuk dalam interaksi sesama masyarakat dalam kampus atau di lingkungan sekitarnya.

Referensi:

Hidayat, W., Hendayun, M., Sastrosubroto, A. S., Hidayat, R., & Haris, S. (2020). Developing Smart Campus Readiness Instrument Based on Pagliaro’s Smart Campus Model and Smart City Council’s Readiness Framework. Journal of Physics: Conference Series.

Min-Allah, N., & Alrashed, S. (2020). Smart campus—A sketch. Sustainable Cities and Society, 102231.

Mo, P. Chen, J. Wang, and C. Wang, Fog-Enabled Smart Campus: Architecture and Challenges, vol. 284, no. 15. Springer International Publishing, 2019.

P. A. E. Pratama, “Smart City, Smart Campus, dan Jalan Bagi Universitas Udayana untuk Mewujudkannya,” Sci. News Mag., vol. 2, no. October, pp. 1–5, 2016.

Musa, M. N. Ismail, and M. F. M. Fudzee, “A survey on smart campus implementation in Malaysia,” Int. J. Informatics Vis., vol. 5, no. 1, pp. 51–56, 2021, doi: 10.30630/joiv.5.1.434.

Anderes Gui