School of Information Systems

UI/UX Design Trends 2023

UI/UX Design, salah satu hal dalam dunia teknologi yang semakin berkembang pesat keberadaannya. Banyak orang mulai mencari orang untuk UI/UX Design sehingga semakin banyak juga yang berkecimpung dalam dunia UI/ UX Design. Tentunya, seiring berjalannya waktu, pasti akan banyak perubahan trend design yang juga akan mempengaruhi UI/UX Design ini. Oleh karena itu, mari kita membahas trend UI/UX Design apa saja yang memiliki potentsi untuk menjadi populer di tahun 2023.

  1. Dark Mode

Tampilan dark mode yang modern nan elegan ini akan menjadi salah satu trend UI/UX Design yang berpotensi untuk populer di tahun 2023. Selain tampilannya yang modern dan elegan, dark mode ini juga memiliki peran yang penting dalam pengalaman pengguna, dikarenakan pengguna seirng menatap layar gadget mereka, tampilan dark mode ini akan membuat mata mereka menjadi tidak mudah lelah seperti ketika melihat tampilan yang lebih terang.

  1. Smooth Gradient

Sekarang ini, semakin banyak yang menggunakan warna-warna gradasi untuk tampilannya. Warna gradient ini banyak digunakan pada background ataupun icon pada suatu tampilan. Hal ini diawali dari MacOS Big Sur yang menggunakan warna smooth gradient ini dan sampai sekarang sudah banyak diimplementasikan juga yang membuat hal ini berpotensi menjadi trend UI/UX pada tahun 2023.

 

  1. Gigantic Typography

Salah satu cara untuk dapat menarik pengguna adalah dengan menggunakan tipografi yang besar dan berani. Sering kita lihat adanya tulisan besar dibagain awal dari sebuah landing page, hal tersebut bertujuan agar dapat menarik pengguna untuk melanjutkan transaksi dalam website atau aplikasi tersebut. Oleh karena itu pun gigantic typography kedepannya dalam tahun ini dapat menjadi trend UI/UX Design yang baru.

 

  1. Animation

Selanjutnya, tampilan yang menggunakan animasi juga menjadi salah satu list dalam trend UI/UX Design tahun 2023. Hal tersebut dikarenakan animasi dapat membuat tampilan menjadi lebih hidup dan tidak monoton serta lebih menarik untuk dilihat. Selain itu, dengan digunakannya animasi dalam tampilan UI akan meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi tersebut.

 

  1. Clean Design

Trend yang terus menerus berlanjut, clean design, menerapkan design yang bersih agar dapat dilihat dengan mudah oleh pengguna. Tentu clean design menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam membuat design UI/UX karena akan mempengaruhi tampilan dan juga pengalaman dari pengguna itu sendiri. Dengan hadirnya clean design ini akan membuat tampilan menjadi lebih professional dan pengguna akan mudah untuk melihat apa yang ada dalam tampilan tersebut.

Sumber:

https://uxdesign.cc/2023-visual-design-trends-guide-82e84f09cbdf

https://userguiding.com/blog/ux-ui-trends/

Anastasya Anirudha

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031