School of Information Systems

Mengenal Perkembangan Blockchain dari Masa ke Masa

Teknologi blockchain merupakan jenis teknologi yang sudah banyak diimplementasikan pada berbagai sektor kehidupan. Banyak perusahaan dan berbagai organisasi juga sudah mulai mempergunakan teknologi ini. Namun, kebanyakan pihak masih belum mengetahui bagaimana perkembangan teknologi blockchain, dari pertama kali diperkenalkan. Meskipun topik ini belum banyak dibahas, namun sejarah perkembangan teknologi blockchain menjadi hal yang menarik untuk dapat diketahui dan dibahas, karena belum banyak orang yang mengetahui fakta ini. Berikut merupakan penjelasan perkembangan teknologi blockchain dari masa ke masa: 

  • Awal Perkembangan Teknologi 

Teknologi blockchain sendiri sudah mulai dikembangkan sejak kisaran tahun 1990. Awal perkembangan teknologi blockchain dilakukan oleh Stuart Haber & W. Scott Stornetta yang melakukan pengerjaan pertama terkait rantai blok yang memiliki keamanan sistem kriptografis. 

  • Peningkatan Sistem Blockchain 

Perkembangan selanjutnya Kembali terjadi pada tahun 1992, dimana kedua pihak yang sama berhasil melakukan peningkatan sistem dengan melakukan penggabungan Merkle Tree atau struktur data yang berbasis hash. Peningkatan tersebut berhasil menghasilkan nilai efisiensi yang lebih tinggi sehingga dapat mengumpulkan lebih banyak data pada satu blok. 

  • Perkembangan Bitcoin 

Perkembangan teknologi blockchain baru mulai dikenal secara global ketika mulai munculnya salah satu implementasi teknologi tersebut, yaitu Bitcoin pada sekitar tahun 2008 dan 2009. Bitcoin mulai dikenalkan oleh salah satu kelompok bernama Satoshi Nakamoto. Kelompok ini juga melakukan perilisan whitepaper blockchain Bitcoin pada tahun 2009 yang mengutip tiga hasil riset Haber dan Stornetta. Semenjak saat itu, teknologi blockchain mulai dikenal secara luas dan terus dikembangkan hingga banyak terjadi implementasi teknologi tersebut dalam berbagai aspek kehidupan. 

  • Perkembangan Bitcoin 2.0 dan 3.0 

Perkembangan bitcoin selanjutnya terus berjalan dengan generasi bitcoin 2.0 dan bitcoin 3.0. Pada generasi bitcoin 2.0 perkembangannya terjadi pada konsep fungsionalitas smart contract. Sementara itu, untuk generasi 3.0, perkembangan bitcoin terdapat pada perkembangan adopsi yang dilakukan oleh institusi besar.  

 

Referensi: 

https://pintu.co.id/academy/post/perkembangan-blockchain-masa-ke-masa 

Aristia Utari Putri

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031