School of Information Systems

TANTANGAN BIG DATA

Tantangan Big data itu sebenarnya terdapat berbagai msalah yang dihadapi dalam sektor Pendidikan , sebagai contoh pada sektor Pendidikan yaitu nilai keberhasilan siswa dalam tingkat kelulusan maupun naik kelas . maka big data pada hal tersebut membantu untuk menganalisis tingkat keberhasilan siswa . kemampuan analisis big data diyakini mampu membantu untuk memecahkan masalah tersebut Namun untuk memecahakan masalah tersebut harus dapat menemukan Big Value dari setiap informasi yang diperoleh atau data penting yang kita analisis .

Tantangan Pertama, Kualitas data yang terikat dengan intergritas dan ketidakteraturan data , data dapat bersumber dari internal maupun external organisasi , sehingga intergritas atau kebersamaan tidak selalu terjamin , dalam pengertian kebenaran data dan akurasinya dapat dipertanggung jawabkan.

Tantangan Kedua , Fragmentasi data , dalam kebanyakan organisiasi Data Fregmentasi setiap department atau sektor menyimpan data tersendiri , tidak ada departemen yang khusus menangani manajemen keseluruhan data dan menjamin kebenaran, konsistensi maupun pembaruan data,  data yang terfragmentasi ini berpotensi menghalagi anda dalam memahami persoalan data .

Ketiga , Infrastruktur . Big data Terlampau kompleks untuk dihimpun, disimpan, dan dipahami, pengelolaan big data membutuhkan Infrastruktur, tempat penyimpanan, dan beban kerja yang sangat bervariasi, jumlah infrastruktur yang diperlukan juga bervariasi , terkadang banyak di waktu lain sedikit , tergantung kebutuhan , sementara itu , membangun infrasturktur sendiri membutuhkan biaya tinggi .

Keempat , bila dalam tahap pengembangan kemampuan analisis, tantangan brainware sangat besar . tentu saja diperlukan orang orang yang terampil dalam menganalisis Big Data. Dalam hal ini bukan hanya membutuhkan analisis bisnis saja tetapi mampu untuk mengoperasikan infrastruktur dan aplikasi sehingga membutuhkan data scientist untuk memahami hasil big data analisis .

Kelima , tantangan ini terikat pada budaya organisasi , Apakah organisasi tersbut relative adaptif terhadap perubahan dan inovatif untuk mencoba hal-hal baru ? apabila seseorang menganggaonya sebagai asset strategis maka ketika seseoarang dalam project big data , orang tersbut harus siap beresperimen belajar dan berkembang .

3V OF BIG DATA

Big data terdapat tiga atribut, meliputi volume, variety, dan velocity. Atribut yang terdapat dalam big data berkembang berdasarkan dari data tersebut seperti kecepatan data (velocity), ukuran dari data tersebut (volume), dan keunikan setiap data dengan beberbagai variasi data (variety). Volume berkaitan dengan ukuran dari data. Variety berkaitan dengan tipe dan jenis data tersebut, seperti tipe data video, suara, gambar, tulisan, dan lain-lain. Velocity berkaitan dengan kecepatan dihasilkannya suatu data tersebut dan seberapa cepat data itu dapat diproses agar data yang dibutuhkan dapat tersedia lebih cepat.

Evaristus Didik Madyatmadja

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031