School of Information Systems

Mengenal ChatGPT

Apa itu ChatGPT? 

ChatGPT merupakan chatbot berbasis AI (artificial intelligence). Hal baru dalam ChatGPT adalah melalui chatbot ini, sebagai user kita akan mendapatkan informasi seputar deskripsi tokoh, tutorial, sampai dengan pembuatan konten di media sosial. Dengan menggunakan ChatGPT ini, user juga dapat mengajukan pertanyaan yang tidak terhitung jumlahnya. Hal ini akan dibalas dengan jawaban yang berguna. 

ChatGPT dikembangkan oleh OpenAI, perusahaan teknologi asal San Fransisco – California, dimana Elon Musk merupakan salah satu pendirinya. ChatGPT cukup viral pada beberapa akhir pekan ini. 

ChatGPT berbeda dengan Google yang memberikan jawaban dengan menyajikan beberapa alternatif link. ChatGPT menjawab sesuai dengan bahasa yang kita gunakan, bahkan tidak membutuhkan waktu.  ChatGPT langsung menjawab pertanyaan user dengan berbagai penjelasan yang sangat mudah dimengerti. 

ChatGPT sangat membantu manusia dalam mengatasi kebingungannya, oleh karena itu bisa dimanfaatkan untuk menjawab penyelesaian masalah dari soal ataupun tugas di sekolah/kuliah. Bahkan, ChatGPT juga mengakomodasi user untuk membantu permasalahan coding yang ingin diselesaikan. 

ChatGPT merupakan chatbot dengan jawaban yang sebenarnya, bisa mengaitkan dengan jawaban sebelumnya, memiliki dasar yang tepat, bukan sekadar menjawab. ChatGPT bisa menjadi alternatif dalam penyelesaian masalah dan bisa menjadi ancaman serius bagi Google AI yang hanya memberikan alternatif link sebagai jawaban. 

 

Referensi:  

https://sijori.id/read/mengenal-chat-gpt-open-ai 

https://institutibuprofesional.com/mengenal-chat-gpt-dan-tantangan-dibaliknya-bagi-keluarga-bagian-1/ 

Andika Suryaputra

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031