School of Information Systems

Mengenal Beberapa Istilah Penting Dalam Desain UI UX

Dalam mengembangkan suatu aplikasi atau website, konsep desain yang ingin digunakan juga perlu diperhatikan baik dari segi User Interface (UI) maupun User Experience (UX). UI dan UX merupakan dua hal yang saling berkaitan satu sama lain. User Interface atau biasanya disingkat dengan UI Design merupakan suatu desain yang berfokus pada keindahan, visual, layout dan penggunaan warna yang akan dipakai dalam website atau aplikasi. Sedangkan User Experience design merupakan suatu konsep desain dengan memperhatikan kenyamanan pengguna ketika berinterakasi dengan aplikasi atau website tersebut.  

Sebagai seorang desainer UI/UX, mereka tentunya harus memiliki skill dan pemahaman yang  baik dalam  Dalam UI/UX design terdapat beberapa istilah penting yang biasanya digunakan oleh desainer UI/UX diantaranya adalah : 

  1. Low Fidelity dan High Fidelity 

Istilah pertama yang akan dibahas adalah Low Fidelity dan High Fidelity. Kata Fidelity sendiri memiliki arti yaitu akurasi atau presisi dari suatu hal. Dalam UI UX sendiri biasanya dikenal dengan istilah Low Fidelity dan High Fidelity. 

Low fidelity merupakan suatu rancangan desain yang memiliki tingkat presisi atau akurasi yang masih tergolong rendah. Dengan kata lain, low fidelity memiliki tampilan desain visual yang minimal dan digunakan untuk mengevaluasi konsep desain dan ide yang dibuat. Biasanya low fidelity desain dibuat pada tahap awal proses desain prototype atau website.  

Sedangkan High Fidelity merupakan suatu rancangan desain yang memiliki tingkat presisi yang tinggi atau dengan kata lain, rancangan desain tersebut memiliki warna, elemen, dan visual yang lengkap atau detail. Desain high fidelity biasanya akan dibuat di tahap akhir dari proses pembuatan prototype atau website. Dengan adanya high fidelity design, kita dapat melihat tampilan prototype atau website yang sudah jadi atau final. High fidelity desain tersebut juga baisanya akan dievaluasi kembali untuk memastikan hasil tampilan akhir dan transisi dari satu halaman ke halaman yang lainnya sudah sesuai dengan yang diinginkan. 

2. Usability 

Istilah lain yang digunakan dalam desain UI UX adalah usability. Usability merupakan suatu kualitas dari sistem aplikasi atau prototype yang dinilai dari segi kemudahan dan kenyamanan pengguna terhadap suatu user interface. Aplikasi atau website tersebut dapat dinilai memiliki usability yang baik, apabila aplikasi atau website tersebut mudah digunakan, dipelajari dan tujuan pengguna dapat tercapai. Usability memiliki beberapa kriteria dan karakteristik diantaranya: 

  • Errors
  • Satisfaction
  • Efficiency
  • Learnability 
  • Memorability   

3. Call to Action (CTA)

Call to Action atau yang disingkat dengan CTA merupakan suatu kata, gambar atau tulisan yang disusun untuk mengajak atau mendorong pengguna dalam melakukan suatu tindakan dalam aplikasi atau website yang dibuat. Contohnya adalah membeli produk, membaca artikel, mendownload file dan lain lain. Dalam UI UX design, biasanya konsep CTA ini diterapkan dalam button dari aplikasi atau website tersebut. Dalam membuat button CTA, hal yang harus diperhatikan adalah ukuran, warna, bentuk, penempatan button, dan font yang jelas.  

 

References : 

Angelia Cristine Jiantono

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031