School of Information Systems

Bagaimana Mengembangkan dan Memasarkan Produk Konsumen Baru?

Dimulai dengan Kebutuhan Konsumen

Vince si Vampir punya masalah. Setelah bertahun-tahun mengantarkan pizza di malam hari, dia baru saja memulai pekerjaan barunya mengirimkan bunga. Seperti semua vampir, Vince sangat sensitif terhadap sinar matahari dan mengalami kesulitan membaca alamat pengiriman di bawah terik matahari. Vince telah mencoba segalanya untuk melindungi matanya dari silau matahari. Solusi terbarunya adalah memakai dua kacamata hitam, yang menghilangkan silau tetapi memiliki kekurangan.

 

Proses Pengembangan Produk Baru

Seperti keberuntungan, suatu hari Vince bertemu dengan presiden Cool Dude Shades. Vince menjelaskan situasinya kepadanya, dan presiden mengatakan dia akan mencoba membantunya mengatasi masalahnya.

Semua produk konsumen baru dimulai dengan kebutuhan konsumen. Agar produk baru dapat diperkenalkan ke pasar, pertama-tama harus berhasil melewati proses enam tahap yang dikenal sebagai proses pengembangan produk baru. Ini adalah proses enam tahap di mana produk baru yang potensial dievaluasi. Proses ini melibatkan orang-orang dari berbagai departemen perusahaan yang mengembangkan produk baru. Produk baru yang potensial dapat dihentikan pada salah satu dari enam tahap ini jika perusahaan yang memperkenalkan menemukan bahwa mengembangkan produk baru kemungkinan merupakan usaha yang tidak menguntungkan. Keenam tahapan proses pengembangan produk tersebut adalah…

 

Membuat Produk Baru

Tahap pembuatan ide – Ini adalah saat penciptaan ide produk baru terjadi. Ini adalah tahap pertama dari proses pengembangan produk baru. Setelah kebutuhan konsumen telah diidentifikasi, ilmuwan perusahaan mencari solusi yang akan memecahkan masalah konsumen ini. Presiden Cool Dude Shades menjelaskan masalahnya kepada tim penelitinya: Vampir yang harus berada di bawah sinar matahari membutuhkan kerai yang sangat kuat untuk melindungi mata sensitif mereka. Setelah banyak percobaan dan kesalahan, para ilmuwan mengembangkan tiga solusi yang mungkin untuk masalah konsumen ini: kacamata hitam dengan lensa yang sangat gelap, topi dengan pinggiran yang terlalu besar, dan kacamata dengan lensa jala gelap.

Selama tahap pembuatan ide, sebuah perusahaan muncul dengan banyak ide untuk memecahkan masalah konsumen.

Selanjutnya, proses bergerak ke tahap penyaringan ide, atau analisis ide produk baru. Dalam tahap proses pengembangan produk baru ini, pemasar memutuskan ide mana yang akan dikembangkan lebih lanjut dan ide mana yang ditolak. Pemasar juga meneliti produk yang saat ini tersedia di pasar yang mencoba memecahkan masalah konsumen yang sama. Para eksekutif di Cool Dude Shades menemukan bahwa saat ini tidak ada perusahaan yang memasarkan naungan matahari untuk vampir. Mereka menghilangkan topi, yang berada di luar jangkauan kemampuan produksi mereka saat ini, tetapi terus mempertimbangkan lensa kaca gelap dan lensa mesh sebagai solusi untuk masalah konsumen ini.

Setelah perusahaan berpikir bahwa mereka memiliki beberapa konsep produk baru yang berkualitas, tahap pengembangan konsep dimulai. Ini adalah saat perusahaan sedang menguji ide-ide produk baru. Pada tahap ini, produk potensial yang tersisa dikembangkan lebih lanjut dan ditunjukkan kepada konsumen potensial. Pemasar di Cool Dude Shades menunjukkan dua solusi yang mungkin untuk panel uji vampir. Panel uji menemukan bahwa lensa kaca gelap efektif menghalangi sinar matahari tetapi terlalu sulit untuk dilihat. Kacamata dengan lensa jala melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk menghalangi sinar matahari dan memungkinkan visibilitas yang bagus. Panel uji vampir tampaknya benar-benar bersemangat tentang produk baru yang potensial ini.

 

Menjual Produk Baru

Sekarang, Cool Dude Shades bergerak ke tahap strategi pasar. Ini adalah tahap ketika perusahaan mulai memasarkan konsep produk baru. Pemasar mengidentifikasi pasar sasaran mereka dan menentukan cara terbaik untuk mempromosikan produk baru mereka ke pasar sasaran ini. Pemasar menentukan cara efektif menggunakan keempat ‘P’ pemasaran: produk, harga, tempat, dan promosi. Para pemasar di Cool Dude Shades mengetahui bahwa vampir suka memakai mode terbaru dan memutuskan untuk menjalankan iklan cetak satu halaman penuh di berbagai majalah mode untuk memperkenalkan kacamata baru mereka. Mereka menentukan harga untuk produk baru mereka dan memutuskan untuk menjualnya melalui pengecer kacamata yang ada.

Jika perusahaan yakin bahwa mereka memiliki produk yang memenuhi kebutuhan pasar sasaran mereka, mereka memulai tahap pengembangan produk. Ini adalah tahap di mana menciptakan konsep produk baru terjadi. Pada tahap proses ini, produk baru diberi nama merek dan kemasan dibuat. Produk baru diuji-dipasarkan di area tertentu untuk mengukur penerimaannya oleh pasar sasaran. Para pemasar di Cool Dude Shades memutuskan nama untuk produk baru mereka – ‘Goth Goggles’. Mereka membuat wadah fleksibel untuk Goth Goggles dan memutuskan untuk menguji pasarnya di tiga kota di Arizona (tempat banyak vampir tinggal dan cuaca cerah sepanjang waktu).

Source: https://study.com/academy/lesson/how-to-develop-and-market-new-consumer-products.html

Yakob Utama Chandra

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031