School of Information Systems

Apa itu Crowdsourcing?

Crowdsourcing adalah bentuk pemasaran yang memungkinkan orang untuk menyumbangkan ide, keahlian, atau tenaga untuk upaya kelompok, biasanya melalui internet. Crowdsourcing telah digunakan di berbagai bidang seperti pemasaran dan penelitian. Crowdsourcing juga telah digunakan dalam bantuan bencana dan manajemen sumber daya manusia.

Aspek crowdsourcing adalah crowdfunding – praktik mendanai proyek atau usaha dengan mengumpulkan banyak uang dalam jumlah kecil dari banyak orang.

Beberapa contoh nyata dari kampanye crowdsourcing meliputi:

  • Wikipedia: Ensiklopedia online yang dapat diedit dan disumbangkan oleh siapa saja untuk menulis atau keuangan kapan saja.
  • Kickstarter: Platform crowdfunding tempat orang dapat menjanjikan uang sebagai imbalan atas hadiah, seperti barang edisi terbatas, pengalaman, dan bahkan sumbangan yang digunakan untuk membantu badan amal dan organisasi.
  • Tantangan Ember Es ALS: Kampanye media sosial di mana orang-orang memfilmkan diri mereka sendiri menuangkan ember es di atas kepala mereka untuk meningkatkan kesadaran akan ALS dan kemudian memberikan sumbangan keuangan untuk tujuan tersebut.
  • Kampanye “Tentara Kuat” Angkatan Darat Amerika Serikat: Kampanye yang digalang oleh publik melalui Indiegogo untuk meningkatkan kesadaran bagi tentara dan keluarga mereka.

Definisi Crowdfunding vs. Crowdsourcing

Crowdfunding adalah jenis pendanaan, biasanya dilakukan oleh sejumlah besar orang melalui internet, yang biasanya digunakan untuk mengumpulkan uang untuk sebuah proyek, inisiatif, atau tujuan.

Crowdsourcing adalah praktik memperoleh layanan, ide, atau konten yang dibutuhkan dengan mendanainya dengan panggilan terbuka ke masyarakat umum, seringkali melalui internet. Metode crowdsourcing ini telah menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir karena membantu bisnis menghemat waktu dan sumber daya sambil memberikan hasil yang lebih baik daripada jika mereka melakukannya sendiri.

Crowdsourcing dan crowdfunding dapat dilakukan secara bersama-sama atau terpisah, tergantung kebutuhan perusahaan. Perusahaan kecil dalam tahap awal pengembangan mereka dapat menggunakan kedua jenis kampanye ini bersama-sama untuk tidak hanya mendanai proyek mereka tetapi juga berpotensi menemukan bakat jangka panjang yang dapat bergabung dengan tim mereka.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Crowdsourcing?

Crowdsourcing adalah proses di mana perusahaan atau organisasi melakukan outsourcing tugas kepada sekelompok orang yang menyediakan layanan mereka secara gratis, yang merupakan daya tarik utama bagi bisnis.

Crowdsourcing memiliki beberapa manfaat dan sedang memasuki tempat kerja. Tetapi juga memiliki beberapa kontra yang perlu dipertimbangkan.

Kelebihan Crowdsourcing:

  • Itu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien dan cepat.
  • Ini lebih murah daripada mempekerjakan karyawan penuh waktu.
  • Ini membantu organisasi mencari beragam ide dari individu yang memiliki perspektif berbeda tentang masalah yang dihadapi.
  • Ini membantu organisasi tetap mengikuti tren di pasar dan menemukan cara baru dalam melakukan sesuatu.
  • Hal ini memungkinkan pendukung merek untuk menyumbangkan keahlian mereka, yang meningkatkan loyalitas pelanggan.

Kontra dari Crowdsourcing:

  • Kualitasnya mungkin tidak setinggi yang diharapkan karena banyak kontributor yang bukan profesional.
  • Kualitas pekerjaan mungkin tidak setinggi yang diharapkan karena sebagian besar tugas dilakukan oleh amatir yang tidak memiliki cukup pengalaman atau keahlian.
  • Kontributor mungkin melebih-lebihkan ketersediaan mereka dan kemudian harus menarik kembali kontribusi mereka di tengah jalan.
  • Perusahaan kehilangan tingkat kendali atas proyek karena tidak ada taruhan yang terlibat untuk kontributor. Ini berarti kontributor dapat menyimpang dari arah.

Source: https://study.com/academy/lesson/what-is-crowdsourcing-definition-examples-quiz.html

Yakob Utama Chandra

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031