School of Information Systems

Segmentasi pasar

Apakah pet rock itu hadiah ulang tahun yang sempurna untuk semua orang? Bagaimana dengan sepak bola atau lipstik? Produk perlu disesuaikan dengan pelanggan tertentu yang menjadi target pasar. Pasar adalah orang atau organisasi yang memiliki kemampuan untuk membeli produk atau jasa. Sebuah pasar dapat dipecah lagi menjadi segmen-segmen.

Segmen pasar adalah subkelompok orang atau organisasi yang memiliki satu atau lebih karakteristik yang sama yang menyebabkan mereka memiliki kebutuhan produk yang sama. Setiap orang membutuhkan air untuk diminum, tetapi apakah semua orang membutuhkan air kemasan? Agar perusahaan berhasil menjangkau pelanggan yang tepat, mereka perlu membagi pasar menjadi segmen yang serupa dan dapat diidentifikasi melalui segmentasi pasar.

 

Tujuan dan Konsep Segmentasi Pasar

Alasan utama perusahaan membagi pasar menjadi kelompok-kelompok yang dapat diidentifikasi adalah agar tim pemasaran dapat membuat bauran pemasaran khusus untuk kelompok tertentu. Misalnya, Petani Joseph menyadari sejak awal bahwa tidak semua orang akan membeli produk organiknya yang mahal. Dia tidak ingin menghabiskan anggaran keuangannya dengan beriklan kepada massa. Sebaliknya, ia mengidentifikasi target pasarnya dan membuat rencana pemasaran khusus untuk berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan utamanya.

Target pasarnya terdiri dari wanita usia 18-65, dengan pendapatan $50,000+, yang memiliki kebiasaan makan yang sehat dan yang peduli dengan pestisida. Rencananya terdiri dari penempatan iklan di majalah wanita lokal, surat kabar dan juga email blast ke daftar yang dia rumuskan dengan spesifik usia dan pendapatan. Terakhir, dia mengiklankan dengan gym lokal tentang produk sehatnya. Pemasar memiliki banyak pilihan tentang bagaimana mereka dapat mensegmentasi pasar.

Jika petani telah merencanakan untuk membidik semua orang, maka jenis segmentasi akan disebut tidak ada segmentasi pasar. Jenis segmentasi yang berlawanan adalah jika dia memutuskan untuk menargetkan berdasarkan setiap faktor individu yang tersedia. Ini akan disebut pasar yang sepenuhnya tersegmentasi. Pilihan lain termasuk segmentasi hanya berdasarkan jenis kelamin, pendapatan, gaya hidup, etnis, siklus hidup keluarga, kelompok usia, atau bahkan tipe kombinasi.

 

Pentingnya Segmentasi Pasar

Perusahaan tidak akan bertahan jika strategi pemasaran bergantung pada penargetan seluruh pasar massal. Pentingnya segmentasi pasar adalah memungkinkan bisnis untuk secara tepat menjangkau konsumen dengan kebutuhan dan keinginan tertentu. Dalam jangka panjang, ini menguntungkan perusahaan karena mereka dapat menggunakan sumber daya perusahaan mereka secara lebih efektif dan membuat keputusan pemasaran strategis yang lebih baik.

Source: https://study.com/academy/lesson/market-segmentation-why-market-segments-are-important-to-marketers.html

Yakob Utama Chandra