School of Information Systems

Marketing Orientation

Apa itu Pemasaran?

Pemasaran adalah nama yang diberikan kepada kumpulan aktivitas bisnis yang digunakan untuk membuat pelanggan potensial mengetahui suatu organisasi dan manfaat produk atau layanannya kepada publik. Ini mencakup perencanaan, penetapan harga, pengemasan, dan promosi barang atau jasa. Agar berhasil, kampanye pemasaran harus mengomunikasikan nilai yang ditawarkan kepada konsumen melebihi nilai yang ditawarkan oleh persaingan. Tapi, di mana kita mulai?

Contoh Kegiatan Pemasaran — Empat Ps

Pada tahun 1960, profesor Universitas Negeri Michigan Dr. E. Jerome McCarthy menerbitkan Pemasaran Dasar: Pendekatan Manajerial. Dalam bukunya, McCarthy mengusulkan sebuah sistem yang dikenal sebagai Empat P Pemasaran: Produk, Harga, Promosi, dan Tempat. Model bauran pemasaran ini dapat membantu Anda memutuskan bagaimana memulai bisnis baru, atau bagaimana meluncurkan produk atau layanan baru dari bisnis yang sudah ada. Dengan mengevaluasi masing-masing dari empat area secara sistematis, dan menjawab pertanyaan kunci, Anda akan segera meluncurkan kampanye pemasaran yang sukses.

 

Product Strategy

Jika Anda ingin bisnis Anda berhasil, Anda harus melakukan pekerjaan rumah Anda! Anda harus mulai dengan hati-hati meneliti dan mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan orang yang tidak terpenuhi. Anda mungkin memiliki rencana untuk menawarkan bola basket persegi terbaik di dunia kepada publik, dibuat dengan terampil dari kulit terbaik, tetapi jika tidak ada yang membutuhkan atau menginginkan bola basket persegi, bisnis Anda pasti akan gagal.

Setelah Anda melakukan penelitian dan menetapkan produk atau layanan untuk ditawarkan kepada publik, Anda perlu membuat keputusan strategis mengenai produk tersebut. Apa yang akan menjadi nama merek Anda? Gambar apa yang Anda ingin produk Anda tampilkan? Bagaimana Anda akan membuat produk Anda menonjol dari persaingan? Akan seperti apa kemasan Anda? Apa jenis garansi yang akan Anda tawarkan? Semua keputusan bisnis penting ini berada di bawah payung ‘pemasaran’.

 

Price Strategy

Penetapan harga adalah bagian penting lain dari pemasaran. Jelas, Anda berada dalam bisnis untuk menghasilkan keuntungan, dan barang Anda harus diberi harga untuk menghasilkan keuntungan, tetapi ada lebih dari satu cara untuk melakukannya. Berapa harga eceran yang disarankan untuk produk atau layanan Anda? Apakah Anda akan memberikan diskon volume? Bagaimana harga Anda akan dibandingkan dengan pesaing Anda?

Anda mungkin memilih untuk bersaing berdasarkan harga, menarik pangsa pasar yang besar karena Anda menawarkan harga terendah di kota. Strategi ‘Harga Rendah Sehari-hari’ Wal-Mart adalah contoh yang baik dari pendekatan volume tinggi. Atau Anda mungkin memutuskan untuk bersaing berdasarkan kualitas, menawarkan konstruksi, atau layanan yang lebih baik, atau mungkin citra gengsi, seperti merek Rolex yang berharga. Dalam hal ini, Anda akan menjual lebih sedikit unit, tetapi Anda akan memperoleh keuntungan yang lebih besar dari setiap unit yang terjual.

 

Promotion Strategy

Ada banyak cara untuk mempromosikan merek Anda ke publik untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan yang sudah ada. Salah satu strategi yang jelas adalah periklanan. Ini dapat mencakup cara-cara tradisional seperti iklan televisi dan radio, iklan majalah, surat langsung, dan buku telepon. Itu juga dapat mencakup media sosial, seperti Facebook, Twitter, YouTube, dan LinkedIn.

Cara kreatif lainnya untuk membuat produk Anda dikenal publik adalah kontes, pemberian hadiah produk, hadiah promosi bermerek, acara apresiasi pelanggan, sponsor amal, dan bahkan spanduk pesawat. Ketika datang ke cara cerdas untuk memasarkan bisnis Anda, langit benar-benar batasnya!

 

Place Strategy

Kategori terakhir McCarthy juga dikenal sebagai Strategi Distribusi. Ini menguraikan bagaimana dan di mana Anda akan menempatkan produk Anda untuk menjangkau pelanggan Anda dan secara efisien mentransfer barang dan jasa kepada mereka. Apakah Anda akan menjual langsung ke publik atau akan mendistribusikan barang dagangan Anda melalui grosir dan pengecer? Apakah bisnis Anda akan memiliki situs Web, dan, jika demikian, apakah pelanggan dapat memesan secara online? Atau apakah Anda akan menyiapkan lokasi batu bata dan mortir dan membiarkan pelanggan datang kepada Anda? Apakah Anda akan mengirimkan barang dagangan ke pelanggan Anda menggunakan Layanan Pos atau mungkin UPS? Bagaimana dengan pelanggan internasional? Semua keputusan dan aktivitas yang berkaitan dengan logistik pengiriman barang atau jasa kepada pelanggan adalah contoh pemasaran.

Source: https://study.com/academy/lesson/marketing-orientation-definition-examples-quiz.html

Yakob Utama Chandra