School of Information Systems

Apa itu Rencana Pemasaran?

Rencana pemasaran adalah dokumen yang menyampaikan strategi pemasaran perusahaan. Ini adalah seperangkat pedoman yang digunakan untuk membuat dan menjalankan strategi pemasaran. Ini mengatur strategi dan taktik yang digunakan untuk menjalankan strategi.

Rencana pemasaran bukan hanya tentang apa yang ingin dijual oleh perusahaan, tetapi juga tentang bagaimana Anda ingin menjualnya. Rencana tersebut akan membantu perusahaan memutuskan audiens targetnya, berapa banyak uang yang perlu diinvestasikan perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya, berapa banyak produk atau layanan yang dibutuhkan perusahaan, dan di mana mereka harus dijual.

Mengembangkan rencana pemasaran seringkali merupakan langkah pertama dalam proses pengembangan atau penerapan strategi pemasaran. Rencana pemasaran dapat digunakan untuk bisnis kecil dan besar, termasuk perusahaan rintisan, nirlaba, dan perusahaan publik. Ini biasanya dibuat oleh tim orang dari berbagai departemen dalam perusahaan.

Sebuah rencana pemasaran biasanya memiliki rentang hidup satu sampai lima tahun. Ini mungkin perlu diperbarui tergantung pada bagaimana bisnis berjalan atau perubahan apa yang terjadi di industri.

Rencana pemasaran yang khas memiliki lima fase:

  1. Tahap Perencanaan
  2. Fase Eksekusi
  3. Fase Pengukuran
  4. Fase Analisis
  5. Fase Tindak lanjut/Keluar

Rencana pemasaran membantu organisasi menentukan apa yang ingin mereka capai dan bagaimana mereka akan melakukannya. Ini juga membantu mereka memutuskan jenis taktik pemasaran yang harus mereka gunakan. Ini adalah bagian penting dari bisnis apa pun, karena memungkinkan perencanaan, pengambilan keputusan, dan organisasi yang lebih baik.

 

Definisi Rencana Pemasaran

Definisi dari rencana pemasaran adalah bahwa itu adalah dokumen yang mencakup semua strategi, taktik, dan sumber daya yang diperlukan untuk memenuhi tujuan pemasaran perusahaan. Ini adalah rencana strategis untuk menjangkau pelanggan potensial dan mencapai tujuan bisnis.

Perencanaan pasar adalah tentang memahami pasar, mengidentifikasi pemain kunci, mengembangkan dan menerapkan strategi untuk menjangkau pelanggan. Rencana pemasaran biasanya dibuat oleh pemasar yang memahami semua aspek bisnis. Mereka menggunakan rencana ini untuk membangun strategi pemasaran mereka, yang akan membantu mereka mencapai tujuan mereka.

 

Tujuan Rencana Pemasaran

Rencana pemasaran adalah cara bagi bisnis untuk menilai dan meningkatkan upaya pemasaran mereka secara lebih akurat. Rencana pemasaran mencakup serangkaian aktivitas, sumber daya, dan strategi yang membantu bisnis untuk memasarkan produk atau layanan mereka.

Tujuan dari rencana pemasaran adalah untuk memastikan bahwa perusahaan mampu menjangkau audiens targetnya. Ini juga membantu mereka menentukan anggaran pemasaran dan memprioritaskan saluran pemasaran mana yang harus mereka investasikan. Tujuan ini diselesaikan dengan menguraikan langkah-langkah yang akan diambil perusahaan untuk mencapai tujuannya. Rencana pemasaran yang baik digunakan untuk membuat rencana yang dapat ditindaklanjuti yang memiliki tujuan, jadwal, dan biaya yang jelas.

Sebuah rencana pemasaran harus komprehensif dengan semua aspek pemasaran disertakan. Contoh yang baik dari hal ini adalah rencana media sosial yang mencakup strategi media sosial perusahaan, bagaimana mereka akan menggunakan platform media sosial untuk mencapai target pasar mereka, konten apa yang akan mereka bagikan di setiap platform dan seberapa sering mereka akan memposting di setiap platform , dan siapa yang ingin mereka jangkau dengan postingan mereka.

Ada beberapa strategi yang dapat digunakan seseorang untuk menjalankan rencana pemasaran. Riset pasar dan pesaing adalah langkah pertama yang diperlukan untuk membuat rencana yang sukses.

mengapa rencana pemasaran penting, definisi perencanaan pasar. Cara yang baik untuk mulai berpikir tentang mengembangkan rencana pemasaran adalah dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini:

  • Apa yang perlu diketahui pelanggan/klien/pengguna?
  • Apa yang pelanggan/klien/pengguna perlu rasakan?
  • Apa yang perlu dipikirkan oleh pelanggan/klien/pengguna?

Mengapa Rencana Pemasaran Penting?

Rencana pemasaran penting untuk bisnis karena membantu mereka memahami audiens dan menjangkau mereka dengan lebih baik. Mereka juga membantu bisnis untuk tumbuh, berkembang, dan tetap terdepan dalam persaingan. Ini juga membantu mereka merencanakan strategi pemasaran dan menyiapkan anggaran.

Rencana pemasaran dapat ditulis dalam berbagai cara tetapi semuanya memiliki satu kesamaan – mereka didasarkan pada serangkaian tujuan spesifik yang perlu dipenuhi oleh bisnis.

 

Cara Membuat Rencana Pemasaran

Ada beberapa metode dan langkah proses yang berbeda untuk mengembangkan rencana pemasaran. Namun, setiap iterasi mendorong pemilik bisnis untuk melalui tiga fase utama: persiapan dan perencanaan, strategi, serta sasaran dan pelacakan.

Source: https://study.com/academy/lesson/what-is-a-marketing-plan-definition-sample-quiz.html

Yakob Utama Chandra