School of Information Systems

Apa itu Advertising Campaign (Kampanye Periklanan)?

Menurut MarketingSherpa, 95% orang dewasa online berusia 18-34 kemungkinan besar mengikuti merek melalui jejaring sosial. Di dunia di mana di mana pun Anda melihat tampaknya menjadi iklan, kreativitas sangat penting dalam membuat merek menonjol. Lihatlah ke sekeliling Anda sekarang: Semuanya memiliki nama merek di atasnya. Kemungkinan ada iklan di seluruh browser web Anda. Selain itu, media sosial penuh dengan iklan.

Menurut definisi, kampanye iklan adalah tindakan terorganisir untuk mempromosikan produk atau layanan. Ada beberapa cara untuk menyusun strategi kreatif, tetapi pesan Anda adalah inti dari kampanye iklan Anda. Dengan asumsi perusahaan telah mempersempit target audiens dan saluran media yang dipilih, sekarang saatnya untuk membuat kampanye iklan. Ketika kampanye iklan efektif, kesadaran merek meningkat, pendapatan naik, perolehan prospek (menarik pelanggan potensial) terjadi, dan banyak lagi.

Kekuatan Merek

Setelah sudut iklan yang jelas diputuskan, tidak harus sulit untuk membedakan merek atau fokus pada kekuatan. Apakah ada perbedaan yang jelas antara satu merek dengan merek lainnya? Apakah ada kekuatan yang jelas? Apa yang disukai pelanggan tentang perusahaan?

Poin utama dari kampanye iklan adalah membuat pelanggan memiliki preferensi merek. Ini didefinisikan sebagai pelanggan yang memilih produk atau layanan tertentu di atas pilihan lain yang harganya sama atau tersedia. Ini adalah cerminan dari loyalitas pelanggan, taktik pemasaran yang sukses, dan kekuatan merek.

Strategi Pembedaan Merek

Cara terbaik untuk membuat strategi iklan kreatif dan membangun pesan kampanye adalah dengan menerapkan salah satu strategi berikut:

  • Gunakan lokasi bisnis sebagai keuntungan. Sejumlah negara di seluruh dunia setia pada merek dari organisasi mereka. Sebagai contoh, pertimbangkan semua perusahaan yang mengatakan ‘Made in America’ dalam iklan mereka. Iklan ini menciptakan keunggulan bagi organisasi mereka berdasarkan lokasi.
  • Mengubah atau menemukan kembali kategori. Selalu ada cara untuk memperbarui kategori, terutama jika penawaran membuat perubahan transformasional. Dari bilah pisau cukur yang lebih baik hingga jajaran bola lampu yang benar-benar baru, mengubah kategori membuat perusahaan diperhatikan. Pikirkan tentang berapa banyak paket berlangganan yang berubah, bahkan dalam tiga tahun terakhir. Dalam industri yang sebelumnya basi, sekelompok perusahaan mengubah permainan dengan menawarkan langganan bulanan berdasarkan preferensi pelanggan yang sangat spesifik seperti perlengkapan rias atau perlengkapan bertahan hidup.
  • Membangun sumur. Groundwell didefinisikan sebagai penumpukan opini atau perasaan di sebagian besar populasi. Sementara setiap perusahaan menginginkan ini, tidak selalu mudah untuk mendapatkannya. Mulailah dengan pelanggan yang paling setia pada merek dan bergerak dari sana dalam menciptakan gelombang besar.
  • Ciptakan karakter atau kepribadian untuk merek Anda. Perusahaan terbesar dan tersukses di dunia sering kali memiliki juru bicara atau karakter yang terkait dengan mereka. Ketika Anda membuat karakter Anda sendiri, Anda mengontrol kepribadian. Ini tidak selalu memerlukan biaya duta besar yang besar untuk selebriti atau influencer. Pikirkan GEICO Gecko atau Tony the Tiger. Ini adalah contoh klasik dari karakter perusahaan yang dibuat oleh sebuah organisasi.
  • Biarkan dunia tahu kisah perusahaan. Menempatkan wajah ke perusahaan dapat memiliki dampak besar. Bagaimana perusahaan dimulai? Siapa pemilik organisasi? Siapa yang punya ide besar? Dalam dunia yang terhubung, cerita sering membuat perbedaan.
  • Tautkan merek ke acara tertentu. Ide bagus untuk sebuah merek adalah menghubungkannya di benak konsumen dengan liburan atau acara kehidupan tertentu. Dari hadiah pertunangan hingga permen Paskah, produk atau layanan dapat dihubungkan ke peristiwa kehidupan untuk meningkatkan keterhubungan.
  • Ubah pengalaman. Dalam industri yang berorientasi pada layanan, adalah mungkin untuk mengubah pengalaman menjadi menyenangkan, unik, atau mengasyikkan. Pikirkan bagaimana brunch telah berubah dari sekadar makan menjadi pengalaman bersama teman, mimosa, dan menghabiskan waktu bersama.
  • Berkreasilah dengan cara menggunakan produk. Meskipun suatu produk mungkin telah dirancang untuk tujuan tertentu, mungkin terlihat jelas bahwa pelanggan menggunakannya untuk hal lain. Misalnya, soda kue dibuat untuk memanggang tetapi juga berguna untuk membersihkan, memutihkan gigi, sebagai penyegar udara, dan banyak lagi. Fokus pada kegunaan lain untuk suatu produk dalam kampanye pemasaran.

Source:

https://study.com/academy/lesson/developing-an-advertising-campaign-to-differentiate-your-brand.html

Yakob Utama Chandra