School of Information Systems

Mengenal Istilah Baru Teknologi Retail, BOPIS dan BORIS

Saat ini banyak sekali tren dan istilah baru teknologi yang bermunculan pada berbagai sektor industri. Hal ini dikarenakan dengan terus berkembangnya teknologi pada seluruh dunia, maka tentunya akan terus berkembang juga proses yang dilakukan dalam suatu sektor industri dan menyebabkan munculnya banyak inovasi proses baru, baik dalam proses produksi maupun proses penjualan. Berbagai inovasi yang bermunculan tentunya juga bertujuan untuk membantu menghasilkan proses yang lebih efisien. Pada sektor industri retail, terdapat beberapa inovasi proses yang juga muncul untuk membantu para pelanggan dapat melakukan pembelian barang. Beberapa istilah baru yang muncul adalah BOPIS dan BORIS. Berikut merupakan pengertian kedua istilah tersebut:

  1. BOPIS

BOPIS merupakan singkatan dari proses Buy Online, Pick Up in Store pada industri retail. Proses ini dapat dilakukan oleh pelanggan dengan melakukan pembelian barang pada suatu toko secara online terlebih dahulu, baik melalui website ataupun mobile application yang dimiliki oleh toko tersebut. Selanjutnya, pelanggan dapat melakukan pengambilan barang pada toko. Proses ini biasanya diterapkan oleh toko jenis barang yang memang memiliki ukuran yang cukup besar atau memiliki kondisi yang menyebabkan barang tersebut sulit untuk dikirim ataupun memerlukan biaya yang sangat besar apabila dikirim. Tujuan utama penerapan proses ini adalah meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap toko.

  1. BORIS

Sementara itu, BOPIS merupakan singkatan dari proses Buy Online, Return in Store pada industri retail. Proses ini membantu menjadi pelengkap proses BOPIS dengan memberikan layanan bagi pelanggan untuk dapat meretur barang langsung ke toko secara self-service. Pengembalian atau retur barang yang dilakukan biasanya disebabkan oleh rusaknya barang atau terdapat kekurangan barang yang baru dilihat oleh pelanggan ketika barang sudah ditangannya.

Adapun, adanya kedua proses tersebut memberikan banyak sekali manfaat. Beberapa contoh manfaat yang didapat dari implementasi proses BOPIS dan BORIS adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi biaya transportasi
  • Menghasilkan proses retur yang lebih cepat dan murah
  • Menyediakan layanan yang sesuai dengan apa yang diinginkan pelanggan

 

Referensi:

https://www.onestock-retail.com/en/blog/omnichannel-solution-bopis-boris/

Aristia Utari Putri