School of Information Systems

Apakah UI/UX Designer perlu bisa coding?

Beberapa orang memperdebatkan kalau seorang desainer harus bisa coding, setidaknya mengerti bagaimana interface yang mereka buat masuk akal untuk diimplementasi. UI UX merupakan bidang ilmu yang saat ini banyak diminati, baik untuk sekedar mempelajarinya maupun untuk menekuninya di bidang karir. Dengan banyaknya peminat pada bidang ilmu ini, tentunya membuat semakin banyak juga individu yang memiliki kemampuan dan keterampilan pada bidang ini. Tapi salah satu pertanyaan terbesar pada seseorang yang ingin terjun ke dunia ini adalah apakaha mereka harus terampil coding atau tidak, berikut 2 alasan kenapa UI UX Designer perlu bisa coding: 

  • Tektokan lebih mudah dengan programmer 

Dalam dunia kerja tentu saja kita tidak kerja sendirian, sama halnya dengan UIUX designer dimana mereka akan menyerahkan pekerjaan mereka ke programmer setelah design mereka selesai dibuat. Dan jika UIUX designer mengerti coding maka mereka akan paham apakah design yg mereka buat dapat diaplikasikan buat di develop atau tidak. 

  • Sebagai pelengkap saja 

UIUX Designer yang belajar coding dengan alasan suka dan untuk dirinya sendiri, mungkin manfaat yang bisa di dapat dari belajar coding adalah membuat designer percaya diri dengan apa yang mereka design. Selain itu, mereka mampu memahami user interface dari sudut pandang lain sehingga bisa menimbang mana yang lebih baik, mana yang lebih efektif, mana yang lebih efisien dan mana yang realistis untuk dibuat dengan timeline yang sempit. 

Lalu jika kita sebagai designer tidak tertarik coding bagaimana? Tidak masalah. Jangan jadikan beban. Banyak hal lain yang dapat dieksplor di dunia UI desainer. Kalian bisa mengeksplor hal lainnya seperti icon, ilustrasi atau pun animasi untuk prototyping. 

Referensi: 

https://glints.com/id/komunitas/qna/menjadi-ui-ux-designer-perlu-coding-ngga/79vG4Y6o 

https://id.quora.com/Apakah-menjadi-UI-UX-designer-sebaiknya-juga-memahami-tentang-coding-pemrograman 

https://flatironschool.com/blog/do-ux-ui-designers-code/ 

 

Muhammad Thaha Rizieq Hentihu

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031