School of Information Systems

Menerapkan Prinsip Kemewahan (Luxury) pada Desain E-Commerce (Bagian 5)

Sebaliknya, Rolex melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik dalam mematuhi pencitraan merek visualnya sambil menjaga kontennya tetap mudah dipindai dan dipahami. Beberapa peserta dalam penelitian ini bereaksi positif terhadap desain visualnya yang minimalis dan fotografi yang besar dan jelas, tetapi tidak satu pun dari mereka yang kesulitan membaca isinya.

 Ada area situs dan aplikasi mewah (seperti rangkuman pertunjukan runaway musiman) yang tidak memiliki tugas khusus untuk dilakukan — semuanya hanya hiasan dan menghibur. Ini adalah tempat yang sempurna untuk bereksperimen dan membiarkan desain visual bersinar tanpa membuat pelanggan frustrasi.

Misalnya, Chanel membuat halaman panjang untuk acara haute couture-nya. Sementara halaman-halaman ini memiliki sedikit konten dan interaksi, fokusnya adalah (sebagaimana mestinya) pada desain visual. Foto, video, tekstur, warna, dan karya seni menciptakan papan suasana hati virtual untuk musim itu di Chanel.

 

Ceritakan Kisah Tentang Brand

Sementara desain visual sangat penting untuk mengkomunikasikan identitas merek mewah, berbagi sejarah, kepemimpinan, dan nilai perusahaan juga penting. Pembeli barang mewah sering kali lebih menyukai merek daripada produknya, dan terkadang mereka menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari sejarah perusahaan sebelum membeli produknya.

Jika perusahaan Anda memiliki program sosial atau lingkungan, beri tahu pelanggan. Bahkan dalam konteks e-niaga standar, pembeli menghargai merek yang memiliki nilai yang sama. Dalam kemewahan, partisipasi dalam program ini mungkin lebih penting. Beberapa peserta menunjukkan bahwa mereka terkadang merasa bersalah saat membeli atau memakai barang mewah — karena berbagai alasan, tetapi kebanyakan karena mereka tahu begitu banyak orang lain yang tidak mampu membelinya. Jika membeli produk mewah berkontribusi pada tujuan yang baik, beri tahu pelanggan Anda.

Sebaiknya sertakan informasi identitas perusahaan yang menarik di seluruh situs, tidak hanya di bagian Tentang Kami. Gucci melakukan pekerjaan yang sangat baik termasuk konten seperti itu di seluruh situsnya. Misalnya, satu paragraf menjelaskan beberapa sejarah dan alasan di balik lini tas Bambu — cara yang sangat baik untuk perlahan-lahan membina hubungan emosional dengan merek.

Pendekatan ini menyoroti manfaat utama saluran digital untuk kemewahan — Ini memberikan kesempatan unik untuk mengontrol narasi dan membangun hubungan emosional, yang merupakan cara untuk memenangkan pelanggan mewah seumur hidup.

Poin utama:

Perhatikan baik-baik desain visual tetapi hindari mengorbankan interaksi dan desain konten dalam prosesnya — terutama di area situs atau aplikasi tempat pelanggan akan mencoba mencapai tugas tertentu (seperti menemukan kategori produk atau informasi kebijakan pengembalian.)

  • Gunakan area pemasaran dan hiburan situs untuk bereksperimen dan memprioritaskan desain visual (misalnya, ringkasan pertunjukan landasan pacu baru-baru ini).
  • Jangan lupa tentang kinerja pengunduhan — beberapa situs mewah dalam penelitian ini diunduh dengan sangat lambat, yang mengganggu pembeli.
  • Komunikasikan riwayat dan nilai merek Anda di halaman Tentang Kami, serta di seluruh situs atau aplikasi.

Koneksi Pribadi yang Dalam

Brand dan pelanggan mewah sama-sama menghargai hubungan pribadi yang mereka bentuk saat berbelanja. Brand memahami bahwa tenaga penjualan mereka sangat penting untuk menciptakan pengalaman belanja yang menyenangkan dan emosional yang menghasilkan pelanggan seumur hidup.

Nuril Kusumawardani

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031