School of Information Systems

Mengenal Digital Marketing

Perkembangan teknologi saat ini membutuhkan strategi bisnis yang berbeda dari strategi bisnis sebelumnya. Digital marketing kini lebih di butuhkan untuk strategi pemasaran. Menurut buku Digital Marketing (2020), pemasaran barang atau jasa yang ditargetkan, terukur, dan interaktif dengan menggunakan teknologi digital. Piranti yang di gunakan seperti telephone seluler atau komputer yang di dukung sambungan jaringan Internet of Things (IoT).

Adapun tujuan utama digital marketing untuk mempromosikan merek, membentuk preferensi dan meningkatkan pengunjung melalui beberapa teknik pemasaran. Mengutip situs web Southern New Hampshire Universit beberapa teknik digital marketing seperti, penggunaan website, media sosial media, search engine optimization (SEO), e-mail, konten pemasaran, pemasaran seluler, analisis pemasaran dan pemasaran afiliasi.

Digital marketing banyak memiliki kelebihan yang dapat di peroleh di banding dengan teknik marketing konvensional, antara lain :

1. Kecepatan penyebaran

Strategi pemasaran dengan menggunakan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik. Selain itu, DM juga dapat diukur secara realtime dan tepat.

2. Kemudahan untuk melakuan evaluasi

Dengan menggunakan media online, hasil dari kegiatan pemasaran dapat langsung diketahui. Informasi seperti berapa lama produk Anda ditonton, berapa banyak orang yang melihat produk Anda, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan dan sebagainya.

Setelah mengetahui informasi-informasi macam itu, selanjutnya Anda dapat melakukan evaluasi mana iklan yang baik dan buruk. Sehingga Anda dapat memperbaiki untuk periode berikutnya.

3. Jangkauan lebih luas

Kelebihan berikutnya yaitu jangkauan geografis dari DM yang luas. Anda dapat menyebarkan brand atau produk ke seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah dengan memanfaatkan internet.

4. Murah dan efektif

Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, tentu saja digital marketing jauh lebih murah dan efektif. Biaya anggaran yang yang dihemat dapat sampai 40%, hal tersebut menurut Gartner’s Digital Marketing Spend Report.

Selain itu, survey juga menunjukkan bahwa 28% pengusaha kecil akan berpindah ke digital karena terbukti lebih efektif.

5. Membangun nama brand

Digital marketing membantu Anda membangun nama brand dengan baik. Eksistensi dunia maya dengan keberadaan brand Anda sangat penting karena orang akan melakukan pencarian online sebelum membeli produk Anda.

Marketing yang menerapkan praktek-praktek digital marketing akan melakukan analisa konsumen dan membuat keputusan-keputusan strategi pemasaran berdasarkan informasi yang di peroleh dari konsumen. Hal ini dilakukan supaya marketing bisa memastikan keselarasan antara strategi yang di terapkan dengan rencana bisnis yang di jalankan.

“Sedangkan digital marketing mampu mencapai audiens yang spesifik,” seperti dikutip dalam situs web Southern New Hampshire University. Rogers menjelaskan ada beberapa jenis digital marketing yang makin populer.

Berikut lima jenis digital marketing:

• Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan salah satu jenis digital marketing yang memerinci kata dan frasa. Itu digunakan konsumen untuk mencari informasi melalui daring (online). Penerapan SEO menggunakan kata kunci dalam daftar hasil pencarian yang berhubungan dengan pencarian konsumen.

• Pay-per-click (PPC) Advertising

PPC merupakan iklan berbayar yang muncul di bagian atas hasil pencarian. PPC ditandai dengan kata iklan untuk memikat orang-orang dengan produk dan layanan perusahaan. PPC bergantung dengan seberapa banyak pencarian yang ada untuk kata kunci yang dicari.

• Social Media Marketing

Social Media Marketing berguna untuk menjaga agar posting tetap konsisten. Perangkat daring tersedia untuk menjadwalkan posting media sosial. Konsistensi bertujuan untuk mendapat laba atas investasi kampanye tertentu akan memberikan nilai bagi perusahaan.

• Content Marketing

Content berarti posting blog, e-book, video digital, podcast yang memberikan nilai kepada konsumen. Bukan hanya memasarkan merek atau mencoba melakukan penjualan. Content marketing berguna untuk membangun hubungan saling percaya dengan pelanggan. Itu bermanfaat untuk membuka peluang banyak keuntungan.

• Influencer Marketing

Strategi digital marketing melibatkan orang-orang yang memiliki pengaruh penting. Itu berguna untuk memikat konsumen dan perusahaan memasarkan merek, produk, atau layanan. Influencer (jasa pemengaruh) memiliki banyak pengikut dalam media sosial. Itu berguna untuk menyebarkan produk terkait posting media sosial.

Yakob Utama Chandra

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031