School of Information Systems

Definisi Kesadaran Merek (Brand Awareness)

Kita dikelilingi oleh merek: nama perusahaan, judul produk, dan gambar. Merek pada dasarnya adalah setiap kata, frasa, gambar, desain, logo, dan tagline yang membedakan satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Merek juga dapat membedakan satu produk dengan produk lainnya.

 

Misalnya, Proctor and Gamble adalah merek yang terkenal menyediakan berbagai macam produk rumah tangga. Di bawah merek Proctor and Gamble, ada banyak produk individual yang mudah dikenali dari nama dan logonya, seperti Tide, Dawn, Charmin, Swiffer, dan Duracell. Perusahaan memiliki merek dan produk juga memiliki identitas sendiri.

Kesadaran merek adalah seberapa mudah konsumen dapat mengenali suatu merek atau identitas suatu perusahaan dan/atau produk. Jutaan dolar dihabiskan setiap tahun untuk memperkuat merek dan memastikan orang mengenal merek. Lengkungan emas McDonald’s, swoosh Nike, dan apel dengan gigitan ikonik untuk menandakan Apple; hanya dengan melihat logo, konsumen mengenali beberapa merek paling terkenal di dunia.

Citra perusahaan begitu terkenal, konsumen memahami merek dan apa yang diwakilinya. McDonald’s menyediakan makanan cepat saji yang murah. Nike menyediakan alas kaki yang unggul. Apple adalah inovator teknologi. Perusahaan telah secara efektif menciptakan kesadaran merek.

Metrik & Pengukuran

Mengukur keberhasilan kesadaran merek bisa sangat menantang. Sifat kesadaran merek, membuat orang sebanyak mungkin mengenali sebuah perusahaan, tidak memungkinkan pengukuran yang mutlak. Namun, dimungkinkan untuk mendapatkan metrik kembali dari beberapa sumber berbeda untuk mendapatkan gambaran tentang seberapa efektif kesadaran merek perusahaan Anda. Beberapa sumber tersebut antara lain:

Pertama, ada Google Analytics. Menggunakan alat pelaporan Google memberi Anda ide bagus tentang berapa banyak orang yang mengunjungi situs web Anda, jumlah waktu yang mereka habiskan di sana, halaman apa yang dikunjungi, dan bagaimana mereka sampai ke situs web Anda. Meskipun ini hanya terkait dengan lalu lintas situs web, ini menawarkan ide bagus tentang dampak online merek Anda.

Selanjutnya, ada tren penjualan. Angka penjualan membantu dalam analisis kesadaran merek. Misalnya, jika Anda menganalisis seberapa kuat merek keripik kentang Anda, Anda dapat melihat riwayat penjualan Anda untuk melihat apakah penjualan Anda kuat dan meningkat. Selain itu, Anda dapat mengevaluasi bagaimana penjualan chip Anda dibandingkan dengan penjualan pesaing. Jika angka penjualan Anda tumbuh dan penjualan chip Anda sebanding atau lebih kuat dari pesaing Anda, Anda

dapat membuat beberapa asumsi yang kuat tentang seberapa kuat kesadaran merek Anda didasarkan pada preferensi pembelian konsumen.

Terakhir, ada survei. Cara umum untuk menguji kesadaran merek adalah dengan mensurvei konsumen di pasar. Untuk mengumpulkan tanggapan yang adil, berbagai konsumen perlu dipertanyakan. Anda tidak ingin secara khusus bertanya kepada pelanggan Anda karena mereka mengetahui merek Anda. Anda ingin bertanya kepada berbagai pelanggan untuk mendapatkan pemahaman yang jelas apakah masyarakat umum tahu atau tidak tentang produk Anda.

 

Strategi Kesadaran Merek

Langkah pertama dari kesadaran merek adalah menciptakan merek yang mudah diingat. Nama dan gambar sangat penting dalam mengembangkan kesadaran merek, dan menciptakan nama dan gambar yang menarik perhatian akan membantu orang mengingat perusahaan Anda dalam jangka panjang.

Setelah merek yang mudah diingat dibuat, temukan cara kreatif untuk menjangkau konsumen. Pemasaran viral telah membantu merek yang tak terhitung jumlahnya menjadi nama rumah tangga dalam waktu singkat. Mendapatkan publisitas dan liputan media juga dapat membantu memperluas merek Anda ke lebih banyak pelanggan potensial.

Cara lain untuk membangun pengenalan merek adalah dengan memanfaatkan kekuatan kemitraan. Kemitraan adalah dua atau lebih merek yang bekerja sama untuk menjangkau lebih banyak orang. Konsumen yang mengetahui salah satu merek lebih cenderung melihat merek lain yang bersama-sama dengannya.

Source: https://study.com/academy/lesson/brand-awareness-definition-strategy-metrics-measurement.html

Yakob Utama Chandra