School of Information Systems

Brand Emotional Branding

Nike terkenal dengan slogan “Just Do It”, tetapi inti dari pesan pemasaran mereka tidak terlalu bertumpu pada atlet terkenal dan lebih pada pria biasa. Pada tahun 2012, mereka fokus pada ”Find Your Greatness”, menggunakan rata-rata pria muda yang berlari untuk mendapatkan bentuk tubuh. Kampanye “Bangkit dan Bersinar” mereka menyoroti semua alasan dan alasan yang kami berikan untuk tidak dapat berolahraga, menantang kami untuk “berlari sedikit lebih cepat” dan “melempar sedikit lebih keras”. Iklan cetak lainnya dikenakan kata-kata ”Satu-satunya batasan Anda adalah Anda.” Tapi, Nike bukan satu-satunya perusahaan yang menarik hati sanubari.

Samsung memiliki iklan yang menampilkan seekor burung unta yang mencoba headset realitas virtual perusahaan. Ia menggunakan tagline ”Lakukan apa yang tidak bisa Anda lakukan”, mengacu pada ketidakmampuan burung untuk terbang sendiri. Pesan untuk konsumen adalah bahwa headset membawa Anda ke tempat-tempat yang tidak dapat Anda kunjungi sendiri. Anda tertarik pada iklan dan mimpi burung unta untuk terbang. Pada akhirnya, Anda mendukungnya untuk menemukan sayapnya.

Contoh bagus lainnya dari perusahaan dengan pendekatan pemasaran khusus adalah Starbucks, yang cangkir merahnya, bagi banyak orang, menandai awal musim liburan. Ini menampilkan gambar hari bersalju, api menderu, dan liburan yang dihabiskan bersama teman dan keluarga. Apa kesamaan dari semua merek ini? Mereka mengandalkan strategi pemasaran yang dikenal sebagai branding emosional.

Apa Ide Dibalik Emosional Branding?

Setelah membaca contoh-contoh tersebut, Anda mungkin sudah bisa menebak definisi dari emotional branding. Saat itulah bisnis menggunakan strategi pemasaran yang menarik bukan untuk dompet konsumen atau bahkan kecerdasannya, tetapi untuk hati mereka. Pencitraan merek emosional adalah tentang membangun hubungan antara merek dan konsumennya menggunakan sesuatu yang menarik bagi tujuan, keinginan, kebutuhan, keinginan, ego, atau emosi pembeli. Ketika Anda dapat terhubung pada tingkat yang lebih dalam, Anda mengatur diri Anda untuk hubungan setia yang dapat berjalan jauh, dan umumnya, keuntungan mengikuti.

Di pasar di mana sejumlah produk bersaing untuk mendapatkan perhatian konsumen, merek apa pun yang dapat menjalin hubungan dengan audiensnya memiliki peluang lebih baik untuk memenangkan pelanggan dan membuat mereka tetap bertahan. Perhatikan contoh berikut. Di antara penyedot debu berikut, mana yang kemungkinan besar akan Anda beli?

A. Ini adalah ruang hampa pemasaran komersial yang menawarkan banyak lampiran dengan harga yang mahal.

B. Ini adalah ruang hampa pemasaran komersial yang menjanjikan untuk menyederhanakan kehidupan sibuk Anda.

Kemungkinan besar, Anda akan pergi dengan B, hanya karena menarik keinginan Anda untuk menghabiskan lebih sedikit waktu membersihkan dan lebih banyak waktu dengan keluarga atau mengerjakan hobi Anda. Komersial B memanusiakan ide pemasaran untuk menarik emosi konsumen. Kita semua sibuk, kan? Apa yang bisa lebih baik daripada penyedot debu yang menyederhanakan pembersihan dan menghemat waktu Anda? Menjangkau konsumen pada tingkat emosional, meskipun mungkin tidak rasional, dapat menggantikan pencapaian konsumen pada tingkat intelektual (atau lebih rasional).

Mari kita lihat beberapa contoh lagi dari tindakan pencitraan emosional, dengan beberapa merek yang benar-benar melakukannya dengan benar.

Contoh Branding Emosional

Apple

Segala sesuatu mulai dari produk Apple hingga gaya pemasaran dan periklanan yang bersih dan sederhana sengaja dirancang untuk mengirimkan pesan kepada konsumen bahwa, terlepas dari kerumitan teknologinya, Apple memahami bahwa Anda menginginkan hal-hal yang mudah digunakan. Dan, mereka memberikan. Perusahaan adalah penggemar penggunaan kalimat satu kata dan warna hitam putih dalam iklan cetak mereka, seperti satu untuk iPad 2, yang hanya mengatakan, ”Lebih Tipis. lebih ringan. Lebih cepat. Facetime.” Tidak jauh lebih mudah dari itu, bukan? Dan, itu menarik bagi kami sebagai konsumen karena tidak banyak fitur, teks, atau grafik yang harus dilalui.

University of Phoenix

Sebuah tempat televisi untuk sekolah berjudul, ”We Can Do It,” menggunakan karakter kartun untuk menunjukkan kisah seorang ibu yang kehilangan pekerjaannya dan, mengambil inspirasi dari poster Rosie the Riveter, memutuskan untuk masuk ke situs web sekolah dan menemukan kembali dirinya. Sisa iklan menunjukkan wanita yang belajar larut malam dengan anak-anaknya tertidur di sampingnya. Lalu ada foto perayaan kelulusannya. Akhirnya, itu menunjukkan wanita itu bekerja di karir barunya. Ini adalah penggambaran yang kuat dan emosional tentang apa yang ingin dilakukan banyak orang, mengejar pelatihan atau pendidikan baru untuk memperbaiki diri mereka sendiri.

Dove

“Kampanye untuk Kecantikan Sejati” Dove telah menggemakan hati para wanita karena penggambarannya yang jujur tentang tubuh asli, kekurangan, dan semuanya. Kampanye ini begitu sukses, telah berjalan selama lebih dari 10 tahun, membuka percakapan tentang harga diri, citra tubuh

dan definisi kecantikan. Hubungan emosional dengan pemberdayaan perempuan telah menciptakan pesan – dan merek – yang masih memotivasi konsumen untuk membeli dan percaya.

Source: https://study.com/academy/lesson/what-is-emotional-branding-definition-examples.html

Yakob Utama Chandra