School of Information Systems

Apa Itu Brand Message (Pesan Merek)?

  • Just do it
  • I’m Lovin’ it
  • Eat Fresh

Bisakah Anda mencocokkan slogan-slogan ini dengan perusahaan mereka? Jika demikian, Anda telah mengalami hasil positif dari pesan merek yang efektif. Pesan merek digunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan dan untuk membantu mereka memahami nilai perusahaan dan apa yang dihargainya. Pesan Anda adalah apa yang mendefinisikan merek Anda. Itu harus dibangun ke dalam semua upaya komunikasi Anda, termasuk media sosial, hubungan masyarakat, dan periklanan – pada dasarnya semuanya!

 

Bayangkan Anda seorang pengusaha, dan Anda membuka toko roti bernama Slice of Life Organic Bakery. Anda hampir siap untuk membuka pintu, tetapi Anda memerlukan strategi pemasaran untuk menarik pelanggan. Satu pertanyaan pertama yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri adalah bagaimana Anda ingin orang lain memandang toko roti Anda.

Pesan merek Anda mungkin termasuk membuat logo yang menarik atau menulis slogan yang efektif. Anda harus bekerja keras untuk membangun merek Anda dan menciptakan kesan positif di benak pelanggan Anda. Memastikan bahwa pesan ini tetap jelas dan mudah diingat membutuhkan strategi merek yang kuat.

Strategi merek Anda menentukan apa yang diperjuangkan oleh bisnis Anda, janji-janji yang dibuat oleh perusahaan Anda, dan kepribadian yang disampaikan oleh bisnis Anda. Ini mungkin termasuk desain logo perusahaan Anda, palet warna yang Anda gunakan, dan slogan yang Anda pilih.

Membuat Pesan Merek yang Efektif

Membuat pesan merek yang singkat, relevan, dan mudah diingat lebih sulit dari yang Anda kira! Setelah Anda melakukan brainstorming untuk ide dan membuat pesan merek, Anda mungkin perlu mencari pendapat orang lain untuk memastikan pesannya mudah diingat, relevan, dan efektif.

Mengetahui target pasar Anda juga penting. Target pasar adalah sekelompok pelanggan yang telah diputuskan oleh bisnis untuk mengarahkan upaya pemasarannya dan pada akhirnya barang atau jasanya.

Mungkin juga bermanfaat untuk membuat grup fokus. Focus group adalah bentuk penelitian kualitatif di mana sekelompok orang ditanyai tentang persepsi, pendapat, keyakinan, dan sikap mereka terhadap

suatu produk, layanan, konsep, iklan, ide, atau kemasan. Idealnya kelompok fokus akan terdiri dari individu-individu dalam demografi pasar target Anda untuk memastikan pesan merek Anda mengungkapkan dengan tepat apa yang ingin Anda sampaikan. Ini akan membantu Anda menyempurnakan pesan agar sesuai dengan merek Anda.

Mengapa Pesan Merek Penting?

Katakan bahwa, sebagai pemilik Slice of Life Organic Bakery, Anda memutuskan bahwa Anda ingin menargetkan pelanggan yang menghargai makanan organik yang sehat dan yang bersedia membayar mahal untuk pengalaman pelanggan yang luar biasa. Untuk menarik pelanggan yang tepat ke toko roti Anda, Anda mendesain logo yang menggambarkan sepotong roti buatan tangan yang diiris dengan ‘Slice of Life Organic Bakery’ yang tertulis di bawahnya dengan font yang mewah. Anda membuat slogan ‘Roti untuk Hidup’ untuk digunakan dalam semua pesan merek Anda. Slogan ini menyampaikan emosi, nilai, dan citra yang Anda ingin merek Anda sampaikan kepada konsumen.

Anda kemudian mengumpulkan sekelompok individu yang biasanya membeli makanan organik dan alami di daerah Anda dan menanyakan pendapat mereka tentang nama, logo, dan slogan perusahaan Anda. Grup fokus menyetujui ide Anda, dan Anda memutuskan untuk melanjutkan upaya pemasaran Anda. Anda menggunakan kemasan alami dan dapat dibuat kompos dengan pesan merek Anda dicetak dengan tinta kedelai, yang akan bermakna bagi demografis dan konsumen tertentu yang Anda targetkan. Anda membuat iklan untuk iklan cetak dan outlet media sosial yang menargetkan segmen pasar makanan alami kelas atas.

Sangat penting bagi Anda untuk membuat, dan tetap berpegang pada, pesan yang sesuai untuk merek Anda karena setiap kata berarti. Adalah penting bahwa semua pesan merek perusahaan menggambarkan aspek merek yang relevan dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Ada audiens target dan pasar untuk semuanya, tetapi tugas Anda sebagai pemilik bisnis (atau pemimpin pemasaran) harus benar-benar jelas tentang citra yang ingin Anda gambarkan dan bagaimana hal itu memengaruhi segalanya termasuk distribusi, harga, pengalaman pelanggan, dan identitas visual.

Source: https://study.com/academy/lesson/brand-message-examples-lesson-quiz.html

Yakob Utama Chandra