School of Information Systems

Apa itu Advertising Strategies (strategi periklanan)?

Strategi pemasaran adalah rencana untuk membuat konsumen sadar akan suatu produk, membangun kebutuhan akan produk tersebut, dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan sehubungan dengan barang tersebut. Strategi periklanan online memiliki tujuan yang sama, untuk mengedukasi konsumen online dan membujuk mereka untuk membeli suatu produk atau jasa. Iklan ini dapat melalui media sosial, iklan online, atau di blog atau situs web informasi lainnya. Gunakan metode dan contoh di bawah ini untuk meningkatkan iklan online untuk penawaran Anda kepada pelanggan saat ini dan calon pelanggan.

Metode dan Contoh

Dengan pertumbuhan pilihan media online dan sosial, ada cara yang kuat dan langsung untuk beriklan kepada konsumen. Beberapa metode dan cara yang paling umum meliputi:

Pay per Click

Bayangkan Anda menjual perhiasan buatan tangan dan ingin memasarkan barang Anda secara online. Anda pernah mendengar tentang iklan ‘Bayar Per Klik’, cara beriklan di Google. Anda belajar bahwa Anda dapat mengidentifikasi faktor-faktor spesifik untuk memilih target pasar konsumen yang mungkin tertarik dengan perhiasan Anda.

Misalnya, Anda dapat memilih wanita berusia 30-45 tahun, memiliki pendapatan rumah tangga $50.000 atau lebih per tahun, dan yang telah membeli perhiasan secara online sebelumnya. Iklan Google Anda akan ditampilkan kepada wanita yang menggunakan Google dan sesuai dengan kriteria yang telah Anda siapkan. Setiap kali seseorang mengklik iklan Anda, Google membebankan biaya iklan kepada Anda.

Blog Posting

Anda juga memutuskan untuk membuat blog untuk membicarakan perhiasan dan topik lain yang menarik bagi pelanggan Anda. Dengan memposting beberapa kali seminggu, Anda membangun pengikut yang kuat dari pembaca yang menyukai perhiasan dan tertarik dengan apa yang Anda katakan. Anda juga memasang iklan untuk perhiasan Anda di blog Anda sehingga pembaca Anda dapat mengklik untuk memesan produk.

Demikian juga, Anda menemukan blog dan situs web lain yang memiliki topik yang menarik bagi demografi yang sama dengan yang Anda jangkau, seperti rias wajah, wanita dalam bisnis, atau situs mode. Jika blog tersebut menawarkan iklan, Anda dapat membeli ruang di situs blog mereka dan menempatkan iklan Anda agar dapat dilihat oleh pembacanya. Ini akan membantu memperluas jangkauan Anda ke calon pelanggan.

Social Media Marketing

Mengetahui kekuatan media sosial yang berkembang, Anda mengatur akun Facebook, Twitter, Pinterest, dan Instagram untuk terhubung dengan pemakai perhiasan. Saat komunitas Anda tumbuh, Anda memiliki lebih banyak kekuatan untuk mengiklankan item baru dan melihat penjualan dari pengikut Anda. Anda juga dapat membeli iklan online yang mempromosikan item tertentu atau mendorong orang baru untuk mengunjungi dan menyukai halaman Anda.

Viral Marketing

Menawarkan kontes atau konten menarik akan mendorong pengikut Anda untuk berbagi atau mengundang orang lain untuk mengikuti Anda. Semakin banyak orang yang melihat perhiasan Anda, semakin baik peluang Anda untuk melakukan penjualan. Anda tidak perlu membayar untuk iklan ini, tetapi Anda menuai hasil dari perhatian online ke halaman media sosial dan situs web Anda.

Website

Tujuan akhir dari semua teknik di atas adalah mengarahkan orang ke situs web Anda untuk melihat pekerjaan Anda dan melakukan pembelian. Di situs web Anda, Anda memiliki semua desain unik, produk untuk dijual, dan layanan Anda untuk desain khusus bagi pelanggan. Anda juga dapat menawarkan penawaran khusus dan promosi di situs Anda yang mendorong orang untuk segera membeli.

Kesimpulan: Iklan online adalah salah satu cara tercepat dan paling efektif untuk memberi tahu orang-orang tentang produk atau layanan Anda. Ada beberapa teknik yang diuraikan dalam pelajaran ini, termasuk bayar per klik, posting blog, pemasaran media sosial, pemasaran viral, dan kehadiran situs web. Dengan memanfaatkan cara ini, Anda dapat menumbuhkan kesadaran akan barang Anda, menargetkan pelanggan potensial yang mungkin menginginkan penawaran Anda, dan meningkatkan penjualan Anda.

Source: https://study.com/academy/lesson/online-advertising-strategy-examples-methods.html

Yakob Utama Chandra