School of Information Systems

Mobile UX Best Practices

Perkembangan teknologi ponsel pintar atau smartphone di Indonesia kini sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Pada tahun 2020, Indonesia menempati peringkat keempat di dunia dengan pengguna smartphone terbanyak dengan kisaran 170 juta pengguna. Selain itu menurut Statista Research Department, pengguna smartphone di Indonesia juga diperkirakan akan terus berkembang dengan perkiraan jumlah pengguna sebanyak 82.45% dari populasi atau 239 juta pada tahun 2026.

Peningkatan penetrasi pengguna smartphone di Indonesia tentunya mendorong pembangunan dan penggunaan aplikasi berbasis mobile. Sepanjang tahun 2020, Indonesia menempati peringkat ketiga di Asia dengan total unduhan aplikasi mobile terbanyak dengan kisaran unduhan sebesar 7 miliar unduhan. Banyaknya aplikasi mobile membuat pentingnya kemudahaan penggunaan aplikasi menjadi salah satu hal utama untuk bertahan di pasar aplikasi mobile. Berikut adalah beberapa Mobile UX Best Practices yang dapat dilakukan para pengembang aplikasi mobile.

  1. Desain Aplikasi yang Simpel – Pengguna aplikasi memiliki tujuan utama yang jelas ketika ingin menggunakan sebuah aplikasi. Hal ini membuat desain yang sulit dapat membuat mereka mudah kesal dan frustasi dalam menggunakan sebuah aplikasi. Pengembang aplikasi mobile perlu memperhatikan usability desain aplikasi sehingga desain simple dan mudah digunakan.
  1. Aplikasi yang Intuitive dan Konsisten – Sebuah aplikasi harus dapat menuntun pengguna dalam menggunakannya sehingga pengguna tidak sulit dalam memikirkan cara penggunaan aplikasi. Pengembang aplikasi mobile perlu menggunakan elemen yang memudahkan navigasi pengguna dalam menggunakan aplikasi.
  1. Interaksi yang Sesuai – Bagaimana seorang pengguna berinteraksi dalam menggunakan aplikasi mobile juga merupakan hal penting yang perlu dikuasai pengembang. Pengembang perlu menggunakan gesture dan animation yang sesuai untuk memudahkan pengguna dalam berinteraksi dengan aplikasi

Referensi:

https://uxplanet.org/mobile-ux-10-best-practices-that-will-help-you-improve-app-user-experience-c6ae1090b101

https://www.statista.com/statistics/321485/smartphone-user-penetration-in-indonesia/

Shavira Andysa

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031