School of Information Systems

Memahami Pentingnya Digital Trust pada Masa Perkembangan Teknologi

Pada masa perkembangan teknologi ini, banyak sekali inovasi teknologi yang terus muncul dan semakin bersifat dekat dengan kehidupan privasi manusia di seluruh dunia. Hal ini membuat munculnya banyak ancaman yang dapat muncul terhadap berbagai data yang ada, khususnya yang bersifat pribadi. Munculnya ancaman ini seringkali terjadi karena semakin berkembangnya teknologi, maka semakin terbuka juga akses kejahatan digital yang dapat terjadi. Maka dari itu, terdapat suatu konsep yang dinamakan digital trust. Digital trust adalah kepercayaan digital yang harus dimiliki oleh setiap orang dan dapat dihasilkan dari kemampuan entitas bisnis atau organisasi dalam mengawasi dan menjaga keamanan data digital. Pada digital trust, terdapat 6 komponen kunci, yaitu: 

  • Privasi 

Komponen ini membantu memastikan bahwa pelanggan memiliki kemampuan untuk melakukan transaksi atau pemindahan data tanpa harus mengkhawatirkan data personal mereka akan dilihat oleh orang lain.  

  • Keamanan 

Komponen ini terkait dengan bagaimana perusahaan memiliki kemampuan untuk dapat memastikan bahwa tidak ada ancaman sama sekali terhadap data yang dibutuhkan pada transaksi. 

  • Identitas 

Komponen identitas berarti bahwa pelanggan diberikan anonimitas kecuali dinyatakan secara eksplisit oleh mereka. 

  • Prediktabilitas 

Komponen ini terkait dengan emampuan perusahaan untuk menggunakan data yang ada untuk memprediksi risiko apa pun yang mungkin menimpa mereka, dan membuat rencana yang luas jika terjadi skenario “bagaimana jika” sehingga dapat menunjukkan kepada pelanggan bahwa perusahaan memiliki pandangan yang dapat dipercaya. 

  • Mitigasi resiko 

Komponen ini terkait dengan bagaimana perusahaan dapat memahami dan merencanakan cara untuk meminimalkan dampak dari peristiwa yang tidak pasti sehingga pelanggan lebih bersedia untuk berbagi data mereka karena sudah ada perencanaan mitigasi resiko. 

  • Integritas data 

Komponen ini terkait dengan bagaimana perusahaan menjaga kepercayaan pelanggan dengan mengutamakan menjaga keamanan data pelanggan serta memastikan bahwa semua data yang dimiliki lengkap dan disimpan dengan baik serta akurat. 

Referensi: 

https://www.engati.com/blog/what-is-digital-trust-and-why-its-important 

https://aptika.kominfo.go.id/2022/05/mengenal-digital-trust-dan-perannya-dalam-mendorong-ekonomi-digital/ 

Aristia Utari Putri

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031