School of Information Systems

Prioritizing Technique pada UX Research Part 2

Masih pada topik teknik prioritas yang dapat dilakukan untuk memprioritaskan implementasi fitur pada pengembangan sebuah produk, pada artikel kali ini akan membahas tiga metode lainnya yaitu RICE Method dan MoSCoW Analysis.  

 

RICE Method 

RICE Method merupakan teknik prioritas yang dikembangkan oleh Intercom. Pada teknik ini implementasi fitur diprioritaskan berdasarkan empat faktor yaitu jangkauan (reach), dampak (impact), kepercayaan (confidence), dan upaya (effort).  

RICE Method 

Sumber : https://www.nngroup.com/articles/prioritization-methods/ 

 

Skor untuk setiap kriteria pada RICE Method dihasilkan berdasarkan pemahaman dan proses sebagai berikut:  

  1. Reach – atau jangkauan adalah jumlah pengguna yang dipengaruhi oleh fitur dalam jangka waktu tertentu. Skor kriteria reach biasanya diambil dari analisa digital atau metriks – metriks yang sering digunakan.
  2. Impact – atau dampak adalah nilai tambah bagi pengguna jika fitur berhasil diimplementasikan. Skor kriteria impact terkadang sulit untuk ditetapkan secara tepat maka dari itu skor pada kriteria ini biasa diambil berdasarkan skala ataupun voting.
  3. Confidence – atau keyakinan adalah seberapa percaya tim pengembang dalam memperikirakan berbagai kriteria seperti yakin bahwa evaluasi yang diputuskan telah didukung oleh berbagai data. Skor kriteria confidence ditentukan dalam bentuk persentase. 
  4. Effort – atau upaya adalah jumlah pekerjaan yang diperlukan untuk mengimpelementasikan fitur. Skor kriteria effort dapat ditentukan berdasarkan jumlah waktu yang dibutuhkan semua anggota tim untuk menyelesaikan sebuah fitur. Contohnya, sebuah fitur diselesaikan 6 orang yaitu 3 bulan pengerjaan oleh 1 designer dan 1 bulan dikerjakan 3 developer.  

Jika seluruh kriteria sudah diberikan skor gunakan rumus untuk menghitung skor akhir untuk setiap fitur. Hasil akhir RICE method kemudian dapat dikomparasi dan didiskusikan untuk ditentukan prioritasnya. RICE method dapat membantu tim pengembang untuk mengambil keputusan berdasarkan informasi yang lebih sesuai terhadap fitur yang perlu diimplementasikan terlebih dahulu dengan adanya kalkulasi teknis.  

 

MoSCoW Analysis 

MoSCoW Analysis adalah metode pengelompokan fitur menjadi empat kelompok utama yaitu must have, should have, could have, dan will not have. Teknik analisa ini dibuat oleh Dai Cleg dan digunakan dibanyak metodologi pendekatan agile.  

MoSCoW Analysis 

Sumber: https://www.nngroup.com/articles/prioritization-methods/ 

 

Berikut adalah definisi untuk setiap kelompok pada teknik MoSCoW Analysis:  

  1. Must Have – atau harus ada adalah fitur yang penting untuk produk dimana jika fitur-fitur ini tidak diimplementasikan maka solusi yang ingin dibangun tidak akan ada gunanya. Tanpa fitur-fitur pada kelompok ini produk yang akan dibangun tidak akan berfungsi dengan baik. Contohnya, jika ingin membangun sebuah sistem layanan Kesehatan, fitur yang termasuk pada kategori ini adalah sekuritas untuk menjaga keamanan data rumah sakit.
  2. Should Have – atau lebih baik ada adalah fitur yang penting untuk produk tetapi tidak wajib ada. Fitur-fitur pada kategori ini mendukung fungsionalitas produk, tetapi jika tidak ada produk tetap akan berfungsi dengan baik. Contohnya perbaikan bug, peningkatan performa dan sebagainya. 
  3. Could Have – atau mungkin ada adalah fitur yang tidak penting tetapi ingin dan bagus untuk dimiliki. Fitur pada kategor ini memiliki dampak yang rendah jika diimplementasikan.
  4. Will not Have – atau tidak akan ada adalah fitur yang tidak dibuthkan. Fitur pada kategori ini tidak memiliki nilai yang baik dan dapat tidak diprioritaskan hingga tidak diimplementasikan.  

Untuk menggunakan MoSCoW Analysis, tim pengembang dapat menjabarkan seluruh fitur yang ingin diimplementasikan kemudian setiap anggota tim dapat melakukan voting nomor 1 hingga 3 fitur yang mereka rasa penting. Hasil voting kemudian dikelompokkan pada kelompok MoSCoW Analysis. 

Sumber:  

https://www.nngroup.com/articles/prioritization-methods/ 

https://www.intercom.com/blog/rice-simple-prioritization-for-product-managers/ 

https://www.productplan.com/glossary/moscow-prioritization/#:~:text=MoSCoW%20prioritization%2C%20also%20known%20as,will%20not%20have%20right%20now. 

Shavira Andysa

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031