School of Information Systems

Manfaat Strategi Omnichannel

Dalam dunia digital, perusahaan bisnis dapat melebarkan sayap dan melakukan inovasi guna meningkatkan keuntungan. Salah satu strategi bisnis dalam dunia digital yang bisa diterapkan oleh pemilik bisnis adalan strategi Omnichannel. Lalu, apa itu Omnichannel? 

Omnichannel merupakan model bisnis yang melibatkan berbagai channel penjualan sehingga dapat meningkatkan pengalaman belanja pelanggan. Pengalaman belanja pelanggan ini diperlukan untuk diperkaya sebab penjualan bisa meningkat dan bisa menjadi keuntungan signifikan bagi pemilik bisnis. Pemilik bisnis dapat menganalisa penjualan, meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis dengan lebih mudah karena penjualan dalam berbagai channel tersebut dapat dilacak secara praktis.  

Omnichannel bekerja dengan cara menghubungkan semua channel bisnis yang berbeda. Produk dalam platform yang berbeda bisa dilihat keseluruhan detailnya tentant produk tersebut, baik mengenai detail produk, informasi stok, maupun toko mana saja yang masih menyidakan produk tersebut. Hal ini sangat bermanfaat bagi pemilik bisnis karena bisa memudahkan pelanggan dalam melakukan pembelian. 

Dengan Omnichannel pelanggan tidak perlu lagi untuk mengingat barang-barang yang awalnya hendak dibeli namun masih ragu untuk dibeli, karena semua ada riwayatnya dalam akun pelanggan pada situs/aplikasi yang menjual produk tersebut. Hal ini tentu dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan, di samping bahwa pelanggan dapat membeli produk dengan mudah, kapan saja dan di mana saja.  

Pemilik bisnis dapat meningkatkan keuntungan dan menjaga loyalitas pelanggan. Loyalitas ini dibangun dengan mengirimkan email kepada pelanggan yang menampilkan produk serupa, bahkan ketika pelanggan hanya login ke akun dan melihat item di situs/aplikasi, langsung tutup situs/aplikasi setelahnya sekalipun. Pelanggan dapat membeli barang yang awalnya tidak jadi dibeli ini, pada suatu waktu tertentu. Loyalitas dapat dipertahankan, laba juga didapatkan. Oleh karena itu, di dunia digital saat ini, strategi Omnichannel sangat disarankan bagi para pemilik bisnis untuk meningkatkan keunggulan kompetitifnya. 

 

Referensi: 

https://www.jurnal.id/id/blog/omnichannel-untuk-bisnis-ritel/ 

http://www.aturtoko.id/en/blog/lainnya/contoh-omnichannel-strategi-marketing-terbaik-di-era-digital#:~:text=Contoh%20lain%20channel%20yang%20bisa,toko%20online%2C%20atau%20channel%20lain. 

Andika Suryaputra