School of Information Systems

Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Entity, Attributes dan Entity Relationship

Entity Relationship Diagram atau yang biasa dikenal dengan istilah ERD merupakan suatu diagram yang berbentuk dalam gambar beserta dengan simbol-simbol yang berfungsi untuk mengidentifikasikan tiap entitas dan atribut yang berada didalamnya. Selain itu, ERD juga menjelaskan hubungan atau relasi dari entitas entitas tersebut. ERD berfungsi untuk memberikan gambaran terhadap konsep-konsep dan kerangka dasar dalam pembuatan software. Didalam ERD, kita akan mengenal beberapa istilah seperti entitas, attributes dan entity relationship modeling. Entity merupakan sebuah benda atau objek yang dapat dibedakan dari semua objek lainnya. Entitas terdiri dari berbagai kualitas yang mengidentifikasi atau membedakannya dari entitas lain. Setiap objek harus memiliki suatu properti yang unik yaitu Primary Key. Tujuan dari entities adalah untuk menampilkan sebuah data store yang memvisualisasikan proses data yang saling terhubung. Selain itu entity juga dapat mengatur dan mengklasifikasikan data 

Selanjutnya ada attributes yang merupakan suatu ciri atau karakter yang membedakan antara suatu entitas dengan entitas yang lain. Attribute juga dapat disebut sebagai karakteristik yang dimiliki oleh entitas yang berperan memberikan penjelasan secara mendetail mengenai entitas tersebut. Atribut berisi item yang dapat digunakan untuk mencocokkan konten suatu entitas dengan konten lainnya. Terdapat dua jenis atribut yaitu : 

  1.  Unique ,digunakan untuk mengidentifikasi suatu entitas secara unik (Primary Key). 
  2.  Deskriptor, digunakan untuk menentukan properti non-unik suatu item. 

Selain itu attribute juga memiliki kategori yaitu: 

  1. Simple Attribute dan composite 
    • Simple attribute merupakan attribute terkecil dimana data didalam attribute tersebut tidak dapat lagi dibagi menjadi kebagian yang lebih kecil.  
    • Composite attribute merupakan kebalikan dari simple attribute dimana data di dalam attribute masih dapat dibagi kebagian yang lebih kecil
  2. Single valued dan multi valued attribute
    • Single valued adalah attribute yang hanya memiliki satu nilai yang sifatnya sama. 
    • Multi valued, merupakan suatu attribut dapat memiliki 2 nilai, sebagai contoh pada attribute lokasi di dalam entitas Kantor dapat diisi dengan kota Tangerang dan kota Bekasi.
  3. Mandatory atau wajib diisi merupakan sebuah attribute yang harus diisi oleh data spesifik, contohnyadalam entitas Mahasiswa harus memiliki atribut NIM yang harus diisi atau bersifat mandatory. 
  4. Derived attribute
    • Derived attribute merupakan atribut yang diperoleh dari turunan suatu entitas atau attribut lain. 
    • Key attribute merupakan attribute yang berperan sebagai kunci dari suatu entitas dan memiliki sifat yang unik. Adapun beberapa kategori key attribute terbagi menjadi: 
      • Primary key: Merupakan suatu candidate key yang bersifat unik dalam suatu table, biasanya primary key digunakan untuk mencari  informasi dan menjadi attribut utama dari satu entitasw 
      • Super key merupakan suatu gabungan dari beberapa atribut yang berfungsi untuk membedakan setiap baris data dalam sebuah entitas secara unik. 
      • Candidate key merupakan bentuk lain dari super key yang memiliki jumlah attribute paling sedikit, sebagai contoh candidate key untuk secara spesifik entitas pegawai: Nama(hanya jika tidak terdapat nama yang sama antar baris), NoKTP.

Berikutnya kita akan mengenal suatu model data. Model Data Relasional adalah suatu model basis data yang menggunakan tabel dua dimensi, yang terdiri atas baris dan kolom untuk menggambarkan sebuah berkas data. Model ini digunakan untuk menunjukkan cara mengelola dan mengatur data secara fisik dalam memory sekunder, yang akan berdampak pada pengelompokkan data dan pembentukan keseluruhan data yang terkait dalam sistem yang kita buat. 

Kita juga akan mengenal istilah cardinality pada relationship. Cardinality atau kardinalitas digunakan untuk mengukur tingkat keunikan dari suatu attribute, kardinalitas biasanya terdiri dari dua yaitu: 

  1. Primary key: primary key merupakan atribute yang unik terdapat pada suatu entity yang berfungsi sebagai data utama dari suatu entity.
  2. Foreign key: Foreign key merupakan atribut yang unik yang diberikan dari suatu entity ke entity yang lain, hal ini bertujuan untuk menghubung antar entity 

Dalam relationship juga terdapat beberapa jenis yang membedakan satu dan lainnya, biasanya relationship menggunakan binary untuk menentukan jumlahnya. Relationship binary terdiri dari: 

  • One to one (1:1) 
  • One to many (1:*) 
  • Many to many (*:*) 

Biasanya kita akan menemukan beberapa variasi dari one to one (1:1) disetiap ER model.  Mandatory one to one (1:1) sering terjadi saat role sudah dibuat modelnya. One to one (1:1) variasi juga terjadi saat beberapa entity mewakili beberapa tingkatan diproses. Variasi dari relationship one to many lebih sering digunakan dari variasi lainnya. Relationship many to many biasanya sangat umum di versi pertama ER model atau juga bisa disebut conceptual model. Di tahap selanjutnya seperti modeling proses semua relationship many to many akan menghilang. 

Kesimpulannya dari pembahasan diatas adalah Entity, Attributes dan ERD merupakan hal yang penting dipelajari untuk mempermudahkan pembuatan struktur data dan memudahkan penentuan relationship antar entitas. Dengan menghubungkan suatu entitas dengan entitas yang lain kita dapat mengetahui proses dan hubungan dari suatu aktivitas. 

Referensi : 

Angelia Cristine Jiantono

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031