School of Information Systems

Perbedaan Omnichannel dan Multichannel

Harapan pelanggan telah bergeser dalam beberapa tahun terakhir. Pelanggan ingin dapat berinteraksi dengan merek di berbagai saluran pada platform pilihan mereka. Pergeseran ekspektasi ini telah memberi jalan bagi dua pendekatan pemasaran yang unik namun mudah membingungkan: omnichannel dan multichannel. Ap aitu Omnichannel? Omnichannel berarti “semua saluran”. Pemasaran omnichannel adalah pendekatan multisaluran yang bertujuan untuk memberikan pengalaman yang dipersonalisasi dan terintegrasi di berbagai titik kontak dan perangkat. Pendekatan omnichannel menyatukan penjualan dan pemasaran, sehingga pelanggan dapat berpindah antar saluran untuk melanjutkan perjalanan mereka dengan merek dengan lancar. Sedangkan Multichannel yang artinya “banyak saluran” Sebagian besar digunakan di kalangan profesional pemasaran, ini juga merupakan frasa yang akrab bagi layanan pelanggan dan profesional berpengalaman untuk merujuk pada interaksi merek dengan prospek dan pelanggan di berbagai saluran. Lalu berikut adalah perbedaan diantara keduanya: 

 

  1. Omnichannel lebih fokus pada pelanggan, dan Multichannel lebih fokus pada produk.

Strategi omnichannel bergantung pada identifikasi semua titik kontak antara pelanggan dan merek, dan menemukan cara memanfaatkan momen tersebut untuk meningkatkan kenyamanan bagi pelanggan atau meningkatkan hubungan pelanggan dengan merek. Dalam strategi multichannel, bisnis mencoba menempatkan produk di depan sebanyak mungkin pelanggan yang berharga, tetapi penekanannya terutama pada peningkatan kehadiran online mereka, bukan memperdalam pengalaman pelanggan. 

 

  1. Saluran tautan ritel omnichannel secara langsung sehingga mereka bekerja bersama, dan multichannel tidak mengintegrasikan saluran satu sama lain.

Ritel omnichannel biasanya mengacu pada cara toko bata-dan-mortir dan operasi online bisnis bekerja bersama-sama. Ritel multisaluran mengacu pada bisnis dengan etalase fisik dan toko online, tetapi operasinya dipisahkan menjadi saluran terpisah dari keseluruhan bisnis daripada terintegrasi. 

  1. Pendekatan omnichannel menciptakan pengalaman pelanggan baru, sedangkan pendekatan multichannel membatasi pengalaman pelanggan pada kemampuan masing-masing saluran.

Pendekatan multisaluran membantu pelanggan menemukan produk yang mereka inginkan dan memungkinkan mereka melakukan pembelian di saluran yang sudah nyaman bagi mereka—seperti Amazon—tetapi paparan merek pelanggan terbatas pada situs tersebut. Merek tersebut dapat menerapkan taktik pemasaran tambahan untuk memasukkan bisnis Amazonnya ke dalam strategi omnichannel holistik. 

 

Referensi: 

https://www.ringcentral.com/us/en/blog/omnichannel-vs-multichannel-whats-the-difference/ 

https://www.bigcommerce.com/blog/omnichannel-vs-multichannel/ 

https://taptalk.io/blog/omnichannel-vs-multichannel-kelebihan-dan-manfaat-bagi-bisnis/

Muhammad Thaha Rizieq Hentihu

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031