School of Information Systems

INTERNET OF THINGS (IOT) dan INTERNET OF EVERYTHING (IOE)

Internet of things adalah Internet of Things (IoT) adalah sistem perangkat yang terhubung ke internet.Cara kerja dari Internet of Things  yaitu setiap perangkat yang menggunakan akses internet dapat untuk mengirim dan menerima data satu sama lain. Internet of Things dapat terdiri dari peralatan pintar, seperti AC, bel pintu, dan keamanan alarm, antara lain, yang dapat membuat koneksi satu sama lain. Perangkat kemudian dapat membagikan data kepada pengguna melalui aplikasi seluler, yang menyediakan informasi tentang benda-benda ini. Beberapa contoh penggunaan Internet of Things yaitu pada perangkat yang ada di rumah tangga seperti lampu,kipas angin, AC, CCTV, yang jika berkoneksi dengan internet dapat di operasikan dari jarak jauh , dengan adanya teknologi Internet of Things ini dapat mengoperasikan perangkat dari jarak jauh contohnya ketika anda keluar rumah tetapi lupa untuk mematikan lampu dan AC, maka dengan teknologi Internet of Things dan perangkat tersambung melalui internet anda dapat mematikan lampu dan AC melalui smartphone yang telah diintegrasikan.IoT dapat diintegrasikan dengan berbagai teknologi, seperti sebagai AI dan komputasi awan untuk semakin memudahkan hidup umat manusia. 

Internet of Evertyhing (IOE) adalah teknologi lanjutan dari Internet of Things yang dimana (IOE) ini adalah sistem yang terdiri atas 4 elemen utama yaitu meliputi orang/manusia, proses, data dan juga objek/perangkatnya. IoE ini merupakan suatu bagian bagian dari Internet of Things. IoE ini lebih mencakup lebih luas dari suatu konsep dalam konektivitas dimana koneksi itu berguna untuk fondasi dari suatu IoT. IoE adalah sistem kohesif yang meningkatkan kemampuan entitas yang berpartisipasi dan menghadirkan kecerdasan jaringan untuk memfasilitasi pengambilan keputusan yang lebih cerdas dan pertukaran data yang mudah. Dengan IoE, benda biasa apapun bisa dilengkapi dengan fitur digital. Dengan demikian, koneksi internet tidak terbatas pada laptop atau smartphone tetapi diperluas ke objek, orang, dan aktivitas real-time. Contoh penggunaan dari Internet of Everything yaitu lampu pintar, yang dimana lampu ini dapat diprogram warna kecerahannya sesuai dengan kondisi sekitar, seperti jika kondisi sekitar sedang hangat maka warna yang dihasilkan oleh lampu pintar ini akan hangat juga. 

Perbedaan antara Internet of Things dan Internet of Everything yaitu ; 

  • IOT merupakan sistem yang mengintegrasikan antara perangkat fisik dan juga internet, yang dimana tanpa campur tangan manusia, sedangkan IOE merupakan sistem yang terintegrasi atas orang,prosesmdata dan benda. 
  • Komunikasi pada IOT terjadi antara Manchine to Machine(M2M) yang dimana seperti penjelasan diatas bahwa IOT ini terintgrasi atas perangkat dan juga perangkat lainnya, sedangkan komunikasi pada IOE itu Machine to Machine(M2M) ,Machine to people(M2P), dan Technologyu-Assisted People to people (P2P). 

 

Refrensi :  

https://sis.binus.ac.id/2021/05/05/apa-itu-internet-of-things-iot/  

https://ioe.org/  

https://www.i-scoop.eu/internet-of-things-iot/internet-of-everything-2/  

Freza Fathur Nur Purnomo

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031