School of Information Systems

Berkenalan dengan Profesi System Integrator

Dengan berkembangnya teknologi, kebutuhan sumber daya manusia di bidang IT juga meningkat. Dari tahun ke tahun muncul jenis pekerjaan baru sebagai bentuk adaptasi akan kebutuhan sumber daya manusia IT yang kian meningkat baik dibidang teknologi lama yang dikembangkan, maupun bidang teknologi baru. Salah satu pekerjaan baru yang menjanjikan adalah system integrator. Apabila kita membedah bidang kerja IT di industri sekarang, terdapat tiga kelompok besar yaitu role pengurus software, role pengurus hardware, dan juga role perancangan dan maintenance operasional sistem. System integrator sendiri masuk ke dalam kelompok perancangan dan maintenance operasional sistem. 

Sesuai dengan namanya, system integrator memiliki tugas utama untuk mengintegrasikan sub-system menjadi system utuh. Namun untuk melakukan hal tersebut, system integrator juga harus menganalisis sistem dan program baik yang sedang berjalan atau ingin dikembangkan oleh suatu organisasi atau perusahaan. System integrator memiliki tanggung jawab atas perencanaan, koordinasi, dan analisa sistem secara keseluruhan.  

Dengan job desc nya yang berpusat pada perancangan dan pengembangan, maka system integrator harus melakukan beberapa hal untuk melakukan pekerjaanya antara lain sebagai berikut:  

  • Menganalisa keinginan dan kebutuhan client 

Baik dalam percangan awal maupun pengembangan sistem, segala pengembangan yang dilakukan oleh system integrator harus didasarkan atas permasalahan dan kebutuhan yang dihadapi oleh client. Selain itu, system integrator juga harus mengetahui proses bisnis perusahaan terbaru serta mempelajari culture perusahaan untuk memastikan sistem benar-benar dapat diimplementasikan ke lingkungan perusahaan. 

  • Mengimplementasikan software ke sistem 

Proses implementasi ini meliputi perancangan draf instruksi teknis,  perancangan arsitektur sistem, desain teknis, dan dokumen lain yang terkait dengan proses integrasi sistem. 

  • Memelihara server perusahaan 

Selain merancang, system integrator juga harus memantau keamanan server perusahaan. System integrator harus memastikan bahwa server perusahaan dapat bebas dari penyerangan serangan siber, virus, dan lainnya yang dapat mengancam kerahasiaan data perusahaan. 

Adapun beberapa kualifikasi yang harus dimiliki untuk menjadi system integrator sebagai berikut: 

  1. Pengetahuan tentang desain sistem 
  2. Pengetahuan menyeluruh akan integrasi system 
  3. Kemampuan memimpin tim dan komunikasi yang kuat karena ia akan bekerja denga berbagai bidang divisi untuk mengintegrasikan sistem
  4. Kemampuan untuk menguraikan, memahami, dan menganalisis data teknis
  5. Keterampilan problem solving untuk memberikan solusi atas pengembangan sistem. 

Referensi: 

https://glints.com/id/lowongan/system-integrator-adalah/#.Y0Y0jHZBzIU. 

https://nagitec.com/system-integrator-profesi-yang-menjanjikan-2/  

Lisa Mega Tanto Kusumo

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031