School of Information Systems

Apa itu Web Service?

Web Service

Internet menghubungkan konektivitas di seluruh dunia dari ratusan ribu komputer dengan berbagai jenis yang dimiliki oleh beberapa jaringan. Di World Wide Web, web service adalah metode standar untuk menyebarkan pesan antara aplikasi klien dan server. Web service adalah modul perangkat lunak yang dimaksudkan untuk menjalankan serangkaian fungsi tertentu. Web service dalam cloud computing dapat ditemukan dan dipanggil melalui jaringan.

Apa itu Web Service?

Web service adalah seperangkat protokol dan standar terbuka yang memungkinkan pertukaran data antara aplikasi atau sistem yang berbeda. Web service dapat digunakan oleh program perangkat lunak yang ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman dan berjalan pada berbagai platform untuk bertukar data melalui jaringan komputer seperti Internet dengan cara yang mirip dengan komunikasi antar-proses pada satu komputer.

Perangkat lunak, aplikasi, atau teknologi cloud apa pun yang menggunakan protokol web standar (HTTP atau HTTPS) untuk menghubungkan, mengoperasikan, dan bertukar pesan data (umumnya XML atau Extensible Markup Language) di internet dianggap sebagai web service.

Web service memiliki keuntungan memungkinkan program yang dikembangkan dalam bahasa yang berbeda untuk terhubung satu sama lain dengan bertukar data melalui web service antara klien dan server. Klien memanggil web service dengan mengirimkan permintaan XML, yang ditanggapi oleh layanan dengan respons XML.

Komponen Web Service :

XML dan HTTP adalah platform web service yang paling mendasar. Berikut adalah komponen yang biasa digunakan pada web service:

  • SOAP (Simple Object Access Protocol)

SOAP adalah singkatan dari ” Simple Object Access Protocol” yang merupakan transport-independent messaging protocol. SOAP dibangun pada pengiriman data XML dalam bentuk SOAP Messages. Sebuah dokumen yang dikenal sebagai dokumen XML dilampirkan ke setiap pesan dalam bentuk struktur dokumen XML yang mengikuti pola dan dikirim melalui HTTP.

Root element adalah elemen yang diperlukan dalam setiap dokumen SOAP dan merupakan elemen pertama dalam dokumen XML. “Envelope” dipisahkan menjadi dua bagian yaitu bagian header dan body. Routing data atau informasi yang mengarahkan dokumen XML ke klien mana harus dikirim, terdapat di header. Message yang sebenarnya berada di dalam body.

  • UDDI (Universal Description, Discovery, and Integration)

UDDI adalah standar yang digunakan untuk menentukan, menerbitkan, dan menemukan layanan online dari penyedia layanan. UDDI memberikan spesifikasi yang membantu dalam hosting data melalui web service. UDDI menyediakan repositori tempat untuk file WSDL yang dapat di-host sehingga aplikasi klien dapat menemukan file WSDL untuk mempelajari tentang berbagai tindakan yang ditawarkan web service. Sehingga, aplikasi klien akan memiliki akses penuh ke UDDI, yang berfungsi sebagai database untuk semua file WSDL.

UDDI Registry akan menyimpan informasi yang diperlukan untuk layanan online, seperti direktori telepon yang memiliki nama, alamat, dan nomor telepon individu tertentu. Sehingga aplikasi klien dapat mengetahui dimana data tersebut.

  • WSDL (Web Services Description Language)

Jika web service tidak dapat ditemukan, maka web service tidak dapat digunakan. Klien yang meminta web service harus mengetahui lokasi web service. Kedua, aplikasi klien harus memahami apa yang dilakukan web service untuk memanggil web service yang benar. WSDL, atau Web Services Description Language, digunakan untuk mencapai hal ini. File WSDL adalah file berbasis XML yang menjelaskan apa yang dilakukan web service terhadap aplikasi klien. Aplikasi klien akan dapat memahami di mana web service berada dan bagaimana menggunakannya dengan menggunakan dokumen WSDL.

Bagaimana cara kerja Web Service?

Diagram berikut menggambarkan versi web service yang disederhanakan mengenai bagaimana web service bekerja. Klien akan menggunakan permintaan untuk mengirim urutan panggilan web service ke server yang akan menjadi tuan rumah web service yang sebenarnya.

Remote procedure calls digunakan untuk membuat permintaan ini. Panggilan ke metode yang di-host oleh web service yang relevan dikenal sebagai Remote Procedure Calls (RPC). Contoh: Flipkart menawarkan web service yang menampilkan harga barang yang ditawarkan di Flipkart.com.  Front-end atau presentation layer dapat ditulis dalam .Net atau Java, tetapi web service dapat dikomunikasikan menggunakan salah satu bahasa pemrograman.

Data yang dipertukarkan antara klien dan server, yaitu XML, adalah bagian terpenting dari desain web service. XML (Extensible markup language) adalah bahasa perantara sederhana yang dipahami oleh berbagai bahasa pemrograman. XML merupakan counterpart dari HTML. Sehingga, ketika program berkomunikasi satu sama lain, mereka melakukannya menggunakan XML. Sehingga terciptalah platform untuk aplikasi yang ditulis dalam bahasa pemrograman yang berbeda untuk berkomunikasi satu sama lain.

Untuk mentransmisikan data XML antar aplikasi, web service menggunakan SOAP (Simple Object Access Protocol). Data dikirim menggunakan HTTP standar. Message SOAP adalah data yang dikirim dari web service ke aplikasi. Dokumen XML adalah semua yang terkandung dalam message SOAP. Aplikasi klien yang memanggil web service dapat dibuat dalam bahasa pemrograman apa pun karena kontennya ditulis dalam XML.

Referensi :

https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-web-service/

https://makinrajin.com/blog/web-service-adalah/

https://dev-satudata.kemkes.go.id/web-services

Felicia Evan

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031