School of Information Systems

Tracer: Pertama Kali Ikut Lomba, Langsung Juara

14 November 2022 – Selamat kepada Angelia Christine Jiantono, Andika Suryaputra, dan Freza Fathur Nur Purnomo dari Tim Tracer yang berhasil menjadi juara 3 pada lomba infografis Study2Challenge 2022 yang diadakan oleh Binus Student Learning Community (BSLC), Binus University.

Ketiga anggota tim Tracer, yang juga merupakan Full-time Assistant di Laboratorium Sistem Informasi tertantang untuk mengikuti lomba Infografis Study2Challenge 2022 sebagai lomba pertama mereka sebagai seorang Full-time Assistant. Tim Tracer memiliki komitmen yang kuat sedari awal mengikuti kompetisi yang terdiri dari dua tahapan ini, yaitu tahap penyisihan dan tahap final. Kompetisi dimulai dari tahap penyisihan dimana peserta hanya memiliki waktu 1 minggu untuk bisa menyelesaikan kasus yang diangkat pada tema lomba ini, yaitu “Increase Education Quality and Create Equal Education Through Technology.”

Selama masa penyisihan, Tim Tracer melakukan analisa kasus, menentukan target yang dituju, serta merancang solusi yang dapat menjawab permasalahan yang ada. Tim Tracer juga berdiskusi dengan dosen pembimbing, yaitu Ibu Marisa Karsen, S.Kom., M.M., CDMS dan mentor, untuk bisa bertukar pikiran terkait dengan ide yang mereka usulkan. Setelah melakukan diskusi dan menerima masukkan, Tim Tracer pun berhasil menyelesaikan dan karya poster infografis mereka yang memuat informasi berupa latar belakang yang didukung oleh data, solusi, alasan pemilihan solusi, serta visualisasi dari solusi inovatif yang ditawarkan.

Seminggu berlalu setelah pengumpulan hasil karya poster dan tim Tracer diumumkan menjadi salah satu finalis dari lomba Study2Challenge dan akan berlomba pada grand final, kurang lebih 1 hari setelah pengumuman disampaikan. Tim Tracer pun menyusun strategi untuk melakukan presentasi pada grand final dimana terdapat sesi presentasi yang dilakukan oleh finalis dalam waktu 10 menit dan sesi QnA yang berlangsung dalam waktu 10 menit. Pada hari-H Grand Final, di pagi hari sebelum acara puncak berlangsung, tim Tracer kembali berdiskusi dengan dosen pembimbing dan mentor untuk bisa melakukan simulasi presentasi serta menerima saran dan masukkan sebagai persiapan mereka melakukan presentasi di grand final.

Waktu grand final yang diadakan secara online pun tiba dan tim Tracer melakukan presentasi dengan sangat baik. Tak hanya itu, tim Tracer juga mampu menjawab pertanyaan dari para juri secara lengkap, ketika menjawab pertanyaan terkait dengan teknis implementasi ide yang ditawarkan. Hingga pada akhirnya, Tracer terpilih sebagai Juara 3 Lomba Study2Challenge 2022.

Berikut adalah kesan dan pesan yang disampaikan oleh masing-masing anggota tim Tracer:

  • Angelia: Lomba S2C Infographic ini merupakan lomba pertamaku selama melakukan perkuliahan di Binus. Sebagai lomba pertama, tentunya aku belajar banyak hal dan tantangan yang kuhadapi seperti melakukan persiapan, revisi, mendesain dan lain lainnya. Aku bersyukur karena diberikan kesempatan untuk memulai dan terus berkembang untuk kedepannya. Special thanks buat Ci Michelle dan Bu Marisa yang sudah memberikan masukkan dan mendampingi kami dari awal hingga akhir dan teman teman yang sudah memberikan kontribusi untuk lomba ini. Sukses buat semuanya…
  • Andika: Saya sungguh senang karena ini merupakan lomba pertama saya yang melakukan proses bimbingan dengan ibu dosen bu marissa dan kak michelle dari labsisfo, dan dari lomba pertama ini, saya bersama rekan saya Freza dan Angel mendapat juara 3. Ini juga pertama kalinya saya mengikuti lomba infografis. Saya merasa bahwa kepedulian terhadap disabilitas perlu untuk diaplikasikan secara riil sehingga lomba ini sangatlah bermanfaat. Saya sungguh senang karena mendapat juara 3, tetapi dari sini saya belajar untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan saya dalam melakukan presentasi dalam lomba
  • Freza: Kesan dan pesan saya mengikuti lomba ini, yaitu sangat senang sekali karena mengikuti lomba secara berbayar tetapi gratis karena di bantu oleh is lab, dan juga saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada bu marisa dan juga ka michelle untuk bantuan dan bimbingannya selama mengikuti lomba ini.

Terima dan Selamat kepada Tim Tracer atas komitmen, semangat, dan kerja keras kalian hingga bisa menjadi juara! Sampai jumpa diperlombaan berikutnya!

Michelle Andriana